Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi dan Rekomendasi Kampus

2022-09-09

Daftar isi

    Ada banyak alasan memilih kuliah Ilmu Komunikasi. Bagi kamu yang akan berkuliah dan bingung mengambil jurusan apa, kuliah Ilmu Komunikasi bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Jurusan ini juga cukup populer di Indonesia dan tersedia di universitas-universitas negeri maupun swasta.

    Kuliah Ilmu Komunikasi memiliki banyak kelebihan yang akan membuat kamu merasa semakin yakin untuk mengambil jurusan ini. Pada dasarnya, jurusan ini dirancang untuk mengajarkanmu tentang komunikasi yang efektif dan bagaimana menerapkannya ke bidang-bidang seperti media, hukum dan bisnis. Jika kamu suka menyampaikan gagasan dengan jumlah audiens besar atau suka menulis opini kritis tentang berbagai fenomena yang ada di dunia, jurusan ini akan cocok untukmu!

    Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari baik itu komunikasi secara langsung maupun melalui media. Walaupun demikian, tidak semua orang memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar. Untuk itulah, ilmu komunikasi ini akan membantumu untuk berkomunikasi dengan baik sehingga akan memberikan banyak manfaat.

    Mulai tertarik memilih kuliah Ilmu Komunikasi? Agar lebih yakin, yuk kita ketahui lebih lanjut mengenai jurusan ini!

    Prospek Kerja Kuliah Ilmu Komunikasi

    Salah satu keuntungan kuliah di kuliah Ilmu Komunikasi adalah prospek kerja yang sangat luas. Kamu bisa bekerja di dunia bisnis, media, hingga kreatif. Berikut beberapa prospek kerja kuliah Ilmu Komunikasi:

    1. Copywriter

    Kamu tertarik dalam dunia kepenulisan? Nah, saat memilih kuliah Ilmu Komunikasi, kamu bisa menjadi seorang copywriter, lho. Copywriter sendiri adalah kegiatan menulis teks menarik dalam kegiatan pemasaran atau iklan yang bertujuan untuk dapat mempersuasi pelanggan untuk melakukan sesuatu. Biasanya seorang copywriter menggunakan media tulis untuk mempromosikan produk, seperti situs web, iklan, dan kampanye.

    Selain itu, pekerjaan ini memiliki beberapa tanggung jawab seperti, menghasilkan konten tertulis yang menarik, menafsirkan arahan tim kreatif dan mengubahnya menjadi konsep teks yang persuasif.

    2. Content Writer

    Masih berhubungan dengan tulis menulis, pekerjaan selanjutnya yaitu content writer. Content writer adalah seseorang yang membuat konten tulisan dengan berbagai bentuk, seperti artikel atau cerita yang bersifat informatif dan menghibur. Tugas utama dari seorang content writer adalah membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis atau brand dengan memberikan informasi yang menarik dan berharga kepada mereka melalui konten tulisan.

    3. Human Resource Development (HRD)

    Tidak hanya lulusan psikologi saja yang bisa berkarir di bidang HRD. Prospek kerja ini sangat mungkin untuk diambil oleh seorang lulusan ilmu komunikasi. Hal ini karena dalam ilmu yang dipelajari, jurusan ini juga mempelajari interaksi manusia dan hubungannya dengan organisasi.

    Pekerjaan bidang HRD ini bertanggung jawab sebagai fungsi komunikasi intensif utama dalam organisasi. Jika posisinya sebagai staf maka umumnya ditugaskan untuk mengarahkan karyawan baru, mengembangkan program pelatihan, menyampaikan kebijakan kepada staf, dan membuat buletin karyawan.

    4. Social Media Manager

    Pekerjaan mengelola media sosial sangat erat kaitannya dengan komunikasi karena harus menyampaikan informasi kepada orang banyak. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lulusan kuliah Ilmu Komunikasi yang telah dilatih untuk menganalisis pola komunikasi, memiliki prospek kerja yang baik untuk membantu perusahaan mengoptimalkan brand mereka di media sosial.

    Manajer media sosial juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik agar dapat menarik pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, untuk mengikuti perusahaannya.

    5. Program Director

    Program director menjadi prospek kerja kuliah Ilmu Komunikasi yang tingkatan karirnya diisi oleh mereka yang sudah berpengalaman. Mereka merupakan para spesialis yang memiliki peran penting dalam memimpin program televisi atau radio, baik yang disiarkan secara langsung atau tidak.

    Program director juga bertugas untuk membuat inovasi serta rancangan acara baru bila memang sedang diperlukan oleh perusahaan. Untuk menjadi program director, lulusan ilmu komunikasi harus memiliki pengalaman yang memadai di bidang broadcasting dan producing.

    Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi di UNISBA

    Universitas Islam Bandung (UNISBA) merupakan salah satu sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Kota Bandung yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi di UNISBA memiliki satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Komunikasi dengan 3 (tiga) bidang kajian, yakni Ilmu Jurnalistik, Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relations), dan Manajemen Komunikasi.

    Untuk biaya kuliah per semester di UNISBA berbeda untuk setiap jurusannya, begitu juga dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Berikut rincian lebih lengkapnya:

    • IPU atau Infak Pengembangan Universitas Rp 7.200.000 (2x cicilan).
    • IPF atau Infak Pengembangan Fakultas Rp 5.700.000.
    • IKT atau Infak Kuliah Tetap Rp 6.600.000/tahun.
    • ISKS atau Infak Satuan Kredit Semester Rp 250.000.

    Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi di UMBY

    Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia merupakan fakultas yang baru dibuka oleh UMB Yogya sejak TA 2010/2011 dan saat ini telah melaksanakan perkuliahan. Berdirinya fakultas ini dilandasi oleh semakin berkembangnya kemajuan ilmu komunikasi khususnya bidang broadcasting, public relation, marketing communication dan advertising, serta visual communication seiring dengan peningkatan kebutuhan tenaga kerja di bidang tersebut.

    Berikut rincian biaya kuliah Ilmu Komunikasi di UMBY:

    • Biaya registrasi sebesar Rp.350.000/per semester.
    • Biaya SPP per SKS Rp.190.000.
    • Biaya KKN Rp1.100.000.
    • Biaya Wisuda Rp2.200.000.
    • Biaya LSP Rp700.000

    Biaya Kuliah Ilmu Komunikasi di UPJ

    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) merupakan perguruan tinggi swasta yang juga memiliki Ilmu Komunikasi. Untuk kamu yang belum tahu, PT. Pembangunan Jaya ini juga pengembang properti terkemuka lho di Indonesia. Kampus yang berdiri sejak tahun 2011 ini memiliki Ijin Operasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Nomor 38/D/O/2011 pada tanggal 25 Februari 2011 dan didukung penuh kelompok usaha Pembangunan Jaya.

    Berikut rincian biaya kuliah Ilmu Komunikasi di UPJ:

    • Biaya SPP Rp.3.7500.000 x 21 SKS
    • Total Biaya Semester 1 Rp.9.420.000.

    Pendaftaran Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di UNISBA, UMBY, dan UPJ Menggunakan Danacita

    Bagi kamu yang ingin kuliah di UNISBA, UMBY, dan UPJ, Danacita menyediakan opsi pembayaran kuliah lewat Program Dana Talangan yang bertujuan untuk membantu kamu membayar biaya kuliah di universitas tersebut secara bertahap. Dengan begitu, kamu bisa mulai atau lanjut kuliah di UNISBA, UMBY, dan UPJ hingga Sarjana.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!