Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Jago Bikin Website dan Mobile App? Saatnya ikut Binar Full-Stack Web Development Bootcamp

2022-10-10

full-stack-web-development

Source: pexels.com

Kamu pasti sudah familiar dengan profesi Web Developer. Umumnya, web developer terbagi atas dua orang, yaitu orang yang menangani front-end dan back-end. Seiring perkembangannya. Kedua skill ini ternyata mampu dikerjakan oleh satu orang saj, atau biasa disebut sebagai Full stack Web Developer.

Apa itu Full Stack Web Developer dan kenapa kamu harus menekuni profesi tersebut? Temukan jawabannya di artikel berikut!

Apa itu Full Stack Web Development?

Full Stack Web Development adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan bertugas untuk mengembangakan sebuah website, baik dari sisi server atau biasa disebut backend maupun dari sisi klien atau disebut frontend. Sisi backend yang dimaksud mencakup semua server, database, atau arsitektur internal lainnya yang menggerakan sebuah aplikasi atau website dan umumnya tidak bersentuhan langsung dengan end-user. Sedangkan sisi frontend mengacu pada segala sesuatu yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan klien atau tampilan situs.

Umunya, front end developer bekerja untuk mengoptimalkan bagian aplikasi yang terlihat untuk browser web dan perangkat seluler. Front end platform biasanya dibangun dengan bahasa pemrograman HTML, CSSm dan Javascript. Tak jarang, front end juga dapat dibuat melalui pre-packaged code libraries atau content management systems seperti WordPress.

Sebaliknya, untuk sisi backend, bertugas untuk memperbaiki kode perangkat lunak yang berkomunikasi dengan server, database, atau perangkat lunak berpemilik lainnya yang menyampaikan informasi ke front end interfaces

Dengan kata lain, untuk menjadi seorang Full Stack Development, kamu harus memiliki beberapa keterampilan dalam berbagai bidang pengkodean. Mulai dari basis data hingga desain grafis dan manajemen UI/UX untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Kenapa Kamu Harus Menjadi Full Stack Web Development?

1. Memiliki Kemampuan Lebih

Sebagai Full Stack Web Development, kamu akan tahu banyak tentang teknologi. Mulai dari bagaimana menambahkan gambar ke halaman web hingga membuat database, kamu akan familiar dengan semuanya. Hal ini memberikan kamu kemampuan lebih dan menjadikan kamu lebih unggul dibanding developer lainnya. Selain itu, kamu juga akan lebih cepat dalam membuat keputusan teknis dan dapat melihat gambaran besar dari masalah yang ada.

2. Melatih Kreativitas dan Fleksibilitas Kamu

Mempelajari Full Stack Web Development, artinya kamu akan mengetahui berbagai aspek web development. Dengan begini, kamu akan lebih fleksibel dalam bekerja. Misalnya, kamu dapat bekerja dari sisi klien aplikasi, serta databases yang sama. Ini memungkinkan kamu memiliki kontrol lebih besar atas produk yang sedang dikembangkan.

3. High Demand

Tidak bisa dipungkiri jika profesi Full Stack Web Development merupakan salah satu profesi yang memiliki permintaan yang tinggi dalam dunia kerja. Hal ini karena karena Full Stack Web Development bekerja dengan ketiga lapisan proses yaitu presentasi, logika dan database.

Selain itu, tak sedikit perusahaan yang juga mencari profesional multi-talenta yang dapat mengikuti pasar dan melakukan lebih dari satu peran. Sebuah bisnis dapat mempercayakan seorang full stack web development dengan banyak proyek yang mungkin tidak akan bisa dilakukan oleh spesialis lainnya. Full stack Web Development ini sangat familiar dengan semua aspek development, sehingga dapat menangani proyek dengan lebih efektif.

4. Menawarkan Gaji yang Tinggi

Tingginya permintaan terhadap profesi Full Stack Web Development sejalan dengan bayaran atau gaji yang ditawarkan. Hal ini karena seorang Full Stack Web Development mampu melakukan pekerjaan lebih dari spesialisasi yang lainnya dengan kemampuan untuk bekerja yang juga lebih baik.

5. Dapat Bekerja Di Industri Manapun

Seorang Full Stack Web Development memiliki peluang untuk bisa bekerja di berbagai industri. Sebab sebagian besar perusahaan dari semua sektor mencari cara bagaimana menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bisnisnya. Kamu bisa bekerja dinistri perbankan, IT, ritel, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Saatnya Belajar Full Stack Web Developer di Binar Academy

Binar Academy adalah sebuah startup pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan talenta-talenta digital yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Perusahaan Edutech ini dirikan pada tahun 2017 oleh 3 anak muda yang memiliki konsentrasi penuh atas pengembangan dunia teknologi Indonesia. Mereka adalah Alamanda Shantika, Dita Aisyah, dan Seto Larena. Ketiganya pernah bekerja di Gojek damn telah memiliki pengalaman yang luar biasa dalam dunia teknologi dan bisnis.

Sejak berdiri, Binar Academy terus berfokus pada pengembangan skill dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar melalui tahapan dan metode pembelajaran yang beragam, seperti kelas online dan berbagai macam konten. Salah satunya melalui bootcamp Full Stack Web Development.

Keunggulan Bootcamp Full Stack Web Developer di Binar Academy

1. Materi yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Materi di Binar Academy disusun mengikuti kebutuhan industri saat ini. Sehingga kamu akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang bisa kamu terapkan ketika bekerja nanti. Kamu akan dibimbing hingga menguasai ilmu Full Stack Web Development dari dasar sampai penerapannya dalam pekerjaan

2. Mendapatkan Banyak Skill

Di sini kamu akan dibimbing untuk menguasai berbagai skill mulai dari hard skill maupun soft skill. Untuk hard skill sendiri, kamu akan banyak belajar mengenai Programming Introduction, Javascript Basic, Learning Drive, API Design, API Documentation, State Management, CI/CD, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan soft skill seperti Growth Mindset, Critical Thinking, Problem Solving, Creative Thinking, Leadership hingga, Communication

3. Fasilitas Belajar yang Lengkap

Fasilitas yang disediakan oleh Binar Academy mulai dari diskusi dengan fasilitator, materi dalam bentuk bacaan, video hingga audio/ podcast, quiz, project based learning, practical case study dan juga portfolio.

4. Memiliki Subject Matter Dan Tutor yang Expert

Supaya kamu belajarnya cepat tanggap, Binar Academy memilih Subject Matter Expert terbaik di bidangnya yang sudah ahli dan paham sebagai perancang kurikulum. Selain itu, terdapat juga tutor yang akan memberikan kamu pemahaman dan penjelasan terkait materi secara detail.

5. Memiliki Peluang Bekerja Langsung

Lulusan Bootcamp Binar Academy memiliki kesempatan untuk bisa langsung bekerja menjadi seorang Full Stack Web Development. Sebab, kamu akan terhubung dengan perusahaan-perusahaan hiring partner Binar Academy yang memang sedang membutuhkan talenta digital melalui private interview atau hiring event.

Materi yang Dipelajari di Bootcamp Full Stack Web Development

Selama 6 bulan mengikuti bootcamp, kamu akan dibantu untuk bisa menggali potensi yang kamu miliki hingga menguasai ilmu Full Stack Web Development dari dasar sampai penerapannya dalam pekerjaan lewat berbagai materi berikut:

  • Pengantar Dunia Pemrograman
  • Pengenalan Desain Web Dasar
  • Dasar Javascript
  • Menerapkan Web Desain dan Kolaborasi
  • Pemrograman Berbasis Objek
  • Merancang Web API
  • Database Management System
  • Merancang Arsitektur dalam Web API
  • Dokumentasi API
  • Single Page Application
  • Realtime Database Service
  • State Management dan Server Side Rendering
  • Advance Tools
  • Continuous Integration

Cicil Biaya Bootcamp Full Stack Web Development Binar Dengan Danacita

Kabar gembira untuk kamu yang sedang atau ingin mengikuti bootcamp Full Stack Web Development Binar Academy tapi terkendala biaya. Sekarang kamu bisa mewujudkan impianmu melalui Danacita. Kamu bisa melakukan cicilan pembayaran kursus Binar Academy dengan persyaratan dan proses yang sangat mudah.

Sebagai informasi, Danacita adalah sebuah perusahaan finansial teknologi yang memiliki misi untuk memberi akses pendidikan kepada siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ataupun lembaga pendidikan lainnya, termasuk Binar Academy.

Informasi selengkapnya klik di sini.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

Default Avatar

Written By

Esa Tauran