Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Suka Dengan Tampilan Website Menarik? Yuk Belajar di Binar Front End Engineering Bootcamp

2022-10-10

front-end-developer

Source: pexels.com

Ketika membuka suatu website, kenyamanan dan kemudahan menggunakan dan mengakses tiap halaman di website pasti menjadi perhatian utama bagi user. Kemudahan dan kenyamanan pada website ini berhubungan aspek design interface, fitur-fitur yang ada, hingga button yang disediakan. Untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik, ini adalah salah satu tugas dari seorang Frontend Engineer. Tidak berhenti di situ, ada banyak tugas dan tanggungjawab yang harus dikerjakan oleh seorang Front End Engineer agar sebuah website dapat digunakan dengan layak.

Di artikel ini, kita akan membahas lebih dalam terkait apa itu Front End Engineer dan bagaimana mempelajarinya.

Apa itu Front End Engineering?

Front end Engineering atau juga biasa dikenal sebagai Front end Developer merupakan seseorang yang bertugas untuk merancang website dari sisi front-end, memilih, menginstal, dan menguji elemen user interface dari sebuah situs web. Front end Engineering berfokus pada tampilan dan nuansa situs, beserta fungsinya agar mudah dan nyaman digunakan oleh user.

Front End Engineer berfokus pada tampilan dan nuansa situs, beserta fungsinya. Prospek pekerjaan tetap kuat untuk insinyur front-end, terutama mereka yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan situs web yang dapat diakses di perangkat seluler.

Beberapa tugas dan tanggungjawab seorang Front End Developer antara lain:

  • Merancang, memasang, dan menguji elemen user interface pada situs web
  • Berfokus pada fungsionalitas situs web dan tampilan situs web
  • Mengembangkan ide untuk situs web baru atau menemukan cara untuk merenovasi situs web yang sudah ada
  • Memahami berbagai informasi yang akan dimiliki situs web dan membuat rencana untuk menyusun situs web dan cara terbaik untuk menyajikan informasi di situs web atau aplikasi web.
  • Memilih dan membuat elemen grafis situs web
  • Membuat prototipe untuk situs web untuk dipresentasikan kepada pemberi kerja dan klien
  • Mengkodekan situs dan mengujinya untuk memastikan fungsinya
  • Memantau situs web untuk memastikannya terus berjalan dengan baik dan melakukan modifikasi sesuai kebutuhan
  • Memastikan bahwa desain web mampu untuk smartphone
  • Merampingkan dan mengoptimalkan kecepatan pemuatan

Kenapa Kamu Harus Menjadi Front End Engineering?

1. Prospek Karir yang Semakin Tumbuh

Pertumbuhan dunia IT dan teknologi membuat prospek karir seorang Front End Engineering juga semakin tumbuh. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan seorang Front End Engineering sejalan dengan kebutuhan semua industri, yaitu pengembangan website dan pemrograman.

2. Pilihan Pekerjaan yang Luas dan Fleksibel

Karena prospek karirnya yang semakin tahun semakin banyak, seorang Front End Engineering akhirnya memiliki banyak pilihan pekerjaan yang luas dan bisa masuk ke berbagai industri. Mulai dari kesehatan, pendidikan, retail, keuangan, dan lain sebagainya. Selain itu, Front End Engineering juga merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak menerapkan Work From Anywhere. Jadi kamu bisa memilih bekerja dari mana saja. Kamu bahkan bisa memilih untuk menjadi seorang freelance atau bekerja sebagai konsultan IT.

3. Memiliki Gaji yang Fantastis

Front End Engineer merupakan salah satu profesi di bidang IT yang memiliki rata-rata gaji yang fantastis. Estimasi total gaji seorang Front End Engineer berdasarkan data dari Glassdoor adalah 8- 30 juta atau bahkan lebih tergantung dari posisi, pengalaman dan industri perusahaannya. Dengan banyaknya pengalaman yang kamu miliki, kesempatan untuk mendapatkan gaji lebih besar juga semakin terbuka lebar. Apalagi jika kamu dapat bekerja di perusahaan luar negeri.

4. Bisa Dipelajari oleh Siapa Saja

Meskipun Front End Engineering sangat erat kaitannya dengan lulusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, ataupun jurusan IT lainnya. Namun bukan berarti yang bukan lulusan IT tidak bisa mempelajarinya. Dengan kata lain, untuk menjadi seorang Front End Developer kamu tidak selamanya membutuhkan gelar dari universitas ternama. Kamu hanya perlu ketekunan dan keinginan untuk mengembangkan keterampilan di bidang ini.

Apa itu Binar Academy?

Binar Academy adalah sebuah perusahaan pendidikan berbasis teknologi yang bertujuan untuk menyiapkan siswanya menjadi lulusan yang bertalenta di bidang digital dan teknolog yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Untuk saling menginspirasi dan menyemangati. Binar Academy percaya ketika talenta potensial bersatu membentuk cahaya pembaruan dalam bidang digital, hasil dan kolaborasi mereka juga harus bisa menghidupkan serta menginspirasi banyak orang.

Binar Academy memiliki tim yang diisi oleh berbagai manusia yang unik dan spesialis di bidangnya masing-masing. Selain itu, Binar Academy menerima talenta dengan segala macam latar belakang yang berbeda dan hal ini yang menjadikan kita terus berkembang dan saling belajar.

Berdiri sejak tahun 2017, Binar Academy telah memiliki ribuan alumni yang sudah tersebar di berbagai industri. Ribuan alumni ini memulai perjalanannya di Binar Academy dengan berbagai kursus atau bootcamp di bidang digital dan teknologi, termasuk bootcamp Front End Engineering.

Kelebihan Bootcamp Front End Engineering di Binar Academy

1. Materi yang Sesuai Dengan Kebutuhan Industri

Sebagai perusahaan Edutech yang sudah berdiri kurang lebih 5 tahun, Binar Academy telah berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan materi yang dibutuhkan oleh industri saat ini. Hal ini karena Binar Academy telah memilih Subject Matter Expert yang terbaik di bidangnya untuk menyusun kurikulum materi yang akan diajarkan

2. Jadwal Kelas yang Fleksibel

Tak sedikit siswa yang mengikuti bootcamp di Binar Academy adalah berstatus pekerja. Namun itu tidak menjadi persoalan, sebab jadwal kelas yang ada di Binar Academy sangatlah fleksibel. Bootcamp Binar Academy lebih banyak dilakukan secara online. Jadi kamu bisa belajar dari mana saja.

3. Skill dan Fasilitas yang Didapatkan sangat Lengkap

Di sini kamu akan dibimbing untuk menguasai berbagai skill mulai dari hard skill mulai dari Programming Introduction, Javascript Basic, Learning Drive, API Design, hingga soft skill seperti Growth Mindset, Critical Thinking, Problem Solving, Creative Thinking, Leadership hingga, Communication. Kamu juga akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti diskusi dengan fasilitator, materi dalam bentuk bacaan, video hingga audio/ podcast, quiz, project based learning, practical case study dan juga portfolio.

4. Kesempatan Bekerja Langsung

Binar Academy memiliki program Job connection untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Terdapat puluhan hiring partner Binar Academy dari berbagai industri Binar Academy yang siap menampung kamu ketika lulus dari pelatihan nanti. Jadi kamu tidak perlu bingung ingin bekerja dimana nantinya selama kemampuan kamu sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Materi yang Akan Kamu Pelajari di Bootcamp Front End Engineering Binar Academy

Selama 4 bulan pelatihan, kamu akan dibantu untuk menggali potensimu di bidang Front End Engineer melalui berbagai materi berikut:

  • Programming Introduction

Materinya mencakup Web Development (Pengantar), HTML dan CSS, Web Layout , Responsive Design, CSS Framework hingga GIT

  • Menguasai kemampuan dasar pengembangan front end dengan bahasa pemrograman Javascript

Materinya mencakup Struktur data, Operator & Expression, Basic Javascript Algoritma, dan DOM

  • Memahami konsep OOP dan mampu menjalankan script pada Node.JS

Materinya mencakup NODEJS, Eslint, Express.JS, Template Engine, dan Monolith Dashboard

  • Membuat tampilan web dinamis dengan menggunakan ReactJS

Materinya mencakup React JS Part 1, React JS Part 2, Asynchronous, Networking, danContext + API

  • Mampu mengelola data dengan menggunakan Redux State Management

Materinya mencakup Redux State Management 1 Redux State Management 2, Redux Middleware, dan Implementasi API ke redux

  • Mampu menggunakan sistem authentication dari backend dan melakukan testing

Materinya mencakup Autentikasi dan otorisasi, Authentication implementation, Oauth, dan Unit testing & TDD (Test Driven Development)

  • Mampu menampilkan dan mengolah berbagai format media

Materinya mencakup Media Handling, Data Visualization, SSR

  • Melakukan deployment

Materinya mencakup Web Socket, Deployment & CI/CD, Containerisation, Product class

Cicil Biaya Bootcamp Front End Engineering Binar Academy Dengan Danacita

Danacita adalah sebuah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau. Saat ini Binar Academy dan Danacita telah bekerjasama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau untuk kamu yang ingin mengambil bootcamp Front End Engineering

Bersama Danacita, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di Binar Academy Tanpa khawatir dengan kendala biaya.

Informasi selengkapnya klik di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

Default Avatar

Written By

Esa Tauran