Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Apa itu Machine Learning? Kenali Pengertian dan Dampaknya Terhadap Bisnis

2022-09-10

apa-itu-machine-learning.png

Machine Learning. Source: algorit.ma

Siapa yang sering membuka Youtube dan menemukan rekomendasi video yang sangat relate dengan kamu? Atau mungkin saat membuka Netflix dan film yang ada di daftar rekomendasi adalah film-film yang secara kebetulan juga masuk dalam daftar tontonanmu. Apakah Netflix sedang memata-matai kita?

Selama beberapa dekade terakhir, kemajuan teknologi dalam penyimpanan dan kekuatan pemrosesan telah memungkinkan beberapa produk inovatif berdasarkan pembelajaran mesin, seperti mesin rekomendasi pada Netflix, Youtube dan mobil self-driving. Ini disebut sebagai machine learning. Banyak perusahaan terkemuka saat ini, seperti Facebook, Google, hingga Gojek, menjadikan machine learning sebagai bagian utama dari operasi mereka. Machine Learning ini telah menjadi pembeda kompetitif yang signifikan bagi banyak perusahaan.

Apa sih sebenarnya machine learning itu? Seberapa penting untuk perusahaan, dan bagaimana mempelajarinya? Yuk simak artikel berikut!

Apa itu Machine Learning?

Machine Learning (ML) adalah jenis kecerdasan buatan yang memungkinkan sebuah aplikasi perangkat lunak menjadi lebih akurat dalam memprediksi hasil tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukannya. Algoritma pembelajaran mesin ini menggunakan data historis sebagai input untuk memprediksi nilai output baru. Di era digital saat ini, Machine Learning sangat penting karena ini memberikan sebuah pandangan baru bagi perusahaan tentang tren perilaku pelanggan dan pola operasional bisnis, serta mendukung pengembangan produk baru.

Menurut MIT Technology Review, Machine Learning merupakan proses yang menggerakkan banyak layanan yang kita gunakan saat ini, misalnya sistem rekomendasi seperti yang ada di Netflix, YouTube, dan Spotify; mesin pencari seperti Google dan Baidu; feeds sosial seperti Facebook dan Twitter; asisten suara seperti Siri dan Alexa, dan yang lain sebagainya,

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Machine Learning?

Seperti yang disebutkan di atas, Machine Learning memberikan wawasan yang sangat bermakna dari data mentah untuk menyelesaikan masalah bisnis yang kompleks dan kaya akan data dengan lebih cepat. Algoritma machine learning belajar dari data secara berulang dan memungkinkan komputer menemukan berbagai jenis wawasan tersembunyi tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukannya.

Dalam dunia bisnis Machine Learning membantu meningkatkan skalabilitas bisnis dan operasi bisnis untuk semua perusahaan di seluruh dunia. Hal ini tidak lepas dari berbagai faktor, seperti volume yang terus bertambah ketersediaan data yang mudah, pemrosesan komputasi yang lebih murah dan lebih cepat, serta penyimpanan data yang terjangkau telah menyebabkan berkembangnya machine learning secara ;pesat. Oleh karena itu, perusahaan saat ini dapat memperoleh manfaat dengan memahami bagaimana bisnis dapat menggunakan machine learning dan menerapkannya dalam proses bisnis.

Saat ini, Machine Learning banyak diterapkan di berbagai industri seperti layanan pelanggan, logistik, perawatan kesehatan, perjalanan, ritel, layanan keuangan, manufaktur, dan yang lainnya. Masing-masing sektor ini menerapkan teknologi Machine Learning untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka yang unik, meskipun tujuan setiap orang tetap menjadi sama yaitu untuk membangun model data yang membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik tanpa campur tangan manusia.

Bagaimana Prospek Pekerjaan yang Membutuhkan Machine Learning?

Satu dekade yang lalu machine learning masih dianggap sebagai teknologi baru untuk sebagian besar organisasi dan belum terlalu dibutuhkan. Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, kebutuhan perusahaan akan adanya machine learning juga ikut berkembang. Banyak perusahaan, baik skala besar maupun kecil yang akhirnya sangat bergantung pada machine learning. Hal ini juga membuat lebih banyak orang diperlukan untuk membangun dan memelihara proyek machine learning dan menafsirkan data yang dihasilkan atau disebut sebagai Machine Learning Engineer.

Bahkan, Indeed, sebuah situs web ketenagakerjaan Amerika menyebutkan jika Machine Learning Engineer merupakan pekerjaan terbaik dan menempati posisi nomor 1 sebagai pekerjaan yang paling dibutuhkan di Amerika tahun 2019. Posisi ini tentu membuat rata-rata gaji seorang Machine Learning Engineer sangat besar, yaitu berkisar antara $146.085 per tahunnya, dan ini mengalami pertumbuhan hingga 344% membuat profesi ini sangat menjanjikan.

Profesi Machine Learning Engineer merupakan profesi yang bekerja untuk membuat sebuah pemrograman menggunakan algoritma agar Machine Learning dapat bekerja dan digunakan. Seorang Machine LEarning Engineer bertugas untuk menggunakan berbagai platform Machine Learning seperti IBM, Microsoft, Google, Amazon dan lain-lain untuk membuat sistem yang bisa memproses tipe data tertentu dan mengubahnya menjadi output perancang yang sesuai dengan kebutuhan suatu bisnis.

Selain sebagai Machine Learning Engineer, lulusan Machine Learning juga dapat menjadi Data Scientist, Natural Language Processing (NLP) Scientist, Business Intelligence (BI) Developer, Software Engineer, Software Developer, hingga Computational Linguist. Sangat luas bukan?

Bagaimana Mempelajari Machine Learning?

Untuk mempelajari Machine Learning dibutuhkan banyak skill yang harus dikuasai, mulai dari bahasa pemrograman, ilmu komputer, statistika dan probabilitas, algoritma, desain sistem, perangkat lunak,dan lain sebagainya. Ilmu dan skill ini bisa didapatkan dengan berkuliah di jurusan seperti Ilmu Komputer, Ilmu statistikas, Ilmu Data hingga Matematika.

Namun sekarang, untuk mempelajari Machine Learning tidak hanya sebatas di bangku kuliah saja. Kamu bisa mengikuti bootcamp yang saat ini banyak bertebaran. Salah satunya adalah dengan kursus di Algoritma.

Mengenal Kursus Algoritma

Tempat kursus Algoritma merupakan sebuah wadah yang didirikan dengan visi mendemokratisasi keterampilan ilmu data dan membekali setiap profesional dengan serangkaian keterampilan inti di berbagai domain visualisasi data, regresi, pemodelan data, pembelajaran mesin, dan literasi pemrograman statistik. Ini sangat cocok untuk siapapun yang ingin belajar mengenai data dan machine learning, baik itu eksekutif pemasaran, analis bisnis, pengusaha, atau profesional pasar keuangan. Keunggulan pedagogis Algoritma diakui secara regional, sebuah pencapaian yang didukung oleh rekam jejak yang luar biasa dalam proyek konsultasi perusahaan selama setahun dan pelatihan konsultatif yang lebih pendek dan disesuaikan dengan kebutuhan lainnya.

Terletak di pusat kota di Jakarta, Algoritma kini memiliki pusat pembelajaran sendiri dimana kamu dapat belajar data science. Dengan pengaturan tempat duduk yang nyaman dan ruang bersama di luar kelas, kamu akan dapat belajar dan membangun kerjasama dengan siswa lain dengan mudah. Selain itu, Algoritma juga menyediakan kurikulum yang berjalan dengan baik, dan pembelajaran yang intensif dengan studi kasus bisnis di kehidupan nyata, sehingga ilmu dan pengetahuan yang kamu dapatkan sesuai dengan kebutuhan industri.

Selepas dari bootcamp Algoritma, kamu akan diikutkan program in-house custom corporate training, sebuah program yang memungkinkan kamu untuk bisa direkrut langsung oleh mitra Algoritma. Sehingga kamu bisa langsung bekerja dengan kemampuan yang dipelajari, sesuai dengan kualifikasi perusahaan yang ada.

Algoritma menyediakan program Corporate Training dan Corporate Consulting. Corporate Training merupakan program yang memungkinkan tim di sebuah perusahaan segera menerapkan apa yang mereka pelajari, sehingga mereka dapat melakukan hal yang paling penting – mengatasi masalah bisnis yang paling menantang. Sementara Corporate Consulting sebuah program konsultasi untuk perusahaan terkait analisis diagnostik dan validasi bisnis untuk mengatasi masalah Anda, serta menerapkan alat untuk solusi jangka panjang bila sesuai.

Bayar Biaya Algoritma dengan Danacita

Danacita merupakan platform dengan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi, baik di lembaga pendidikan formal maupun informal seperti kursus dan bootcamp. Untuk membantu kamu belajar machine learning dan data science, Danacita dan Algoritma telah melakukan kerjasama.

Kerjasama ini memungkinkan kamu untuk mengambil kelas di Algoritma tanpa terkendala biaya. Kamu bisa mengajukan cicilan hingga 18 bulan, dengan proses pengajuannya yang sangat mudah. Selain itu, Danacita juga telah diawasi oleh OJK, sehingga dijamin aman.

Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

machine learning algoritma
Default Avatar

Written By

Esa Tauran