Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Terbaru! Penjelasan, Prospek Kerja dan Biaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

2022-11-18

blog-danacita-prospek-dan-biaya-feb-universitas-pancasila

Daftar isi

    Mengenal Universitas Pancasila

    Universitas Pancasila adalah salah satu universitas swasta Indonesia yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kampus ini berdiri pada tanggal 28 Oktober 196 dan merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

    Penamaan Universitas Pancasila yang diambil dari ideologi bangsa Indonesia bukanlah sekedar tanda pengenal dan pembeda dari Universitas-universitas lainnya. Akan tetapi nama ini memiliki kedalaman arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

    Berangkat dari visi tersebut, Universitas Pancasila berniat dan beritikad untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang berjiwa Pancasila, memiliki nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan serta kemampuan berkomunikasi, dan kesadaran ekologi guna pembangunan dan pembinaan bidang hukum, ekonomi dan ekologi untuk menunjang pembangunan.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Prospek Kerjanya

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) merupakan salah satu fakultas yang pertama kali hadir di Universitas Pancasila. Tujuan dari fakultas ini didirikan adalah salah satunya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai Praktisi dan Konsultan di tingkat Nasional maupun Internasional bidang Manajemen Bisnis, Perpajakan dan Akuntansi yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional dan memiliki etika moral pancasila berbasis teknologi informasi.

    FEB Universitas Pancasila memiliki 4 program studi yang terdiri dari dua program jenjang S1 dan 2 program jenjang D3.

    1. S1 Manajemen

    Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Pancasila bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Manajemen Bisnis yang berorientasi kewirausahaan dan dapat bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila berbasis Teknologi Informasi.

    Di Prodi ini kamu akan belajar banyak mengenai Manajemen, mulai dari Pengantar Manajemen, Pengantar Kewirausahaan, Mikro & Makro Ekonomi, Manajemen Pemasaran, Analisis Kinerja hingga Manajemen Keuangan Internasional dan masih banyak lagi. Total terdapat 145 SKS yang akan kamu tempuh selama 8 semester

    Sebagai prodi yang berorientasi pada kewirausahaan, tak heran jika profil lulusan prodi ini tersebar ke berbagai industri seperti BUMN, Pemerintahan, Wirausaha, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional.

    2. S1 Akuntansi

    Prodi satu ini dihadirkan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan tinggi di bidang pelaporan keuangan entitas bisnis yang akuntabel dan inovatif berbasis teknologi informasi. Sehingga setelah lulusa nanti kamu akan menjadi seorang Akuntan yang memiliki kemampuan dasar dalam bidang audit laporan keuangan dan reporting entitas bisnis yang memiliki sikap dan kepribadian berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.

    Kurikulum Prodi Akuntansi memiliki 145 sks yang terbagi menjadi 8 semester. Semester 1 dan 2 kamu akan belajar Kompetensi Dasar (Basic Science Accounting dan mata kuliah umum). Di Semester 3 & 4 kamu sudah menerima Kompetensi Pelaporan Keuangan dan Perhitungan Biaya. Kemudian semester 5 & 6 Kamu belajar mengenai Kompetensi Pemeriksaan Laporan Keuangan dan Konsolidasi Pelaporan Keuangan. Di semester 7 & 8 kamu akan mendapatkan Kompetensi dalam Konsep teoritis mengenai pemeriksaan dan pelaporan bisnis entitas untuk melakukan riset dalam kajian bidang audit dan pelaporan entitas bisnis.

    Dengan berbagai skill yang kamu miliki ini, setelah lulus kamu dapat bekerja sebagai Akuntan publik, Akuntan internal, Auditor internal, Konsultan akuntansi dan keuangan (di bidang Sistem Informasi, Perpajakan, Akuntansi maupun Manajemen), Akuntan Wirausaha, dan masih banyak lagi.

    3. D3 Akuntansi

    Tujuan dari prodi D3 akuntansi ini adalah menghasilkan lulusan ahli madya akuntansi yang ahli di bidang penyusunan laporan keuangan entitas bisnis, berorientasi kewirausahaan dan mampu mengikuti perkembangan Iptek berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.

    Berbeda dengan S2 akuntansi, beban studi yang harus ditempuh di jenjang D3 ini untuk dapat menyelesaikan studi sebanyak 109 SKS saja yang ditempuh dalam waktu 6 semester. Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu dapatkan di prodi ini antara lain Pengantar Akuntansi, Pengantar Bisnis, Praktikum Akuntansi Jasa dan Dagang, Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, AKuntansi Perpajakan, dan masih banyak lagi.

    Lulusan Program Studi Akuntansi D3 Universitas Pancasila memiliki profil lulusan antara lain sebagai Penyusun laporan keuangan pada sektor bisnis, atau Asisten auditor dalam jasa audit sektor


    Baca juga: 4 Alasan Terbaru Kenapa Harus Kursus Bahasa Inggris Di EF


    4. D3 Perpajakan

    Prodi ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa/ peserta didik menjadi tenaga-tenaga yang handal (kompeten) baik secara konseptual maupun secara praktikal, yang memacu intelegensi, berfikir secara mendalam dan siap berprestasi dalam bidang perpajakan.

    Kurikulum prodi D3 Perpajakan memiliki 110 SKS yang ditempuh dalam 6 Semester. Beberapa materi dan mata kuliah yang akan kamu dapatkan di prodi ini antara lain Pengantar Perpajakan, Akuntansi Biaya, Penagihan Pjk & Peradilan Pjk, Bea Cukai, Pajak Internasional, dan masih banyak lagi.

    Program Studi D3 Perpajakan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam perencanaan, pelaporan, analisis, konsultansi, pendampingan, dan penyidikan pajak, dengan keahlian spesifik pada bidang SME taxation, corporate taxation, employment taxes, dan international taxation.

    Selain kelas reguler, FEB Universitas Pancasila juga memiliki program Kelas Internasional dan Unggulan. Untuk informasi lengkap seputar FEB Universitas Pancasila, klik di sini.

    Biaya Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

    Berikut rincian biaya kuliah di FEB Universitas Pancasila

    Prodi S1 Manajemen S1 Akuntansi D3 Akuntansi D3 Perpajakan
    Semester 1 Rp. 16,025,000 Rp. 16,025,000 Rp. 7,825,000 Rp. 9,600,000
    Semester 2 Rp. 16,025,000 Rp. 16,025,000 Rp. 7,825,000 Rp. 9,600,000
    Semester 3 Rp. 15,675,000 Rp. 15,675,000 Rp. 8,125,000 Rp. 8,225,000
    Semester 4 Rp. 15,675,000 Rp. 15,675,000 Rp. 8,125,000 Rp. 8,225,000
    Semester 5 Rp. 7,825,000 Rp. 7,825,000 Rp. 7,625,000 Rp. 6,587,500
    Semester 6 Rp. 7,825,000 Rp. 7,825,000 Rp. 7,625,000 Rp. 6,587,500
    Semester 7 Rp. 7,825,000 Rp. 7,825,000 - -
    Semester 8 Rp. 7,825,000 Rp. 7,825,000 - -
    Total Rp. 94,700,000 Rp. 94,700,000 Rp.47,150,000 Rp. 48,825,000

    Catatan:

    1. Biaya belum termasuk biaya Daftar Ulang per tahun, biaya Bimbingan Skripsi dan Wisuda, dan Ijazah
    2. Biaya sudah termasuk biaya kursus bahasa Inggris LIA Level 1 sampai dengan Level 4 tingkat dasar, Jaket Almamater, dan Asuransi selama kuliah di Universitas Pancasila

    Bayar Biaya Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Menggunakan Danacita

    Kesempatan untuk kamu berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan Universitas Pancasila telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di FEB Universitas Pancasila Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Universitas Pancasila adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa Universitas Pancasila. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di STMIK Likmi tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!