Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Itu Pinjaman Dana Pendidikan? Informasi Selengkapnya!

2023-02-22

pinjaman-dana-pendidikan

Daftar isi

    Pendidikan di Indonesia yang belum merata adalah sebuah fakta pahit yang tidak bisa dihindari. Padahal dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, tercantum amanat tentang pemerataan akses pendidikan bagi rakyat Indonesia.

    Ada banyak faktor yang membuat kenapa perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini belum merata. Salah satu hal yang menjadi kendala terbesar adalah biaya. Khususnya pada jenjang perguruan tinggi.

    Banyak lulusan SMA yang tidak bisa berkuliah karena persoalan biaya. Bahkan tak sedikit mahasiswa yang sedang berkuliah terpaksa harus berhenti karena tidak mampu membayar uang kuliahnya.

    Dari masalah ini, muncul sebuah program yang sangat membantu siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan tapi terkendala dengan biaya, yaitu dengan program pinjaman dana pendidikan. Pinjaman dana pendidikan ini merupakan sebuah skema pinjaman yang ditujukan bagi mahasiswa ataupun calon mahasiswa.

    Seperti apa pinjaman dana pendidikan itu? Dan apa manfaatnya untuk kamu? Berikut penjelasan lengkapnya.

    Apa itu Pinjaman Dana Pendidikan?

    Pinjaman dana pendidikan adalah sebuah fasilitas pinjaman yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa untuk membiayai keperluan pendidikan, mulai dari biaya kuliah, pembelian buku, dan lain sebagainya. Pinjaman dana pendidikan ini biasanya disediakan oleh pemerintah atau pihak swasta.

    Karena sifatnya berupa fasilitas pendanaan berupa pinjaman, maka kamu wajib untuk mengembalikan biaya pinjaman tersebut beserta bunganya dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan yang diberikan oleh pemberi pinjaman.

    Kisaran jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan bervariasi, tergantung dengan ketentuan yang ditetapkan penyedia jasa pinjaman. Sedangkan untuk besaran bunganya, mulai dari 0,65% hingga 0,72% per bulan.

    Pinjaman Dana Pendidikan yang Ada di Indonesia

    Mekanisme pinjaman dana pendidikan ini sebenarnya sudah banyak diterapkan di negeri dan biasanya disebut sebagai student loan. Sementara untuk di Indonesia sendiri, wacana penerapan program ini resmi dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2018 lalu.

    1. Pinjaman Dana Pendidikan dari Pemerintah

    Untuk mendukung program ini, sejumlah bank BUMN pun ikut serta dalam memberikan pinjaman dana pendidikan, mulai dari BRI, BNI, BTN dan Bank Mandiri. Keempat bank ini menawarkan pinjaman pendidikan dengan batas maksimum yang berbeda-beda. Hanya saja pinjaman dana pendidikan yang ada di bank ini memiliki plafon atau batas dana pinjaman yang cukup besar, yaitu hingga Rp 200 juta. Tenor atau waktu pengembaliannya pun terbilang cukup panjang.

    Pinjaman dana pendidikan dari pemerintah, termasuk pinjaman langsung bersubsidi, pinjaman tanpa subsidi, dan pinjaman konsolidasi langsung. Artinya, jika kamu mengajukan pinjaman ke pihak pemerintah, maka dana akan dikeluarkan oleh pemerintah ke universitas tertentu untuk menutup biaya akademik mahasiswa. Jika ada sisa dana yang tersedia, dana tersebut akan disalurkan kepada mahasiswa.

    2. Pinjaman Dana Pendidikan dari Pihak Swasta

    Selain pemerintah, sejumlah sektor swasta di Indonesia juga menyediakan pinjaman dana pendidikan. Sektor swasta ini termasuk dari bank swasta hingga perusahaan teknologi finansial yang memang berfokus pada pemberian pinjaman dana pendidikan.

    Sedikit berbeda dari pemerintahan, biasanya syarat yang diberikan oleh pihak swasta lebih mudah dibandingkan dengan fasilitas pinjaman pendidikan dari pemerintah.

    Kabar baiknya, jika kamu sudah mendapatkan layanan pinjaman dana pendidikan dari pihak pemerintah dan belum bisa menutupi biaya kuliah kamu, kamu masih punya kesempatan untuk bisa mengajukan fasilitas pinjaman pendidikan di lembaga keuangan swasta.

    Baca juga: Alternatif Pendanaan Biaya Kuliah untuk Mahasiswa

    Manfaat dan Kelebihan Pinjaman Dana Pendidikan

    Pinjaman dana pendidikan merupakan alternatif solusi untuk kamu yang ingin berkuliah tapi terkendala biaya. Adanya pinjaman dana pendidikan ini memberikan sejumlah manfaat yang dapat kamu rasakan langsung, yaitu:

    1. Tidak Perlu Menunda Pendidikan

    Tidak bisa dipungkiri jika biaya menjadi salah satu alasan terbesar kenapa seseorang akhirnya menunda atau bahkan tidak melanjutkan pendidikan sama sekali. Dengan adanya program pinjaman dana pendidikan ini, kamu bisa memanfaatkanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    2. Pengajuannya Mudah dan Cepat

    Beberapa orang menganggap bahwa untuk mendapatkan pinjaman dana pendidikan, syaratnya cukup sulit serta harus melewati berbagai seleksi yang rumit dan memusingkan. Faktanya, saat ini akses untuk memperoleh pinjaman dana pendidikan sudah lebih mudah dan lebih cepat.

    Umumnya, kamu hanya perlu melengkapi data pribadi dan beberapa dokumen pendukung yang tidak rumit. Tujuannya agar setiap orang dapat meraih pendidikan tinggi dengan mudah.

    3. Beban Biaya dan Bunga Pinjaman Ringan

    Banyak yang ragu untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan karena menganggap bunganya besar. Padahal beban biaya dan bunga pada pinjaman dana pendidikan itu berbeda dengan pinjaman lainnya. Pinjaman dana pendidikan telah dirancang sedemikian rupa untuk membantu siapapun dapat mengakses pendidikan. Karenanya, baik pihak pemerintah maupun swasta memberikan beban bunga yang ringan untuk fasilitas ini.

    4. Limit Hingga Ratusan Juta

    Meski beban biaya dan bunga pinjamannya terbilang ringan, tetapi pinjaman dana pendidikan menawarkan limit yang tidak sedikit. Beberapa program pinjaman dana pendidikan bahkan menawarkan pencairan dana hingga ratusan juta. Ini tentu sudah diperhitungkan dengan jumlah biaya kuliah yang akan kamu bayar.

    5. Aman dan Transparan

    Manfaat dan kelebihan dari pinjaman dana pendidikan yang terakhir adalah bersifat aman dan transparan. Kamu tidak perlu khawatir akan data-data pribadi yang dilampirkan saat pengajuan karena semuanya dijamin aman. Namun, kamu perlu memilih perusahaan yang benar-benar terjamin, terutama dari pemberi pinjaman pihak swasta. Caranya dengan melihat apakah perusahaan tersebut telah diawasi oleh OJK atau tidak.

    Itu dia penjelasan mengenai pinjaman dana pendidikan sebagai alternatif bagi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan biaya kuliah. Di zaman sekarang, untuk bisa menggapai pendidikan tinggi sudah terdapat banyak pilihan, salah satunya dengan pinjaman dana pendidikan.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Biaya Kuliah pinjaman dana pendidikan
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri