Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Kamu suka Database Engineering? Yuk gabung ke Binar Backend Engineering Bootcamp

2022-10-10

bootcamp-backedn-engineering-binar

Source: Binar Academy

Apa itu Back End Engineering?

Back End Engineering adalah seseorang yang bertugas untuk merancang, membangun, dan memelihara sebuah aplikasi atau website dari sisi server. Dengan kata lain, tanggung jawab utama seorang backend engineer adalah membangun struktur aplikasi perangkat lunak.

Salah satu fungsi utama seorang back end engineering dalam tim pengembangan perangkat lunak adalah menulis logika bisnis, skrip server, dan API yang nantinya akan digunakan lebih lanjut oleh pengembang dan anggota tim lainnya.

Dalam kesehariannya sendiri, back end engineering akan mengoptimalkan server untuk kecepatan dan stabilitas, memastikan strukturnya aman, dan menghasilkan pustaka kode yang dapat digunakan kembali dan solusi penyimpanan data. Tidak peduli seberapa estetis UI dari sebuah website, ada banyak hal yang harus diselesaikan dari sisi server, dan back end engineer memastikan bahwa pengguna meninggalkan situs web atau aplikasi Anda dengan puas.

Kenapa Harus Menjadi Back End Engineering?

1. Salah Satu Profesi yang Krusial di Team IT

Back End Engineering memiliki seperangkat keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efisien. Dialah yang menentukan jalur untuk tim perangkat lunak. Seorang back end engineering mengawasi pembangunan struktur yang dimiliki sebuah aplikasi perangkat lunak. Selain itu, dia juga menghabiskan waktu untuk menulis skrip server dan API yang nantinya akan digunakan oleh front end engineering dan UI/ UX designer.

2. Dibutuhkan oleh Semua Industri

Karena back end engineering memegang peranan penting dalam tim pengembang, maka tentu profesi ini sangat dibutuhkan oleh semua industri. Back end engineer tidak hanya menjadi pelengkap tim saja, tetapi menjadi salah satu posisi yang sangat krusial.

3. Memiliki Prospek Karir yang Luas dan Fleksibel

Hampir sama dengan profesi di bidang IT dan teknologi lainnya, back end engineering juga memiliki prospek karir yang sangat luas. Selain bisa bekerja di industri, back end engineering juga bisa bekerja secara freelance atau bahkan menjadi konsultan IT untuk perusahaan. Selain itu, back end engineering juga merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak menerapkan Work From Anywhere. Jadi kamu bisa memilih bekerja dari mana saja.

4. Tawaran Gaji yang Fantastis

Sudah menjadi rahasia umum jika profesi dibidang IT dan teknologi adalah pekerjaan yang sangat dibutuhkan saat ini. Jadi tak heran jika gaji yang ditawarkan juga fantastis. Termasuk untuk posisi back end engineering. Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji seorang back end engineering berkisar antara 8-30 juta berdasarkan data dari Glassdoor. Ini tentu saja bergantung dari posisi, pengalaman dan industri perusahaannya

Saatnya Belajar Back End Engineering di Binar Academy

Binar Academy adalah sebuah perusahaan pendidikan berbasis teknologi yang bertujuan untuk menyiapkan siswanya menjadi lulusan yang bertalenta di bidang digital dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Sebagai salah satu pionir Edutech yang berdiri sejak 2017, Binar Academy berfokus pada pengembangan keterampilan dan bakat digital dengan menyediakan akses ke pengalaman belajar yang ditingkatkan dengan perjalanan belajar yang pasti dan gaya belajar yang beragam untuk mendukung pertumbuhan karir bagi lulusan sekolah menengah, mahasiswa, maupun yang ingin berpindah karir.

Kenapa Ikut Bootcamp Back End Engineering di Binar Academy?

1. Materi yang Sesuai Dengan Kebutuhan Industri

Sebagai perusahaan Edutech yang sudah berdiri kurang lebih 5 tahun, Binar Academy telah berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan materi yang dibutuhkan oleh industri saat ini. Hal ini karena Binar Academy telah memilih Subject Matter Expert yang terbaik di bidangnya untuk menyusun kurikulum materi yang akan diajarkan. Ini terbukti dengan berhasilnya Kurikulum Binar Bootcamp mendapatkan sertifikasi dari Education Alliance Finland (EAF). Keberhasilan ini didasari atas penilaian sempurna dari segi kualitas kurikulum, metode pembelajaran, pendekatan pengajaran kepada siswa, serta keselarasan kelas dengan kebutuhan industri, kini dan nanti.

2. Jadwal Kelas yang Fleksibel

Tak sedikit siswa yang mengikuti bootcamp di Binar Academy adalah berstatus pekerja. Namun itu tidak menjadi persoalan, sebab jadwal kelas yang ada di Binar Academy sangatlah fleksibel. Bootcamp Binar Academy lebih banyak dilakukan secara online. Jadi kamu bisa belajar dari mana saja.

3. Skill dan Fasilitas yang Didapatkan sangat Lengkap

Di sini kamu akan dibimbing untuk menguasai berbagai skill mulai dari hard skill dan sfot skill mulai dari JavaScript, pembuatan database melalui SQL, membuat REST API lewat tools Node.js, komunikasi, leadership, manajemen waktu dan masih banyak lagi Kamu juga akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti diskusi dengan fasilitator, materi dalam bentuk bacaan, video hingga audio/ podcast, quiz, project based learning, practical case study dan juga portfolio.

4. Kesempatan Bekerja Langsung

Binar Academy memiliki program Job connection untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Terdapat puluhan hiring partner Binar Academy dari berbagai industri Binar Academy yang siap menampung kamu ketika lulus dari pelatihan nanti. Jadi kamu tidak perlu bingung ingin bekerja dimana nantinya selama kemampuan kamu sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Materi yang Akan Kamu Pelajari di Bootcamp Back End Engineering Binar Academy

Selama 3 bulan pelatihan, kamu akan dibantu untuk menggali potensimu di bidang Back End Engineer melalui berbagai materi berikut:

  • Javascript 101

Materinya mencakup pengantar Back End Programming seperti - Web Development Intro, Peran, job scope, dan skill set yang dibutuhkan BE Developer, hingga Tools yang digunakan BE Developer (shell, terminal, IDE, GIT).

  • Struktur Data dalam JavaScript

Materinya mencakup Struktur kode dalam JavaScript, Variabel dalam JavaScript, dan Tipe data dalam JavaScript.

  • Operator & Expression dalam JavaScript

Materinya mencakup Expression, Operasi & Operator, dan Logical Operator.

  • Algoritma Dasar dalam JavaScript #1

Materinya mencakup Algoritma, Flowchart, Pseudocode dan alur pengambilan keputusan.

  • Algoritma Dasar dalam JavaScript #2: Perulangan

Materinya mencakup Loop.

  • Algoritma Dasar dalam JavaScript #3: Pengurutan

Materinya mencakup Sorting algorithm, dan Logika search .

  • Fungsi di JavaScript

Materinya mencakup Fungsi dan komponennya, jenis-jenis fungsi (arrow & currying), Class, object, & method, dan Asynchronous process.

  • OOP di JavaScript

Materinya mencakup Pengenalan OOP, Pilar OOP.

  • Database

Materinya mencakup pengenalan database, DBMS- SQL (PostgresSQL), No SQL (MongoDB), dan ERD (Entity Relationship Diagram).

  • DBMS (Database Management System)

Materinya mencakup Macam-macam DBMS, dan Setup database (SQL).

  • Query Language

Materinya mencakup DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan CRUD.

  • Node.JS

Materinya mencakup Runtime environment, Module (Core Module, Third Party Module, Local Module), Package manager, Node.JS vs Browser, dan Read and write file.

  • Express JS

Materinya mencakup Express JS introduction and installation, Routing- Middleware (authentification, authorization), dan View Engine.

  • Restful API

Materinya mencakup HTTP Server- Metode HTTP, Serving HTML, Serving static file, JSON- Mengenal Restful API, Endpoint, Implementasi Restful API, dan API test.

Cicil Biaya Bootcamp Back End Engineering Binar Academy Dengan Danacita

Danacita merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau. Saat ini Binar Academy dan Danacita telah bekerjasama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau untuk kamu yang ingin mengambil bootcamp BackEnd Engineering

Bersama Danacita, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di Binar Academy Tanpa khawatir dengan kendala biaya.

Informasi selengkapnya klik di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

Default Avatar

Written By

Esa Tauran