Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bootcamp Data Science Binar Academy Cara Jadi Data Scientist

2022-10-13

Daftar isi

    Tahukah kamu, belajar data science memiliki banyak manfaat khususnya di era perkembangan digital saat ini? Profesi di industri data kini sangat ramai peminat dan banyak dibutuhkan perusahaan. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba meningkatkan skill dan pengetahuan khusus untuk menjadi data scientist.

    Data science memiliki cakupan ilmu yang luas, mulai dari analisa, statistik, hingga pemrograman. Maka dari itu, mempelajari data science adalah salah satu investasi ilmu di masa depan. Keunggulannya lagi, dengan ilmu data, kamu juga bisa membangun website impianmu lho!

    Lalu, bagaimana caranya untuk bisa berkarir di bidang ini? Bisa dengan belajar sendiri atau mengikuti bootcamp. Salah satu tempat yang memiliki program bootcamp data science adalah di bootcamp Binar Academy. Berikut penjelasannya lengkapnya.

    Apa Itu Data Science

    Sebelum membahas bootcamp data science, berikut akan dijelaskan mengenai data science terlebih dahulu. Data science adalah suatu ilmu yang menggabungkan keahlian dalam bidang ilmu tertentu dengan keahlian statistik, matematika, dan juga keahlian pemrograman.

    Tujuan dari ilmu data science adalah agar bisa mengekstrak suatu ilmu pengetahuan ataupun informasi dari suatu data. Mereka yang ahli dalam bidang ini umumnya menggunakan suatu algoritma yang disebut dengan machine learning atau pembelajaran mesin.

    Algoritma tersebut sangat berguna untuk mengolah gambar, teks, audio, video dan lain sebagainya demi menghasilkan suatu sistem kecerdasan buatan atau artificial intelegent. Sistem tersebut bisa didesain dalam melakukan berbagai pekerjaan yang terlalu sulit bagi kecerdasan manusia.

    Data hasil yang diolah oleh sistem kecerdasan buatan tersebut bisa digunakan oleh para analis dan pengguna lainnya dalam bisnis agar bisa membuat strategi yang tepat dalam memecahkan suatu masalah atau mencapai suatu tujuan.

    Sistem kecerdasan buatan tersebut tentunya dirancang untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit yang tidak dapat dikerjakan secara manual oleh manusia. Nantinya, hasil dari mesin learning inilah yang akan perusahaan manfaatkan sebagai analisis untuk merancang strategi yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.

    Untuk memiliki kemampuan data science ini, kamu harus memiliki kemampuan untuk menganalisis big data (data yang jumlahnya banyak dan besar), kemampuan menjalankan unsupervised learning, kemampuan komputasi cloud dan memproses natural language.

    Kenapa Kamu Harus Belajar Data Science

    Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus belajar data science sebagai jenjang karir di masa depan.

    Kebutuhan Prioritas Banyak Perusahaan

    Alasan belajar data science yang pertama yaitu karena bidang ini menjadi kebutuhan prioritas di banyak perusahaan. Tak bisa dipungkiri saat ini bidang data science memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pengembangan kebijakan dan strategi pemasaran perusahaan tersebut.

    Kebutuhan akan tenaga data scientist ini mendorong permintaan yang cukup tinggi terhadap orang-orang yang berkecimpung di bidang data science. Kesempatan untuk berkarir terbuka luas di bidang ini. Kamu tidak hanya dapat menjadi pegawai di perusahaan, namun dapat menjadi konsultan data untuk perusahaan lain.


    Baca juga: Ikut Bootcamp UI/UX Research & Design di Binar Academy


    Mempersiapkan Diri Menyambut Tren Mendatang

    Selanjutnya, alasan kamu harus belajar data science agar bisa mempersiapkan diri menyambut tren mendatang. Tren dalam perusahaan secara global selalu berubah. Nah, dalam 5 hingga 10 tahun ke depan prediksinya adalah data science sangat dibutuhkan sebab banyak hal dalam kehidupan saat ini dikelola dengan cara digital dan membutuhkan data valid sebagai buktinya.

    Dengan memiliki kemampuan dalam bidang pengelolaan data maka kamu akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Saat banyak perusahaan mencari orang dengan keahlian tersebut, kamu bisa dengan begitu yakinnya menunjukkan kebolehannya.

    Paham Strategi Bisnis

    Kalau kamu sebagai pemilik bisnis, mempelajari ilmu data bisa sangat membantu dalam melihat peluang, menentukan strategi bisnis, dan menghasilkan produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Bagi sebuah perusahaan, peranan data science tentunya sangat berkontribusi untuk perkembangan bisnis ke depan.

    Hasil analisa yang dibuat akan membantu perusahaan menentukan langkah yang harus diambil untuk meraih kesuksesan. Inilah manfaat ilmu data yang bisa dirasakan baik bagi kebutuhan perusahaan atau pribadi. Hal ini juga bisa menjadi alasan kamu harus belajar data science.

    Memiliki Skill Pemrograman untuk Buat Website

    Belajar data science ternyata juga bisa bermanfaat untuk membuat website lho! Data science mencakup berbagai ilmu sehingga kegunaannya juga berdampak untuk berbagai bidang. Salah satu ilmu yang dipelajari dalam data science adalah pemrograman. Jika mempelajari data science, mau tak mau kamu juga pasti belajar ilmu pemrograman, termasuk pemrograman Python dan R yang sering digunakan dalam pembuatan website. Python sangat umum digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk pengembangan web. Dengan menguasai skill data science, kamu juga bisa memanfaatkan ilmu ini untuk membuat website sesuai keinginan.

    Penghasilan yang Menjanjikan

    Alasan belajar data science yang tak kalah penting adalah karena penghasilan yang menjanjikan. Pekerjaan menjadi seorang data scientist memang sangat kompleks dan menantang. Untungnya, penghasilan yang ditawarkan juga cukup tinggi. Menurut Glassdoor.com, data scientist adalah pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia dengan upah pokok sebesar $113.736 per tahun.

    Di Indonesia, profesi data scientist juga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Adapun gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp10.000.000-Rp20.000.000. Penghasilan ini tentu akan terus bertambah seiring dengan perjalanan karirmu kelak.


    Baca juga: Mau jadi Business Intelligence Analysis? Ikut Binar Business Intelligence Analysis Bootcamp Dulu!


    Sejarah Singkat Binar Academy

    Sebelum membahas salah satu programnya yaitu bootcamp data science, berikut akan dijelaskan sejarah Binar Academy secara singkat terlebih dahulu. Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang bertujuan untuk menghasilkan talenta-talenta digital yang berkompetensi. Lembaga ini didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Alamanda Shantika, Dita Aisyah dan Seto Loreno. Kini Binar Academy memiliki lokasi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang.

    Banyaknya perusahaan yang lebih memilih tenaga kerja asing karena meragukan kualitas tenaga kerja Indonesia. Hal ini menjadi latar belakang ketiga pendiri Binar Academy untuk mendirikan pelatihan ini sebagai wadah pengembangan bakat dan kemampuan di dunia digital. Dengan begitu, dapat mencetak talenta-talenta digital berkompetisi yang mampu berkontribusi tidak hanya di dalam negeri namun juga internasional.

    Apa itu Bootcamp Data Science di Bootcamp Binar Academy

    Jika kamu tertarik menggeluti bidang ini, langsung gabung dengan bootcamp data science di bootcamp Binar Academy. Di kelas ini kamu akan belajar untuk memahami keseluruhan proses mendapatkan dan mengubah data menjadi informasi (termasuk tools, teknologi dan metodologi) dimana tujuan akhirnya adalah mempercepat proses pengambilan keputusan untuk memperbaiki kinerja bisnis. Menariknya, di Binar Academy orang-orang yang ahli di bidang tersebut sudah banyak sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mengikuti bootcamp Binar Academy.

    BlogBanner-Binar-PartnerPage.png

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Kenapa Harus Ikut Bootcamp Data Science di bootcamp Binar Academy

    Berikut ini akan dipaparkan alasan kenapa kamu harus ikut bootcamp data science di bootcamp Binar Academy:

    • Tidak memerlukan latar belakang yang sesuai dengan bidang yang akan dipelajari. Kurikulum bootcamp Binar Academy akan mengajarkan kamu dari dasar hingga siap jadi profesional.
    • Kamu akan difasilitasi oleh Job Connect untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan dan pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu.
    • Memiliki portofolio yang bisa kamu bawa untuk melamar pekerjaan. Salah satu portofolio yang akan kamu miliki adalah project yang kamu lakukan dalam sebuah tim yang dibimbing oleh seorang fasilitator.
    • Fasilitator yang berpengalaman dibidangnya.
    • Materi belajar yang bisa kamu dapatkan secara gratis di aplikasi Binar Academy.
    • Jadwal belajar yang fleksibel

    Materi yang Dipelajari Bootcamp Data Science di Bootcamp Binar Academy

    Ada beberapa materi atau kurikulum dari bootcamp data science di bootcamp Binar Academy yang akan diajarkan, yaitu:

    1. Dasar Data Science

    • Pengantar Data Science
    • Proses Kerja Data Science
    • Skillset dan Toolkit Data Science

    2. Bahasa Pemrograman dan Data

    • Mengenal Bahasa Pemrograman Phyton
    • Mengenal Atribut Data di Bahasa Pemrograman Phyton

    3. Database & SQL

    • Pengantar Sistem Database
    • Dasar-Dasar SQL
    • SQL Lanjutan

    4. Python

    • Python Programming
    • Data Cleansing dan Visualisasi Data dengan Python
    • Deployment Model Machine Learning Menggunakan Python

    5. Konsep Statistika di Data Science

    • Aljabar Linear
    • Kalkulus Multivariat
    • Penerapan Konsep Matematika dalam Machine Learning

    6. Machine Learning dan Big Data

    • Pengenalan Machine Learning dan Big Data
    • Supervised Learning
    • Unsupervised Learning

    7. Deep Learning and Machine Learning

    • Pengenalan Deep Learning
    • Teori Deep Learning
    • Mempraktikkan Deep Learning

    8. Deployment and Project Documentation

    9. Collaborative Working using Cloud

    Cicil Biaya Bootcamp Data Science di Bootcamp Binar dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai bootcamp data science di bootcamp Binar Academy. Binar Academy dan Danacita telah bekerjasama secara resmi untuk memberikan solusi pembiayaan pelatihan yang terjangkau di Binar Academy. Dengan begitu, jika kamu tertarik mengikutinya tapi bingung karena urusan biaya tidak perlu khawatir lagi.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau dan sudah resmi berizin serta diawasi OJK. Dengan menggunakan Danacita, biaya bootcamp data science-mu di bootcamp Binar Academy bisa dicicil mulai dari 6 hingga 24 bulan jadi bisa lebih terjangkau. Prosesnya yang cepat mudah hanya butuh 2 hari kerja dan secara online ini menjadi keunggulan Danacita. Selain itu, pakai Danacita juga tidak perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Bersama Danacita, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu di Binar Academy tanpa khawatir dengan kendala biaya. Kunjungi website Danacita untuk informasi lebih lanjut di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!