Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Berbagai Inspirasi Serunya Organisasi Kemahasiswaan UNM

2022-03-17

unm-ukm.jpg

Mahasiswa UNM

Daftar isi

    Apa yang terlintas dibenak Sobat Danacita ketika mendengar istilah UKM? Yang dimaksud disini bukan Usaha Kecil Menengah ya, melainkan Unit Kegiatan Mahasiswa. Seperti ekstrakurikuler sewaktu di bangku sekolah dasar dan menengah, saat masuk ke perguruan tinggi pun kamu akan menemui pilihan kegiatan yang dapat diikuti sesuai minatmu. UKM adalah bagian dari organisasi kemahasiswaan yang dapat membantu perkembangan soft skills kamu di masa mendatang.

    Disana, kamu akan banyak mendapatkan pelatihan kepemimpinan dan belajar menjadi sebuah team yang solid untuk berhasil mewujudkan kepentingan bersama sesuai visi dan misi organisasi kemahasiswaan tersebut. Selain itu, tujuan organisasi mahasiswa juga sebagai wadah untuk melatih rasa percaya diri dan memperluas pergaulan dengan mahasiswa lainnya dari program studi dan fakultas yang berbeda.

    Hari ini kita akan membahas tentang beberapa keseruan dalam kegiatan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan tentunya sekilas prestasi-prestasi yang telah sukses mengharumkan nama kampus Universitas Nusa Mandi di Indonesia dalam artikel ini.


    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Nusa Mandiri (UNM) Tahun 2022 di Sini!


    Selayang Pandang Universitas Nusa Mandiri

    Ingin turut berpartisipasi dalam pembangunan nasional melalui pembentukan insan yang cerdas dan berkompetensi tinggi di era teknologi, Universitas Nusa Mandiri terbentuk pada 8 Agustus 2001 di bawah naungan Yayasan Indonesia Mandiri. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri atau Universitas Nusa Mandiri mengantongi izin untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 17/DO/2003.

    Awalnya, program studi Universitas Nusa Mandiri (UNM) hanya diperuntukkan untuk program studi Strata Satu (S1). Setelah 7 tahun berdirinya, pada 27 Agustus 2008, Universitas Nusa Mandiri akhirnya memperluas cakupan mereka dengan program studi pascasarjana (S2) bernomor izin 2858/D/T /2008. Hingga kini, terdapat 2 fakultas dan 7 program studi di Universitas Nusa Mandiri dengan 5 lokasi kampus utama, yaitu: Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jawa Barat, Banten, dan Jakarta Selatan. Inovasi program studi dan sarana pendidikan akan terus dilakukan agar bersinergi dengan kebutuhan industri dan masyarakat di masa mendatang.

    Tak hanya membekali mahasiswa-mahasiswi mereka dengan wawasan akademik, sarana pengembangan diri juga tersedia dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi kemahasiswaan untuk mengasah minat dan bakat mahasiswa serta soft skills mereka di luar kegiatan kampus. Jangan salah, kegiatan mahasiswa UNM telah banyak sekali menorehkan prestasi dan mengharumkan nama kampus bahkan dalam situasi pandemi.

    Sudah penasaran banget kan untuk intip berjibun prestasi dan kegiatan seru organisasi kemahasiswaan UNM? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

    Organisasi Kemahasiswaan UNM Kenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa dalam Penyambutan Mahasiswa Baru

    Kegiatan masa orientasi mahasiswa baru tidak lengkap tanpa ajang unjuk gigi berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus. Di tahun 2020, mahasiswa UNM menggelar Extravaganza Ormawa dengan mengambil tema ‘FLASH’ (Fun, Collaborate, Action, Society and Humanity). Kegiatan ini menyajikan pengenalan 10 elemen organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus UNM, yaitu: Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencak silat, taekwondo, mahasiswa pencinta alam, futsal, musik, rohani Islam, dan rohani Kristen. Tujuan organisasi mahasiswa disini berfungsi sebagai wadah untuk menampung potensi mahasiswa di bidang yang mereka sukai sekaligus meningkatkan bakat mereka.


    Kamu mungkin tertarik untuk membaca Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di UNM (Universitas Nusa Mandiri)


    5 Atlet Pencak Silat UNM Boyong Medali Emas di Kejuaraan Internasional Tahun 2022

    Pencak Silat Paku Bumi Open (PBO) adalah ajang kejuaraan pencak silat internasional yang diadakan oleh perguruan silat Paku Bumi. PBO ke 9 tahun ini berlangsung di GOR Institut Teknologi Bandung (ITB) dari 25 Februari sampai 27 Februari 2022. Peserta dari kalangan mahasiswa yang mengikuti kompetisi mencapai 271 orang dengan total 3000 atlet pencak silat di jenjang pendidikan lainnya (SMP/SMA/SMK/Sederajat).

    Tidak mau kalah, UNM pun ikut mengirimkan pasukannya. Siapa sangka 5 atlet dari Unit Kegiatan Mahasiswa pencak silat UNM berhasil menyabet medali emas kategori dewasa putri dan dewasa putra. Mereka adalah Mashabi Nur Muhammad, Rizki Budianto, Nur Khofifah, Muhamad Fikri, dan Ichtiar Akbar Sakti. Hasil yang didapat juga berasal dari jerih payah mahasiswa-mahasiswi untuk giat mempersiapkan diri sebelum pertandingan sejak Januari lalu bahkan di situasi pandemi dan tanpa kendor protokol kesehatan. Keren banget, bukan?

    Aksi Tanam Pohon Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Dhinakara Adventure UNM

    Hari ulang tahun (HUT) berbagai organisasi kemahasiswaan tidak lengkap tanpa adanya kegiatan seru untuk merayakannya. UKM mahasiswa pecinta alam UNM misalnya memperingati bertambahnya umur Mapala Dhinakara Adventure dengan aksi penanaman 100 bibit pohon di Kawasan Gunung Luhur, Bogor pada 20-21 Oktober 2018. Kegiatan ini adalah komitmen UKM mapala UNM untuk turut serta menjaga alam, utamanya pegunungan yang berpotensi tinggi mengalami bencana longsor. Selain itu, diharapkan juga bahwa dengan adanya pohon-pohon ini juga dapat membantu melindungi pemukiman warga di bawah kaki gunung terhindar dari bahaya. Sembari melakukan aksi tanam pohon ini, mahasiswa juga dibekali pelatihan mountaineering, navigasi darat, dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat oleh ahlinya. Tak hanya menyalurkan hobi eksplorasi alam, mahasiswa UKM mapala juga dilatih untuk memiliki kemampuan bertahan hidup di situasi genting ketika mereka di alam liar.

    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UNM Raih 6 Medali dalam Kejuaraan Invitasi Taekwondo Waterfall 2021

    Tak hanya UKM pencak silat yang menjadi langganan peraih emas, UKM taekwondo juga salah satu organisasi kemahasiswaan kebanggaan UNM lho. pada April 2021, 6 delegasi taekwondo UNM memborong medali Kejuaraan Invitasi Taekwondo Waterfall 2021 di kelas fighter(bertarung) dan poomsae (peragaan jurus). Kompetensi di tingkat provinsi ini diikuti oleh 57 mahasiswa. Keenam atlet UKM taekwondo UNM berhasil meraih 3 medali emas dan 3 medali perak. Atlet-atlet tersebut adalah Rahmadewi Serinia, Rina Agustina, Yusuf Khoirul, James Winson R P, Gilang Rahmansyah, dan Maria Emeralda.

    Dibalik pencapaian organisasi kemahasiswaan UNM, tentunya ada faktor pendorong yang memicu semangat mereka untuk selalu berprestasi. Dukungan pihak kampus memberikan andil yang besar dalam segala kegiatan mahasiswa di luar kampus. Tak hanya menciptakan generasi yang unggul dalam bidang akademik namun juga non-akademik, prestasi-prestasi yang diraih mahasiswa juga turut memberikan citra baik pada kampus UNM. Terlepas dari menang kalah juga terdapat pelajaran berharga bagi para mahasiswa/i untuk tidak pernah putus asa dan tidak takut mencoba.

    Jadi, bagaimana nih dengan Sobat Danacita yang masih ragu-ragu untuk ikut organisasi kemahasiswaan? Ada berbagai manfaat yang dapat kamu raih dengan berpartisipasi dengan mengikuti kegiatan mahasiswa. Dari belajar bersosialisasi hingga saling bersinergi antar anggota untuk mencapai tujuan bersama seperti terlaksananya suatu event atau meraih kejuaraan, yuk belajar berorganisasi dari unit terkecil di lingkungan sekolah.

    SEO-KontakDanacita-CS.jpg

    📞Klik banner diatas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UKM di UNM Universitas Nusa Mandiri
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria