Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Itu Data Visualization dalam Data Science

2022-10-12

Data Visualization adalah solusi kamu dalam merubah sebuah data dari bentuk tulisan ke dalam bentuk visual seperti bagan atau grafis, yang dapat mempermudah memahami data yang sedang kamu analisa. Di era sekarang, sebuah data merupakan aset penting dan berharga dalam sebuah perusahaan jika dapat dikelola dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Ada pepatah mengatakan “sebuah gambar lebih berharga dari seribu kata” di era digital sekarang. Dengan banyaknya data yang berlimpah setiap harinya, tentu kita kesulitan dalam menganalisis dan mengelola data dalam bentuk tulisan. Sebagai manusia, akan lebih mudah memahami suatu data dengan cara memvisualisasikannya ke dalam bentuk gambar dan lebih mudah dalam membandingkan dan mengelolah sebuah data.

Nah, bagi kamu yang ingin belajar data science, akan lebih baik mengenal data visualization dalam data science juga. Yuk simak terus artikel ini!

Apa Itu Data Visualization

Untuk mengetahui data visualization dalam data science, maka di bagian ini akan dibahas dengan jelas tentang pengertiannya. Visualisasi data (data visualization) merupakan rangkaian proses yang akan dilakukan setiap data analis untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk yang agar mudah dipahami oleh orang awam, seperti grafik, angka dan lain sebagainya.

Menggunakan data visual memberikan banyak sekali manfaat. Mulai dari membuat data lebih mudah dimengerti, menemukan pola tersembunyi dalam data, hingga membaca data dengan lebih akurat. Hal ini kemudian membuat audiens memahami konsep yang sulit atau mengidentifikasi tren maupun pola baru. Dengan begitu, pembuatan strategi dan pengambilan keputusan pun menjadi lebih mudah dan tepat.

Dalam dunia big data, alat dan teknologi visualisasi atau data visualization dalam data science menjadi sangat penting untuk menganalisis sejumlah besar informasi dan membuat keputusan berdasarkan data. Hal ini umumnya dilakukan untuk membantu administrator IT dalam mendapatkan wawasan yang cepat, visual dan mudah dipahami tentang kinerja sistem yang mendasarinya.

Sebagian besar aplikasi pemantauan kinerja IT menggunakan teknik data visual untuk memberikan wawasan statistik kinerja sistem yang dipantau. Pada dasarnya, data visualization dalam data science adalah praktik mengubah data dari angka mentah menjadi representasi grafis seperti grafik, peta, bagan, dan dasbor kompleks.

Jenis-jenis Visualisasi Data

Dalam membahas data visualization dalam data science, sudah pasti harus mengenal jenis-jenis visualisasi data juga. Data visualization merupakan solusi yang tepat dalam menyampaikan hasil analisis data yang kita peroleh. Ada beberapa jenis Data Visualization dalam data science yang dapat kamu gunakan dalam menyampaikan hasil data kepada audience agar lebih mudah dipahami

1. Visualisasi Data Sementara (Temporal Data Visualizations)

Visualisasi data sementara atau temporal merupakan jenis yang paling sering ditemui dan biasanya digunakan di suatu perusahaan atau pelaku bisnis. Jenis ini diandalkan untuk menyajikan rangkaian data satu dimensi atau berbentuk linear dan termasuk yang paling mudah dipelajari.

Visualisasi data tipe temporal memiliki karakteristik berupa garis yang bermula dan berakhir pada suatu titik. Garis tersebut bisa berupa garis tunggal ataupun garis yang bersinggungan dengan beberapa garis lain. Visualisasi tipe ini dapat dijumpai pada timeline, time series, diagram scatter plot, atau diagram garis.

2. Visualisasi Data Hirarkis (Hierarchical Data Visualizations)

Selanjutnya adalah visualisasi data hierarkis yang umumnya digunakan untuk menunjukkan hubungan antara suatu kelompok terhadap kelompok lain yang lebih besar. Jenis data visualization jenis ini cocok untuk menunjukkan munculnya data-data baru yang berasal dari suatu penyebab. Contohnya adalah diagram pohon dan grafik batang.

3. Visualisasi Data Jaringan (Network Data Visualizations)

Jenis visualisasi data jaringan menunjukkan hubungan antara entitas dan tautan. Sederhananya, jenis ini merupakan sekumpulan data yang saling berpengaruh satu sama lainnya. Contoh visualisasi data jaringan adalah word cloud, alluvial diagrams, node-link diagrams, hingga matrix chart.

4. Visualisasi Data Multidimensi (Multidimensional Data Visualizations)

Multidimensional data visualizations merupakan visualisasi data yang memiliki banyak dimensi yang cenderung memvisualisasikan data yang memiliki banyak variabel atau dimensi. Dibandingkan dengan tipe visualisasi yang lainnya, jenis ini biasanya ditampilkan lebih menarik dan mencolok. Contoh visualisasi multidimensi adalah histograms, pie charts, hingga stacked-bar.

5. Visualisasi Data Geospasial (Geospatial Data Visualizations)

Jenis tipe visualisasi data yang terakhir adalah geospasial. Visualisasi data geospasial biasanya mewujudkan wujud nyata dari suatu benda atau ruang yang memiliki data untuk ditampilkan. Contoh visualisasi data geospasial adalah cartogram, flow map, heat map, hingga density map.

Keuntungan Visualisasi Data

Membahas data visualization dalam data science tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan apa saja keuntungannya. Dengan menggunakan data visual memberikan banyak kemudahan dalam menyampaikan informasi dari sebuah data, dibandingkan menggunakan sebuah tulisan. Dengan menggunakan Data Visualization dalam data science, kita dapat mengkonversikan kumpulan data menjadi lebih sederhana untuk disajikan.

Tidak hanya itu, visualisasi juga memiliki berbagai macam fungsi, di antaranya:

1. Mempermudah Memahami Data

Data visualization dalam data science mempermudah penyampaian informasi secara efektif, karena data visualization lebih menyorot informasi penting di antara banyaknya hasil analisis yang dapat digunakan. Oleh sebab itu, para audience lebih mudah dalam mencerna dan mengambil keputusan yang lebih akurat dari data yang ditampilkan

2. Meningkatkan Analisa Data Lebih Baik

Kamu dapat terbantu dalam hal analisis dengan melakukan visualisasi data agar menjadi lebih baik lagi. Dengan menggunakan data visualization dalam data science, membuat para audiens menganalisis laporan tentang poin penting dalam memajukan bisnis. Berdasarkan analisis, visualisasi data dapat fokus pada bidang bidang yang menjadi kelemahan dalam sebuah data dan dapat merubah hal tersebut menjadi hal yang lebih produktif lagi.

Selain itu, otak manusia dapat dengan mudah memproses sebuah data dalam bentuk visual dari pada laporan tabel. Dengan visualisasi data dapat dengan membantu para pembuat keputusan di sebuah perusahaan untuk dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk pertumbuhan bisnis

3. Untuk Mengidentifikasi Tren dan Pola

Dalam setiap hari banyak data berlimpah yang harus diidentifikasi, dengan sejumlah data yang besar dan rumit memberikan banyak wawasan dalam memvisualisasikan data. Dengan data visualization dalam data science, memungkinkan pengguna bisnis untuk mengenali dan menemukan insight dari sekumpulan data. Caranya dengan menemukan korelasi data menggunakan representasi visual

Data Visualization dalam Data Science

Data visualization atau data visual dapat dideskripsikan sebagai cara untuk menampilkan data dalam bentuk grafis atau tampilan visual lainnya sebagai bahan untuk pengambilan keputusan. Bentuk visual dapat berupa grafik, bagan, peta, atau animasi. Data visualization merupakan salah satu proses penting dalam data science. Dengan banyaknya data yang harus dikumpulkan, diproses, dan dianalisis setiap harinya harus bisa dipahami oleh audience yang awam sekalipun.

Dengan adanya data visualization dalam data science, sangat para audience dapat dengan mudah memahami hasil analisa, dibandingkan harus membaca data berupa tulis, atau tabel spreadsheet secara manual. Tim data harus dengan jeli menyusun data visual suatu kebijakan dengan jelas dan tepat agar para pembuat keputusan dalam sebuah perusahaan dapat menyimpulkan suatu masalah sehingga dapat mengambil tindakan yang lebih akurat untuk memajukan bisnis.

Belajar Data Visualization Bersama Algoritma

Jika kamu tertarik mempelajari berbagai hal tentang data, seperti halnya data science, ikuti kelas dari Algoritma Data Science School yang menyediakan beragam kelas mengenai data science sesuai kebutuhan atau level expertise.

Algoritma adalah lembaga pendidikan yang bermisi menyediakan akses terhadap pengembangan karir data science di Indonesia. Pelatihan atau kursus data science di Algoritma telah didukung dengan kurikulum yang sudah relevan dengan kebutuhan industri serta memiliki instruktur yang memiliki pengalaman di berbagai bidang seperti machine learning, artificial intelligence data visualisasi.

Algoritma sendiri mendorong pengenalan tool baru sebagai kiat menghadapi data dalam jumlah banyak ini melalui pengembangan produk seperti workshop dan bootcamp.

Lewat program edukasi yang mereka tawarkan, peserta diajari melakukan input data secara individual dengan bantuan tenaga terlatih dan tools komputasi mutakhir yang telah menjadi standar kebutuhan data science saat ini. Seluruh proses pengajaran ini dilakukan lewat paket kursus dengan harga yang fleksibel, mulai dari bulanan hingga per semester dengan harga mulai Rp 5-15 juta.

Selain menyasar kalangan individual, Algoritma sendiri juga menargetkan korporasi maupun lembaga lainnya sebagai audiens pengajaran data science melalui program pelatihan secara berkala. Sejauh ini, pihak Algoritma mengklaim telah mendidik lebih dari 300 orang dari program workshop yang mereka adakan sebanyak lima kali dalam seminggu.

Melalui program yang mereka hadirkan, Algoritma mengharapkan para peserta mereka bisa menemukan karir yang tepat dalam ilmu pengolahan data, dengan mendidik mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan dan dicari saat ini. Dengan begitu kamu bisa jadi Jadi data scientist handal ala Algoritma.

Bergabung dengan Algoritma pakai Danacita

Itulah penjelasan lengkap mengenai data visualization dalam data science. Nah, kalau kamu ingin mengikuti kelas Algoritma, tetapi terhalang biaya, jangan khawatir. Sebab, ada Danacita yang akan membantumu.

Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan mulai 3 hingga 9 bulan.

Ada keuntungan yang bisa kamu dapat jika membayar kursus data science Algoritma dengan Danacita. Diantaranya adalah:

  1. Algoritma merupakan partner resmi dari Danacita, maka kualitas yang diberikan tidak perlu kamu khawatirkan lagi.
  2. Selain itu di setiap bootcamp diatas, kamu akan mendapat dukungan career shifting ke perusahaan yang membutuhkan Data Scientist lho. Jadi kamu akan lebih cepat mendapatkan karir sebagai seorang Data Scientist.
  3. Kamu bisa mencicil pendidikanmu di semua career bootcamp ini. Karena mereka merupakan partner resmi dari Danacita.
  4. Proses pengajuan online, tanpa DP, atau jaminan apapun.
  5. Danacita sudah berizin dan diawasi oleh OJK, selain itu Danacita memiliki sertifikasi ISO 27001. Jadi kamu nggak perlu khawatir dengan keamanan data kamu.

Danacita membutuhkan waktu 2 hari kerja untuk memproses aplikasi kamu setelah semua dokumen persyaratan lengkap. Untuk mempercepat proses verifikasi, mohon pastikan nomor telepon dan wa selalu aktif yah! Info lebih lanjut bisa klik link di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!