Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Cara Pintar Untuk Bisa Berkuliah di Jurusan Impian Saat Terhalang Oleh Biaya Pendidikan

2022-03-21

Daftar isi

    Saat menentukan jurusan kuliah memang merupakan masa krusial yang bisa menentukan perjalanan kuliah sampai karir mahasiswa kedepannya. Karena hal inilah calon mahasiswa harus menentukan dengan baik jurusan yang ingin diambil. Sebisa mungkin kamu harus menghindari mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan, seperti misalnya karena tuntutan dari orang tua atau karena adanya halangan biaya pendidikan di jurusan yang kamu impikan dan minati.

    Misalnya, ketika kamu minat di jurusan kedokteran, tetapi pada akhirnya kamu malah mengambil jurusan lain dengan alasan biaya untuk berkuliah kedokteran sangat tinggi dan keluargamu sulit untuk menyanggupinya. Dalam mengatasi hal ini, kamu harus menyusun strategi yang tepat agar kamu tidak perlu mengorbankan keinginan dan bisa melanjutkan berkuliah di jurusan yang diimpikan, berikut ini caranya.

    Berusaha Untuk Bisa Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri

    Di Indonesia, memang pada kenyataannya mayoritas calon mahasiswa masih mengincar PTN untuk menjadi kampus tujuan mereka. Hal ini dikarenakan banyak faktor, seperti kualitas atau akreditasi PTN yang sudah terbukti, sarana atau fasilitas kampus yang lebih baik sampai karena biaya yang dibutuhkan lebih rendah bila dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta. Tidak jarang banyak mahasiswa yang mencoba berbagai ujian masuk bahkan sampai ada yang memutuskan untuk gap year untuk mencoba ujian masuk di tahun berikutnya agar bisa berkuliah di PTN.

    Biaya kuliah di PTN bisa lebih rendah karena adanya subsidi dari pemerintah di mana UKT di tiap semesternya ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi masing-masing mahasiswa. Subsidi ini hanya berlaku untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Bila kamu ingin tetap bisa berkuliah di jurusan impian dengan biaya yang tidak mengintimidasi, cara paling umum yang bisa dicoba adalah kamu harus berusaha dan berjuang keras agar bisa berkuliah di PTN.

    Membuat Backup Plan Jurusan atau Kampus

    Source: Unsplash.com/Green Chameleon

    Sebelum berkuliah, memang biasanya calon mahasiswa punya target tujuan kampus dan jurusan yang mereka ingin capai. Namun, kamu tetap perlu membuat backup plan jurusan atau kampus. Tentunya diperlukan strategi cerdas, seperti tetap memilih jurusan sama di kampus lain dan pastikan kualitasnya juga sama baiknya serta biaya yang terjangkau olehmu.

    Selain itu, pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah tetap memilih kampus yang sama, tapi mengganti jurusan yang dituju dengan jurusan lain yang tentunya harus kamu minati juga. Kamu bisa saja melakukan ini selama tidak mengorbankan jurusan keinginan karena kampus tersebut menyediakan sistem pembayaran yang tidak memberatkan para mahasiswa. Selalu ingat bahwa prioritasmu adalah untuk bisa berkuliah di jurusan impian dengan biaya yang tidak membebankan kamu dan keluarga.

    Kamu juga bisa baca: Cicilan Pendidikan Sebagai Jembatan Investasi Diri di Masa Depan

    Mencari Beasiswa

    Cara lain yang kamu bisa lakukan untuk bisa berkuliah di jurusan impian saat terhalang biaya pendidikan adalah dengan berusaha mencari beasiswa. Biasanya, saat ingin menjadi calon mahasiswa baru, kamu bisa mengajukan Bidikmisi yang disediakan pemerintah.

    Selain Bidikmisi, saat ini juga sudah banyak beasiswa yang ditawarkan, baik itu dari kebijakan kampus sampai ada juga perusahaan yang menyediakan. Masing-masing persyaratannya berbeda dan ditentukan sesuai kebijakan penyedianya. Maka dari itu kamu harus aktif dan melek info tentang beasiswa. Bila berhasil mendapatkannya, kamu bisa tetap berkuliah di jurusan impian dan kamu bisa terbantu untuk membayar biaya kuliah sehingga meringankan bebanmu.

    Mencoba Pengajuan Pembiayaan Pendidikan

    Hal lain yang bisa kamu coba untuk tetap berkuliah di jurusan impian meski terhalang biaya adalah dengan mencoba mengajukan pembiayaan pendidikan. Sudah banyak lembaga yang memberikan layanan ini, seperti dari bank-bank pemerintah maupun lembaga non pemerintah. Hal yang mesti diingat sebelum mencoba mengajukan adalah kamu harus melakukan riset yang dalam terlebih dahulu sehingga lembaga yang kamu tuju sudah pasti aman dan terpercaya.

    Kamu harus pintar-pintar mencari dan memilih lembaga penyedia pembiayaan pendidikan, karena bila tidak disiapkan dengan benar bisa saja malah bisa menambah bebanmu saat masa pelunasannya.

    Bisa dibaca: Tips Atur Keuangan Untuk Mahasiswa dan Orang Tua yang Mengajukan Cicilan Kuliah

    Jika kamu berencana untuk mengambil pembiayaan pendidikan, layanan yang aman dan terpercaya yang bisa menjadi pilihanmu adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri