Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bagaimana 7 Cara Mengatasi Masalah Pembiayaan Pendidikan?

2023-02-22

masalah-pembiayaan-pendidikan

Daftar isi

    Hampir semua orang pasti bermimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, biaya yang tak sedikit membuat banyak orang akhirnya mengurungkan niatnya itu. Berbeda ketika bersekolah di SD, SMP, SMA negeri yang dibiayai oleh pemerintah, biaya untuk berkuliah di universitas harus menjadi tanggungan sendiri.

    Namun kendala biaya ini jangan sampai membuat kamu memilih melepas mimpimu untuk mendapatkan akses belajar di jenjang yang lebih tinggi dan lebih baik. Sebab, ada banyak cara yang bisa menjadi solusi alternatif untuk kamu mengatasi masalah biaya pendidikan ini.

    Berikut 7 cara mengatasi masalah pembiayaan pendidikan yang bisa menjadi solusi alternatif untuk kamu:

    1. Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri

    Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan kampus yang banyak diincar oleh calon mahasiswa. Selain karena reputasinya yang baik, PTN juga menawarkan biaya kuliah yang lebih terjangkau karena adanya subsidi dari pemerintah dan juga jurusan yang variatif.

    Untuk masuk ke PTN, kamu harus melewati seleksi, baik itu seleksi nasional yang diadakan langsung oleh Kemendikbud lewat SNMPTN dan SBMPTN, maupun seleksi mandiri yang dilakukan oleh masing-masing universitas.

    DI PTN, kamu akan membayar biaya kuliah yang dikenal dengan istilah Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang terbagi dalam beberapa kelompok mulai dari kelompok yang bebas biaya hingga kelompok dengan biaya maksimal. Pengelompokan ini dibagi atas kemampuan ekonomi keluarga.

    2. Ikut Sekolah Kedinasan

    Selain PTN, kamu juga bisa mengikuti sekolah kedinasan untuk mendapatkan keringanan biaya pendidikan. Sekolah Kedinasan diselenggarakan langsung kementerian atau lembaga negara terkait. Misalnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara di bawah Kemenkeu, Politeknik Imigrasi yang ada di bawah Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia, dan lain sebagainya.

    Selain menawarkan biaya yang sangat terjangkau, melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan juga membuat masa depan kamu cukup terjamin. Hal ini karena setelah lulus dari sekolah ikatan dinas, maka kamu diharuskan untuk bekerja dan terikat kewajiban dinas di institusi tertentu.

    3. Kejar Beasiswa

    Mendapatkan beasiswa adalah salah satu cara meringankan biaya pendidikan yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa ataupun mahasiswa itu sendiri. Setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa sesuai dengan kemampuannya.

    Beasiswa sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari beasiswa dari pemerintah, beasiswa organisasi, beasiswa kampus, hingga beasiswa dari instansi swasta. Umumnya, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi tertentu atau berasal dari keluarga yang kurang mampu. Untuk mendapatkan beasiswa, kamu harus melewati serangkaian proses seleksi sesuai dengan beasiswa yang kamu daftar.

    4. Rajin Ikut Lomba

    Selain mengejar beasiswa, mengikuti berbagai lomba juga menjadi alternatif untuk kamu bisa meringankan biaya pendidikan. Saat ini, telah banyak instansi yang mengadakan lomba dengan hadiah yang beragam, mulai dari perlengkapan kuliah seperti laptop, hp, hingga uang dengan jumlah yang bisa mencapai belasan ataupun puluhan juta.

    Lomba yang kamu ikuti ini bisa bersifat individu, maupun berkelompok dengan membawa almamater kampus kamu. Umumnya, jika kamu mengikuti lomba dengan membawa nama kampus, kamu juga akan mendapatkan uang saku dari pihak kampus.

    Baca juga: Mengapa Pembiayaan Pendidikan Bisa Membantu Para Mahasiswa dan Orang Tua

    5. Bekerja Part Time atau Freelance

    Tak sedikit mahasiswa yang memutuskan untuk mengambil pekerjaan sampingan ketika memiliki waktu senggang atau di akhir pekan. Ada yang bekerja part time di cafe sebagai barista atau pelayan, di barbershop dan yang lainnya. Kamu juga bisa mencoba untuk bekerja lepas atau freelance untuk kamu yang memiliki bakat tertentu seperti menulis, fotografer, desain, public speaking dan yang lainnya.

    Selain bisa mendapatkan uang dan meringankan biaya kuliah, bekerja secara part time atau freelance dapat menambah koneksi dan relasi kamu yang nantinya sangat berguna ketika kamu lulus.

    6. Terlibat Dalam Project Dosen

    Meskipun sudah mendapat pekerjaan tetap, dosen biasanya sering melakukan berbagai penelitian dan project tesis atau disertasi. Tak jarang, dosen ini memilih mengajak mahasiswa untuk membantu mereka.

    Terlibat dalam berbagai project dosen ini tentu memiliki banyak manfaat untuk kamu. Mulai dari mendapatkan ilmu, hingga relasi yang luas, dan kadang diberikan juga uang saku. Jika beruntung, kamu bahkan bisa ikut dengan dosen ke luar kota, bahkan ke luar negeri terkait project penelitiannya itu.

    7. Mengajukan Pinjaman Pembiayaan Pendidikan

    Kendala biaya dalam melanjutkan kuliah bukanlah hal yang bisa menghambat kamu untuk mengejar impianmu. Selain dari beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengajukan pinjaman pembiayaan pendidikan di berbagai instansi atau platform tertentu yang biasa disebut sebagai student loan.

    Student loan ini sebenarnya sudah banyak diterapkan di luar negeri dan biasanya diselenggarakan oleh pemerintah negara tersebut. Namun di Indonesia student loan ini dilakukan oleh pihak swasta baik perbankan maupun perusahaan lain yang memberikan pinjaman pembiayaan pendidikan.

    Itu dia beberapa cara terbaik dalam mengatasi pembiayaan pendidikan di perkuliahan. Dari alternatif cara tersebut semoga bisa membantu kamu untuk bisa terus melanjutkan pendidikanmu seperti keinginan.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    masalah pembiayaan pendidikan pembiayaan pendidikan
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri