Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bahasa Inggris: Ternyata Ada Banyak Jenisnya

2022-11-07

jenis-bahasa-inggris

Daftar isi

    Kamu harus tahu bahwa saat ini kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan. Hal itu bisa memudahkan kamu dalam melakukan suatu pekerjaan ataupun kegiatan. Salah satu bahasa asing yang sering dipakai di seluruh dunia dan menjadi bahasa internasional adalah bahasa Inggris.

    Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis bahasa Inggris yang berbeda dari beberapa negara seperti beda bahasa Inggris Amerika, Britain atau Inggris, dan Australia. Apa saja perbedaannya? Simak artikel ini untuk penjelasan lebih dalam mengenai bahasa Inggris.

    Apa itu Bahasa Inggris

    Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dipakai oleh hampir setiap negara di dunia. Bahasa Inggris bahkan dinobatkan sebagai bahasa Internasional atau bahasa yang menghubungkan seluruh dunia. Sesuai dengan fungsinya, bahasa digunakan sebagai alat komunikasi agar lawan bicara bisa memahami apa yang dimaksud oleh pembicara. Sejalan dengan itu, fungsi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah untuk menghubungkan seluruh dunia agar bisa saling berkomunikasi.

    Saat ini terdapat beberapa jenis bahasa Inggris yang tersebar di seluruh dunia. Di antaranya yaitu, bahasa Inggris Amerika, bahasa Inggris Britain, dan bahasa Inggris Australia. Di antara ketiga jenis bahasa Inggris tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan. Beda bahasa Inggris satu dengan yang lainnya dapat dilihat melalui dialek, kosakata, dan penyebutan hurufnya. Berikut penjelasan lebih lengkap dari masing-masing jenis bahasa Inggris tersebut.

    Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Dari TikTok? Kenapa Nggak! Cek Rekomendasi Akunnya Disini!

    Bahasa Inggris: Amerika (US)

    Jenis bahasa Inggris Amerika merupakan salah satu jenis bahasa Inggris yang sering dipakai hampir di seluruh dunia. Beda bahasa Inggris Amerika menghilangkan beberapa huruf yang memang tidak diperlukan. Dari segi dialek, jenis bahasa Inggris Amerika terbiasa melafalkan huruf “r” dengan cara menggulung lidah ke belakang dan merapatkan langit-langit mulut. Sebagai contoh:

    1. Center: Pusat, bagian tengah
    2. Theater: Teater
    3. Realize: Mewujudkan, menyadari
    4. Program: Program, acara
    5. Traveled: Perjalanan
    6. Catalog: Katalog
    7. Neighbor: Tetangga
    8. Gray: Abu-abu, mendung
    9. Practice: Berlatih, praktek
    10. Check: Cek

    Bahasa Inggris: Britain (UK)

    Bahasa Inggris Britain merupakan jenis bahasa Inggris yang masih mempertahankan ejaan yang lebih banyak berasal dari bahasa Perancis. Sedangkan perbedaan dari segi dialek, beda bahasa Inggris Britain terletak pada tidak dilafalkannya huruf “r” pada kata, khususnya jika huruf tersebut terletak di akhir kata. Sebagai contoh:

    1. Centre: Pusat, bagian tengah
    2. Theatre: Teater
    3. Realise: Mewujudkan, menyadari
    4. Programme: Program, acara
    5. Travelled: Perjalanan
    6. Catalogue: Katalog
    7. Neighbour: Tetangga
    8. Grey: Abu-abu, mendung
    9. Practise: Berlatih, praktek
    10. Cheque: Cek

    Baca juga: Ini Dia 5 Rekomendasi Podcast Belajar Bahasa Inggris Terbaik.

    Bahasa Inggris: Australia

    Bahasa Inggris Australia merupakan jenis bahasa Inggris yang paling jelas dalam penyebutan huruf “r”. Beda bahasa Inggris Australia yaitu huruf “r” akan dieja dengan lebih jelas, terutama apabila huruf tersebut berada di tengah kata dan ada huruf hidup sebelum “r”. Contohnya “Bird” dan “start”. Selain itu, masih ada banyak beda bahasa Inggris baik jenis bahasa Inggris Amerika, Britain, dan Australia.

    Kenapa Bahasa Inggris Jadi Bahasa Internasional

    Setelah kamu mengetahui jenis bahasa Inggris serta beda bahasa Inggris Amerika, Britain, dan Australia, selanjutnya pasti kamu bertanya mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional?

    Ada beberapa alasan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, mengapa ada beberapa jenis bahasa Inggris, dan beda bahasa Inggris. Berikut adalah alasannya:

    1. Pengaruh Kerajaan Inggris
    2. Revolusi Industri di Inggris
    3. Pengaruh Amerika Setelah Perang Dunia Usai
    4. Perkembangan Teknologi

    Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris

    Setelah mengetahui jenis bahasa Inggris dan beda bahasa Inggris, apakah kamu tertarik untuk menguasai bahasa Inggris? Berikut ini adalah rekomendasi tempat kursus bahasa Inggris untuk kamu.

    English First

    English First atau EF merupakan salah satu lembaga kursus bahasa Inggris yang telah berdiri sejak tahun 1965 di Swedia dan 1986 di Indonesia. EF itu sendiri diisi oleh guru-guru profesional dengan sistem pengajaran terbaik.

    EF telah tersebar di berbagai kota di Indonesia di antaranya yaitu, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bogor, Bekasi, Cilegon, Cirebon, Gresik, Balikpapan, Banjarmasin, Bengkulu, Cikarang, Cimahi, Depok, dan masih banyak lainnya.

    Wall Street English

    Wall Street English atau WSE merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang telah berdiri sejak tahun 2007, memiliki lebih dari 50 ribu anggota, dan telah tersebar di 8 lokasi di Indonesia. WSE telah tersebar di beberapa kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, dan Surabaya.

    Dalam skala internasional, WSE telah berdiri sejak tahun 1972, memiliki lebih dari 4 juta member di seluruh dunia, dan tersebar di 29 negara. Hal membuktikan konsistensi dan kualitas WSE sebagai lembaga kursus bahasa Inggris.

    Lancar Bahasa Inggris Bersama Danacita

    Itu dia jenis bahasa Inggris dan beda bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk mengikuti kursus dan menguasai bahasa Inggris? Kamu bisa mengikuti pelatihan di lembaga kursus yang sudah direkomendasikan di atas. Jika kamu memiliki kendala terkait biaya, maka segera gunakan Danacita.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia. Danacita juga sudah berizin dan diawasi OJK dan bersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data. Selain dengan lembaga kursus yang sudah disebutkan, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Dengan menggunakan Danacita, kamu bisa membayar kursus secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga bisa jauh lebih ringan. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Untuk informasi selengkapnya kamu bisa kunjungi website Danacita atau jika ingin mengajukan langsung bisa di aplikasi Danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    bahasa inggris beda bahasa inggris jenis bahasa inggris
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri