Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Apa Saja 5 Tools Product Management?

2023-02-01

tools-product-management

Daftar isi

    Merancang sebuah konsep produk bukanlah hal yang mudah. Di masa lalu, perangkat lunak yang sangat terbatas digunakan untuk merancang produk. Tapi jangan khawatir lagi, zaman sekarang yang semakin canggih sudah banyak tools product management yang bisa mempermudah prosesnya.

    Lantas, apa itu product management? Apa saja tools product management dan kegunaannya? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

    Apa Itu Product Management?

    Sebelum membahas tentang tools product management, akan lebih baik mengenal product management terlebih dahulu. Product management atau manajemen produk adalah kegiatan mengelola bahan baku atau sumber daya yang dimiliki menjadi suatu produk atau layanan yang bernilai jual tinggi.

    Proses yang dilakukan pun mulai dari produksi, pengemasan, pemasaran, hingga pengiriman kepada pelanggan. Semua tahapan yang dilakukan dalam proses manajemen produk ini harus dilakukan dengan baik dan sesuai.

    Untuk definisi product management yang lebih detail, kamu dapat membayangkan sebuah perusahaan atau usaha mikro yang memiliki beberapa jenis sumber daya. Mulai dari sumber daya modal, sumber daya mesin produksi, sumber daya tenaga kerja, dan masih banyak lagi lainnya.

    Jika kamu tidak mengelola atau memanajemen semua sumber daya tersebut, bagaimana kamu akan menghasilkan produk? Itulah kenapa manajemen produk perlu dilakukan sesuai dengan fungsinya.

    Apa Itu Product Manager?

    Product manager adalah seseorang yang bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan produk. Bisa dibilang, tugas dan tanggung jawab product manager akan sangat berkaitan dengan keberhasilan produk.

    Sebagai product manager, kamu wajib mengidentifikasi kebutuhan pelanggan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk itu, kamu perlu menyusun strategi, mengelola tim, dan berkolaborasi dengan tim lain. Misalnya tim IT, pemasaran, hingga tim penjualan.

    Selain cakupan tugasnya yang luas, product manager juga harus memiliki ketertarikan dalam berbagai bidang. Termasuk bidang teknologi, bisnis, dan user experience. Hal ini akan memudahkanmu mengelola proses pembuatan produk.

    Mulai dari teknis pembuatan produk di tim IT, memahami hitung-hitungan angka produksi dan bagaimana cara memasarkan produk, juga berkonsultasi dengan tim UX agar user mendapatkan pengalaman terbaik.

    Tools Product Management yang Sering Digunakan

    Berikut tools product management yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan pekerjaanmu.

    1. Trello

    Tools product management yang pertama adalah Trello. Dengan Trello, semua orang di proyek tersebut bisa tahu apa yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, dan sudah sejauh mana ia mengerjakannya.

    2. JIRA

    JIRA adalah software yang dikembangkan oleh Atlassian. Tools product management ini berfungsi untuk melakukan pelacakan bug. JIRA dapat digunakan mengatur berbagai macam kebutuhan proyek, khususnya di bidang pengembangan software. Lebih dari itu, JIRA juga memiliki sistem help desk dan permintaan cuti anggota tim.

    3. Slack

    Slack merupakan salah satu tools product management yang paling banyak digunakan untuk menunjang komunikasi di dalam perusahaan maupun dalam suatu tim.

    Selain memiliki fitur instant messaging, aplikasi ini juga memungkinkanmu mengatur channel tim atau proyek yang sedang dikerjakan menjadi channel public (yang bisa diakses semua anggota) ataupun private (hanya diakses oleh anggota tertentu).

    Kamu juga bisa membuat pin pesan atau chat di channel sehingga informasi penting akan tersimpan di tempat yang mudah diakses.

    Dengan tools product management ini, kamu bisa berbagi file gambar, dokumen, dan video dari komputer atau Google Drive. Kamu juga bisa menghubungi rekan kerja melalui audio dan video call serta melakukan presentasi dengan memanfaatkan fitur screen sharing.

    4. Workspace

    Workspace adalah tools product management untuk menunjang koordinasi dan kolaborasi di tempat kerja. Tak hanya sebagai alat komunikasi, Workspace juga memberikan solusi dari berbagai problem klasik yang dihadapi oleh karyawan dan perusahaan. Salah satunya adalah memisahkan chat pribadi dan pekerjaan.

    Selain itu dilengkapi dengan smart personalia yang memudahkan manajemen dalam pengelolaan karyawan.

    5. Zoom

    Aplikasi komunikasi untuk bertatap muka langsung melalui panggilan video dan suara sekaligus atau salah satunya. Dengantools product management ini kamu bisa merekam semua percakapan suara dan video saat meeting.

    Baca juga: Peran Product Manager dalam Product Management

    Rekomendasi Bootcamp untuk Belajar Product Management

    Jika kamu tertarik mempelajari product management hingga penerapan tools product management, tetapi belum punya ilmu apapun, jangan khawatir karena bisa mengikuti bootcamp. Ada beberapa rekomendasi bootcamp untuk belajar product management yang bisa kamu pilih, antara lain:

    1. Binar Academy

    Binar Academy sendiri memiliki kurikulum yang bersertifikasi Education Alliance Finland 2021. Education Alliance Finland sendiri, adalah lembaga sertifikasi pendidikan teknologi dari Finlandia yang mengevaluasi efektivitas pendidikan yang diberikan berdasarkan tujuan pengajaran, metode pengajaran (pedagogik) dan penggunaannya.

    Di kelas product management, kamu akan belajar untuk mengembangkan produk baru, perencanaan, verifikasi, perkiraan, penetapan harga, peluncuran produk, dan pemasaran produk hingga mempelajari detail di semua tahapan siklus produk.

    Informasi lengkapnya di sini.

    2. Apiary Academy

    Apiary adalah sebuah solusi ekosistem bisnis yang membantu kamu untuk memulai dan meningkatkan karir melalui 3 pilar utama, yaitu Belajar, Solusi bisnis, dan Komunitas.

    Apiary Academy ini fokus terhadap 2 pelatihan yaitu:

    • Introduction Level Product Management

    Di program ini kamu akan belajar beberapa hal seperti Pengantar Manajemen Produk, Mengembangkan Strategi Produk, Mengidentifikasi Masalah, Ide, dan Riset Pasar, Mengembangkan Produk Sukses yang Memecahkan Masalah, dan Pemikiran Produk & Pemikiran Design.

    • Intermediate Level Product Management

    Sedangkan di kelas ini, kamu akan belajar mengenai Pengantar Analisis Produk, Pengujian & Validasi Produk, Persyaratan Produk untuk Masuk ke Pasar, dan terakhir kamu akan belajar Komunikasi & Manajemen Orang.

    Informasi lengkapnya di sini.

    Belajar Product Management Bersama Danacita

    Semakin tertarik belajar tools product management dan ingin daftar rekomendasi bootcamp di atas, tetapi terkendala biaya? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan Danacita sebagai solusi pembayaran kursusmu, lho!

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan dan pelatihan di Indonesia melalui pembiayaan yang terjangkau. Bersama

    Danacita, kamu bisa meningkatkan kemampuanmu dengan mengikuti bootcamp di Binar Academy dan Apiary Academy tanpa khawatir dengan kendala biaya.

    Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus mengajukan di program cicilan bootcamp di Binar Academy dan Apiary Academy dengan Danacita:

    1. Danacita telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan datamu terjamin
    2. Danacita adalah partner resmi dari Apiary Academy, jadi pembayaran biaya pendidikanmu akan langsung ke Binar Academy dan Apiary Academy
    3. Proses pembayaran kursusmu bisa lebih terjangkau dengan cicilan 6 hingga 24 bulan
    4. Pengajuan tanpa DP atau jaminan apapun
    5. Proses pengajuan dilakukan 100% Online
    6. Waktu pemrosesan maksimal 2 hari kerja
    7. Bebas melakukan pelunasan lebih awal tanpa penambahan biaya apapun

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    product management product manager tools product management
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri