Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan?

2022-09-30

Daftar isi

    Pertanyaan yang masih sering muncul di kalangan pelajar adalah apa keunggulan fakultas ilmu keolahragaan? Fakultas Ilmu Keolahragaan merupakan salah satu fakultas yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki minat dan bakat di bidang keolahragaan. Salah satu keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan adalah jika kamu memiliki prestasi setingkat daerah hingga nasional, maka kamu satu langkah lebih unggul untuk diterima di fakultas yang satu ini.

    Sebagai salah satu bidang keilmuan yang sering kali dikompetisikan, memang prestasi menjadi acuan keberhasilan bagi fakultas yang satu ini. Namun, dalam konteks pendidikan dan pengajaran, tidak peduli apakah kamu memiliki prestasi atau tidak. Tentunya untuk bisa lulus dari fakultas ini kamu harus bisa menyelesaikan semua ujian yang diselenggarakan.

    Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai Fakultas Ilmu Keolahragaan, apa saja program studi di dalamnya, serta apa saja kampus yang direkomendasikan. Simak artikelnya di bawah ini.

    Apa itu Fakultas Ilmu Keolahragaan

    Fakultas Ilmu Keolahragaan merupakan salah satu bidang keilmuan di bidang olahraga dan kesehatan. Selama menjalani masa perkuliahan, terdapat tiga cabang ilmu yang akan dipelajari, yaitu mengkaji olahraga dari perspektif kesehatan, terapan, dan sosial. Biasanya ketiga cabang ilmu tersebut akan diperdalam saat menginjak semester 5.

    Ternyata, keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan tidak hanya berorientasi pada olahraganya saja. Meskipun hal itu bukanlah hal yang dapat terhindari, nyatanya fakultas ilmu keolahragaan juga mempelajari banyak hal seperti anatomi tubuh manusia, fisioterapi olahraga, fisiologi, serta mata kuliah lain di bidang kesehatan dan keolahragaan.

    Apa Saja Program Studi Fakultas Ilmu Keolahragaan

    Salah satu universitas yang memiliki fakultas ilmu keolahragaan adalah UNNES. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES memiliki beberapa program studi yang dibagi ke dalam beberapa jurusan. Berikut ini adalah daftar program studi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES.

    • Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (S1)
    • Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
    • Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga (S1)
    • Ilmu Keolahragaan (S1)
    • Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1)
    • Ilmu Gizi (S1)

    Mengapa Harus Masuk Fakultas Ilmu Keolahragaan

    Seorang lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan akan dibekali dengan beberapa kemampuan diantaranya seperti, kekuatan dan ketahanan fisik, pemahaman ilmu kesehatan, penguasaan berbagai teknik dalam olahraga, kemampuan analisis, kemampuan evaluasi, kemampuan bekerja dalam tim, serta komunikatif.

    Keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan selanjutnya adalah selain mengenyam dan memperdalam pendidikan seputar keolahragaan, kamu juga akan memiliki gaya hidup yang sehat. Selain harus olahraga rutin, kamu juga diharuskan untuk menjaga asupan makan agar mempercepat proses recovery dan menjaga tubuh tetap fit serta tidak mudah terserang penyakit. Jika kamu mampu melakukan hal tersebut, maka kamu bisa dibilang sudah menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan yang baik.

    Selain itu, tidak ada satu pun ajang yang memperbolehkan pengibaran bendara suatu negara di negara lain selain olahraga. Hal ini dapat meningkatkan semangat juang kamu untuk terus berlatih demi meraih prestasi hingga tingkat internasional.

    Keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan selanjutnya adalah menjadi seorang atlet. Beberapa tahun belakangan, pemerintah sangat memanjakan para atlet yang berhasil meraih medali emas di ajang olimpiade internasional apapun itu. Tidak tanggung-tanggung, bonus yang diberikan berupa rumah hingga uang milyaran rupiah. Sebuah motivasi yang sangat baik untuk para atlet.

    Selain menjadi atlet, berikut ini adalah keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan dari segi prospek kerja ini dia daftarnya.

    1. Pelatih Kesehatan Atlet (Olahragawan)
    2. Penyuluh Kesehatan
    3. Pengajar Ilmu Kebugaran
    4. Manajer Kebugaran dan Kesehatan
    5. Pelatih dan Pemandu Olahraga
    6. Pelatih Fitness dan Instruktur Aerobik
    7. Terapis Fisik
    8. Dokter Pengobatan Olahraga

    Rekomendasi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES

    Keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES yakni memiliki sejarah panjang sebelum menjadi fakultas yang mewadahi berbagai macam program studi. Saat UNNES masih menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro, Fakultas Ilmu Keolahragaan juga menjadi bagian dari FKIP Universitas Diponegoro dengan nama Jurusan Pendidikan Jasmani.

    Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan No. 108487/S tanggal 27 Desember 1960. Selanjutnya pada tahun 1963, Jurusan Pendidikan Jasmani dipisah menjadi Sekolah Tinggi Olahraga yang berdiri sendiri di bawah Departemen Olahraga. Perubahan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Olahraga No. 23 Tahun 1963 tanggal 19 April 1963.

    Kemudian pada tahun 1977, Jurusan Pendidikan Jasmani kembali kepada IKIP Semarang yang telah berdiri sendiri menjadi Perguruan tinggi seutuhnya dan berganti nama menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Keolahragaan (FKIK) melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 042/O/77 tanggal 22 Februari 1977.

    Sampai pada akhirnya ketika IKIP Semarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada tahun 2000 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang organisasi dan tata kerja UNNES serta No. 255/O/2000 tentang statuta UNNES. Pada saat yang bersamaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Keolahragaan kembali berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

    Adapun program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES antara lain:

    1. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (A)
    2. Ilmu Kesehatan Masyarakat (B)
    3. Pendidikan Kepelatihan Olahraga (B)
    4. Ilmu Keolahragaan (A)
    5. Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (B)
    6. Ilmu Gizi (B)

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES Melalui Danacita

    Itu dia keunggulan Fakultas Ilmu Keolahragaan yang menjadi alasan kenapa kamu harus memilih Fakultas Ilmu Keolahragaan. Bila kamu calon mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES, terus kejar mimpimu dan jangan sampai kendala biaya menghentikan langkahmu. Bila dalam pembayaran kuliah kamu mengalami kesulitan, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah mengajukan pembiayaan dengan Danacita.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia yang menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional dan sudah berizin OJK. Dengan mengajukan pembiayaan Danacita, pembayaran biaya kuliahmu di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Mudahkan masa kuliahmu selama di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!