Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Belajar Menjadi Network Engineer di Course-Net dapat Sertifikasi CCNA

2022-10-20

menjadi-network-engineer-di-course-net

Source: pexels

Saat ini kita hidup di era dimana internet sudah menjadi kebutuhan yang membantu kegiatan sehari-hari. Banyak aktivitas yang dilakukan melalui jaringan internet. Tak hanya orang awam saja, jaringan internet juga merupakan kebutuhan utama bagi banyak perusahaan. Kebutuhan akan jaringan internet yang baik akhirnya menghasilkan satu profesi yang disebut sebagai Network Engineer atau Insinyur Jaringan.

Apa itu Network Engineer dan bagaimana peluang karirnya di masa depan? Simak penjelasannya di artikel berikut.

Mengenal Profesi Network Engineer

Pengertian Network Engineer merujuk pada seorang profesional teknologi yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengawasi jaringan komputer yang mendukung layanan suara, data, video, dan jaringan nirkabel internal. Network Engineer juga biasa disebut sebagai arsitek jaringan.

Umumnya, tugas seorang Network Engineer adalah berfokus pada penyediaan infrastruktur jaringan ketersediaan tinggi untuk mempertahankan aktivitas teknologi informas. Selain itu, Network Engineer juga bertugas untuk memastikan semua sistem jaringan berfungsi dengan baik dan tujuan mendasar mereka adalah menyediakan infrastruktur jaringan, keamanan, dan kinerja maksimum kepada end user.

Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Seorang Network Engineer?

Sebagai profesi yang berhubungan dengan jaringan internet, hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang Network Engineer tentu saja pengetahuan akan jaringan yang kompleks dan teknologi itu sendiri. Di luar dari itu, Network Engineer juga diharuskan untuk memiliki keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengawasi jaringan komputer yang mendukung layanan suara, data, video, dan jaringan nirkabel internal untuk suatu organisasi.

Mereka juga harus dapat bekerja secara kolaboratif, serta menginstruksikan engineer dan staf pendukung lainnya untuk mengoperasikan jaringan. Mereka harus cukup fleksibel untuk bekerja dengan insinyur dan rekan bisnis yang mungkin tidak memiliki pemahaman tentang jaringan.

Sama seperti profesi lainnya, Network Engineer juga tidak hanya membutuhkan teknis saja, tetapi juga membutuhkan keterampilan dan kemampuan soft skills seperti analitis, kepemimpinan, organisasi, dan komunikasi. Perhatian terhadap detail dan kemampuan memecahkan masalah juga penting bagi seorang Network Engineer.

Bagaimana Peluang Karir Network Engineer?

Di dunia digital saat ini, teknologi semakin berkembang pesat setiap saat. Hal ini sejalan dengan permintaan akan kebutuhan tenaga ahli di bidang teknologi, salah satunya Network Engineer. Semua bisnis dari berbagai industri akan terus membutuhkan Network Engineer. Bahkan menurut Biro Statistik Tenaga Kerja A.S, peluang kerja untuk profesi Network Engineer akan tumbuh sebesar 5% dari 2020 hingga 2030.

Ada banyak pekerjaan Network Engineer yang tersedia saat ini, dimana perusahaan mencari profesional yang terampil, berbakat, dan bersertifikat yang dapat bekerja dengan kebutuhan proyek khusus mereka.

Dengan bertambahnya permintaan tenaga ahli di bidang Network Engineer, maka tak heran jika orang-orang saat ini mulai memilih untuk shifting career. Apakah kamu salah satunya?

Saatnya Belajar Network Engineering Lewat Course-Net

Course-Net adalah lembaga pendidikan teknologi informasi, yang memiliki pengajar (coach) kelas dunia dan didirikan pada tahun 2015. Course-Net menjadi satu-satunya tempat pelatihan IT di Indonesia yang memenangkan 3 penghargaan Internasional dalam 3 Tahun berturut-turut. KEtiga penghargaan tersebut adalah ECC Global Award Atlanta USA,tahun 2019, The Most Impactful IT Coaching 2020 dan EC-Council ATC Circle of Excellence 2021. Hal ini membuktikan jika Course-Net sangat unggul dalam bidangnya.

Course-Net menggabungkan materi Standar Internasional dari Cisco dengan kasus-kasus yang terjadi secara real di lapangan. Selain itu kamu juga akan belajar strategi praktis membangun sebuah Network Infrastructure yang Secure, Reliable dan Scalable dengan kapasitas hingga ribuan user.

Kenapa Kursus Network Engineering di Course-Net?

1. Bersertifikasi Internasional

Bootcamp Network Engineering di Course-Net bersertifikasi Cisco Internasional atau CCNA. CCNA Enterprise Collaboration (200-301) sendiri merupakan sertifikasi internasional Cisco tingkat pertama yang mengajarkan konsep jaringan komputer secara detail serta penerapannya dalam dunia enterprise yang kompleks

Sertifikasi CCNA menjadi standar minimal bagi setiap perusahaan mencari seorang Network Engineer. Jadi, dengan memiliki sertifikasi CCNA, kamu pasti akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Kurikulum Berstandar Internasional

Hanya di Course-Net kamu akan belajar Cisco CCNA dari Dasar Berstandar Internasional. Tak hanya berstandar nasional, materi yang kamu dapatkan di sini juga sesuai dengan standar kebutuhan industri. Dengan begini kamu akan memiliki gambaran nyata tentang industri di lapangan.

Beberapa materi yang akan kamu dapatkan di kelas ini antara lain:

  • Introduction to Networking Implementing Ethernet LANs
  • IPv4 Addressing
  • IPv6 Addressing
  • Implementing VLANs and STP
  • Wireless LANs
  • IPv4 Routing & IPV6 Routing
  • Dynamic Routing
  • IP Services
  • Security Services
  • Network Security Concept

3. Dibimbing Coach Kelas Dunia

Selama mengikuti kelas di Course-Net, kamu akan didampingi oleh seorang coach yang merupakan praktisi langsung, punya sertifikasi internasional dan memiliki prestasi hingga ke tingkat dunia. Melalui Coach kelas dunia yang ada di Course-Net, Anda akan dibimbing secara step by step mulai dari dasar hingga HANDS ON LAB menggunakan Cisco Real Equipment.

4. Memiliki Komunitas yang Luas

Setelah lulus dari Course-Net, kamu akan tergabung dalam komunitas untuk bisa saling berbagi informasi dan knowledge termasuk lowongan-lowongan pekerjaan yang ada.

5. Terdapat Program Job-Connector

Course-Net Indonesia telah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan besar di Indonesia dan siap menyalurkan Anda setelah lulus pelatihan di Course-Net. Sehingga ketika kamu berhasil mendapatkan skill sertifikat, Course-Net akan membantu Anda untuk menyalurkan ke perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Bayar Kursus Network Engineer di Course-Net Dengan Mudah Lewat Danacita

Ingin kursus Network Engineering di tapi terkendala dana? Kamu tidak usah khawatir, karena sekarang kamu bisa membayar biaya kursus di Course-Net dengan Danacita.

Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan ErudiFi, perusahaan berbasis teknologi dengan misi membangun masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak muda se-Asia Tenggara.

Danacita memberikan solusi bayar kuliah secara cicilan bagi mahasiswa dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan untuk mahasiswa aktif dan hingga 24 bulan khusus bagi mahasiswa baru. Syaratnya yang mudah dan telah diawasi oleh OJK, sehingga dijamin aman.

Ajukan biaya kuliahmu sekarang di sini

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

Default Avatar

Written By

Esa Tauran