Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Biaya Kuliah Arsitektur dan Rekomendasi Kampus

2022-09-10

biaya-kuliah-arsitektur-dan-rekomendasi-kampus.jpg

Ilustrasi Hasil Pekerjaan Lulusan Arsitektur. Source: flickr.com

Hobi menggambar sering kali dikaitkan dengan jurusan Arsitektur. Padahal untuk menjadi seorang arsitek tidak cukup hanya dengan memiliki keahlian menggambar. Perlu beberapa kemampuan pendukung untuk menunjang pekerjaan seorang arsitek.

Jalan menjadi seorang arsitek tidaklah mudah. Kamu harus menempuh pendidikan tinggi dan menciptakan karya gambar bangunan agar bisa menjadi arsitek yang berkompeten. Apa saja perguruan tinggi yang memiliki program studi arsitektur dan berapa biaya kuliah arsitektur? Berikut informasinya.

Pentingnya kuliah jurusan Arsitektur

Meskipun arsitektur merupakan bagian dari jurusan Teknik, faktanya untuk menjadi seorang arsitek juga dibutuhkan pemahaman akan nilai-nilai seni. Selain bangunan terasa nyaman tetapi juga harus terlihat estetik agar menarik perhatian.

Terdapat beberapa alasan mengapa kamu harus kuliah jurusan arsitektur. Di antaranya yaitu:

  1. Makin banyak permintaan hunian yang nyaman dan indah di mata membuat seorang arsitektur dicari-cari untuk mendesain rumah impian setiap orang.
  2. Saat ini banya sekali perusahaan-perusahaan developer perumahan yang membutuhkan jasa arsitektur untuk mengembangkan kawasan hunian yang nyaman dan menarik. Selain itu, perusahaan kontraktor juga gencar mencari jasa arsitektur untuk memenuhi permintaan klien mereka.
  3. Sebagai seorang arsitektur kamu juga bisa membuka bisnis kontraktor sendiri berbekal kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa memainkan beberapa peran seperti arsitek, cost estimator, construction documentary, building controller, dan lain sebagainya.
  4. Saat ini pemerintah juga sedang gencar membangun hunian yang ramah lingkungan seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di antara posisi yang bisa kamu isi adalah staf tata bangunan dan perumahan.
  5. Ingin bekerja di perusahaan media? Bisa banget. Kamu bisa menjadi seorang jurnalis berbekal pengetahuan, pengalaman, dan ketertarikan di bidang desain dan rancang bangun.

Prospek kerja jurusan Arsitektur

Tertarik untuk menjadi seorang arsitektur? Jika iya, maka selamat. Karena lulusan arsitektur sangat ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan. Mulai dari permintaan individu, perusahaan pengembang, hingga kontraktor.

Selain itu, pekerjaan seorang arsitektur tidak melulu soal bangunan. Seorang arsitektur juga bisa terjun ke bisnis kebutuhan lanskap, seperti tanaman taman, pot hias, material paving, dan lain-lain.

Biaya kuliah jurusan Arsitektur di UNTAR

Universitas Tarumanagara (UNTAR) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua yang ada di Indonesia. Berawal dari berdirinya Yayasan Tarumanagara pada tanggal 18 Juni 1959 hingga berdirinya Sekolah Kejuruan Teknik Arsitektur pada tanggal 15 Oktober 1959.

Program studi Arsitektur UNTAR memiliki predikat A yang telah terakreditasi oleh BAN-PT. Bidang keahlian yang akan dibekali untuk mahasiswa antara lain Perancangan Bangunan, Perancangan Ruang Dalam, Perancangan Masterplan, Peneliti Bidang Arsitektur dan Perkotaan, Perancangan dan Penelitian Kawasan Pemugaran.

Selain itu, kurikulum pembelajaran memang dirancang agar mahasiswa mampu berpikir kritis dan komprehensif dengan menempatkan arsitektur sebagai bagian dari ekologi perkotaan (urban ecology), kemajuan teknologi digital, dan komputasi arsitektural. Adapula soft skill yang ditanamkan pada mahasiswa seperti sifat integritas, profesionalitas, dan berjiwa wirausaha.

Lantas berapa besaran biaya kuliah arsitektur yang ditawarkan kampus Jakarta ini? Berikut rinciannya.

Biaya kuliah arsitektur UNTAR mencakup biaya SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan), BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan), dan SKS (Satuan Kredit Semester). Berikut besarannya.

SPP sebesar Rp45.000.000

BPP sebesar Rp13.000.000

SKS sebesar Rp400.000 per SKS

Diperkirakan membutuhkan setidaknya Rp148.600.000 untuk menyelesaikan studi.

Biaya Kuliah Jurusan Arsitektur di UNNES

Jurusan Arsitektur di UNNES awalnya lahir dari Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang yang telah berdiri pada tahun 1982. Saat dikukuhkan pada tahun 1996 sebagai program studi, Teknik Sipil hanya membawahi satu program studi yaitu Pendidikan Teknik Bangunan.

Kemudian pada tahun 1998, Jurusan Teknik Sipil membuka program studi baru yaitu D3 Teknik Sipil. Hingga akhirnya pada tahun 2010, Jurusan Teknik Sipil membuka program studi S1 Teknik Arsitektur.

Saat ini, Teknik Arsitektur UNNES telah memiliki predikat B dan berlokasi di Gedung E3-E4 Kampus UNNES, Sekaran, Gunungpati, Semarang. Lalu, berapa biaya kuliah arsitektur yang harus dikeluarkan di UNNES? Berikut rinciannya.

Biaya kuliah arsitektur UNNES menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sejak tahun 2015/2016. Besaran biaya kuliah tergantung dari golongan yang didapatkan. Golongan tersebut ditentukan berdasarkan kondisi kemampuan ekonomi mahasiswa. Berikut daftarnya.

Golongan 1 sebesar Rp500.000

Golongan 2 sebesar Rp1.000.000

Golongan 3 sebesar Rp3.300.000

Golongan 4 sebesar Rp4.400.000

Golongan 5 sebesar Rp5.500.000

Golongan 6 sebesar Rp7.150.000

Golongan 7 sebesar Rp8.250.000

Biaya Kuliah Jurusan Arsitektur di UPJ

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. Program studi Arsitektur UPJ berhasil meraih predikat B yang telah terakreditasi oleh BAN-PT.

Program studi Arsitektur UPJ memiliki visi secara umum menjadi program studi yang unggul dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang arsitektur dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan, pelopor kesejahteraan di Asia Tenggara. Terakhir, berapa besaran biaya kuliah arsitektur di UPJ? Berikut rincianya.

Biaya kuliah arsitektur UPJ mencakup Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), Satuan Kredit Semester (SKS) Kelas, dan Satuan Kredit Semester (SKS) Praktik. Berikut besarannya.

SPP sebesar Rp4.000.000

SKS Kelas sebesar Rp270.000

SKS Praktik sebesar Rp350.000

Itu dia besaran biaya kuliah arsitektur yang harus kamu keluarkan pada beberapa kampus yang direkomendasikan. Gunakan Danacita jika kamu mengalami kesulitan pembayaran biaya kuliah. Danacita memberikan penawaran bantuan biaya pendidikan dengan cara dicicil. Tenor yang diberikan mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

Jangan sampai biaya pendidikan jadi penghambat keinginanmu menjadi seorang Arsitektur. Daftar Danacita di halaman Universitas Tarumanagara , Universitas Negeri Semarang (UNNES) , & Universitas Pembangunan Jaya (UPJ).

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

UPJ biaya kuliah jurusan arsitektur UNNES UNTAR
Default Avatar

Written By

Esa Tauran