Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Bootcamp UI/UX Researcher & Designer Harisenin.com dan Biayanya

2023-02-27

Daftar isi

    Tahukah kamu, UI/UX Designer & researcher kini menjadi lebih populer karena semakin banyak hal yang bergerak secara online. Sekarang, dengan adanya istilah "internet of things", hampir semuanya membutuhkan perhatian demi meningkatkan pengalaman pengguna terhadap suatu produk. Untuk itu lahirnya profesi UI/UX Designer & researcher yang berfokus pada hal tersebut.

    Tertarik untuk menggeluti bidang ini? Salah satu caranya adalah dengan mengikuti bootcamp. Tempat kursus berkualitas yang menyelenggarakan bidang ini adalah Harisenin.com

    Seperti apa profesi UI/UX Designer & researcher? Apa saja skill yang dibutuhkan dan bagaimana memulai karirnya? Dan bagaimana Bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

    Apa itu UI/UX Design?

    Sebelum membahas tentang Bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com, tentunya kamu harus paham dulu bidang ini.

    UI/UX merupakan dua komponen yang saling melengkapi satu sama lain dan biasanya ditemui pada sebuah website ataupun aplikasi. UI atau User Interface adalah tampilan visual sebuah produk yang menghubungkan sistem dengan user. Artinya, UI ini berfokus pada titik sentuh visual yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan suatu produk.

    Sementara UX atau User Experience berfokus pada pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu produk. Orang yang bertugas untuk mengerjakan kedua hal ini disebut sebagai UI/ UX Designer.

    Apa itu UX Research?

    Setelah mengetahui tentang UI/UX design, berikut akan dijelaskan tentang UX research. Untuk bidang ini, merupakan proses di mana kamu berusaha mendapatkan insight atau pelajaran dan pemahaman penting yang berkaitan dengan perilaku, kebutuhan dan masalah user atau pengguna.

    Proses ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan teknik pengamatan serta bisa juga dengan metode meminta feedback dari user yang dimiliki.

    Mengenal UI/UX Designer dan Researcher

    Baik UI/UX Designer, maupun researcher pada dasarnya memiliki tugas dan tanggungjawab yang berbeda tetapi saling bersinggungan satu sama lain. Oleh karena itu, tak jarang UI/UX Designer kadang menjadi seorang researcher juga, terutama pada produk digital.

    Di balik proses pembuatan berbagai produk digital, ada peran UI/UX Designer dan researcher yang bekerja keras demi meningkatkan kepuasan para user.

    Dalam produk suatu perusahaan, baik UI/UX Designer maupun researcher akan berusaha untuk meningkatkan atau mempertahankan kepuasan user agar bisa menjadi pembeli atau pelanggan setia dari suatu brand. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan riset yang bertujuan untuk mengidentifikasi target audiens, dan membuat user persona yang dapat merepresentasikan audiens mereka.

    Setelah melakukan riset, UI/UX Designer & researcher kemudian membuat sketsa, prototype hingga product roadmap untuk memudahkan tim melihat arah tujuan dari proses pembuatan produk ini.

    Selama proses pembuatan product, UI/UX Designer & researcher akan terus menerus berkomunikasi dengan tim lain, seperti marketing, development, sales, support, hingga developer. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar semua pihak yang berkaitan dengan proses pembuatan produk selalu selaras dengan visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya.

    Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi UI/UX Researcher & Designer

    Untuk menjadi seorang UI/UX Researcher & Designer sekaligus tentu bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kamu membutuhkan skill berikut:

    1. Membuat Desain dan Prototype

    Sesuai namanya, kemampuan design menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki jika kamu ingin menjadi seorang UI/UX Designer & researcher. Untuk mendukung kemampuan design yang kamu miliki, maka kamu harus mampu menguasai tools design untuk merancang interface yang baik dan untuk mempermudah penggunaan produk.

    2. Mampu Melakukan Riset dan Analisis

    Agar setiap desain dan produk digital yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan user, maka kamu harus mampu melakukan berbagai riset agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Riset ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti wawancara pengguna, kelompok yang menjadi fokus, dan survei untuk mendapatkan insight tentang audiens target.

    3. Berpikir Strategis

    Tidak hanya mampu melakukan riset dan analisa saja, seorang UI/UX Designer & Researcher juga harus mampu berpikir strategis. Ini bertujuan agar kamu dapat memprediksi banyaknya waktu yang dibutuhkan dalam setiap tahap produksi suatu produk.

    Kemampuan berpikir strategis ini juga berkaitan dengan pengendalian biaya dan pengelolaan risik agar setiap keputusan yang diambil tidak salah langkah dan berdasarkan dengan perencanaan yang matang.

    4. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

    Sebagai seorang UI/UX Designer & Researcher, kamu akan banyak bersinggungan dengan berbagai pihak selama proses pembuatan produk, baik internal maupun eksternal. Misalnya kamu akan mempresentasikan ide dengan jelas, baik kepada klien maupun stakeholder perusahaan. Untuk itu, memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga menjadi bekal utama menjadi seorang UI/UX Designer & Researcher.

    Bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com

    Harisenin.com adalah sebuah platform belajar online yang menawarkan berbagai program untuk profesi yang paling banyak dibutuhkan saat ini, termasuk bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com.

    Bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com mengajarkan kamu berbagai materi UI/UX sekaligus dengan researcher dalam waktu 24 minggu.

    Di sini, kamu akan mempelajari berbagai hard skill dan softskill yang komplit sebagai bekal kamu menjadi seorang UI/UX Designer & researcher. Kamu akan bertemu dengan para expert dan top mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

    Terdapat dua fase pembelajaran yang akan kamu ikuti di Bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com, yaitu

    1. RISE Learn

    Di fase ini kamu akan menguasai technical dan soft skill dalam 5 - 6 bulan secara intensif. Kamu juga akan belajar secara kelompok, mendapatkan tugas praktik, dan final project. Belajar langsung dengan para ahli dibidangnya dari perusahaan Top di Indonesia

    2 . Rise Up

    Pada fase ini, kamu akan mendapatkan pelatihan dan konsultasi karier 1-on-1, plus peluang kerja magang atau project-based. Kamu juga akan mendapatkan job-connect dengan hiring partner harisenin.com.

    Berikut materi yang akan kamu dapatkan pada Bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com.

    • Product Development Process (UI/UX Perspective)
    • UI/UX Overview
    • Method of Research
    • User Research
    • User Persona
    • User Journey
    • Basic HCI (Human-Computer Interaction)
    • Design Principle and Fundamentals
    • Figma Part 1
    • Figma Part 2

    Berikut rincian harga Bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com:

    • Guarantee - Normal

    Program selama 4 bulan (Online Via Zoom). Jadwal belajar di hari Kamis (19.00 - 21.00 WIB), Sabtu (10.00 - 12.00 WIB) dan Minggu (10.00 - 12.00 WIB).

    Biaya: Rp 12.000.00

    • Guarantee Program - Special Price Cicilan 0%

    Dengan Guarantee Rp 6 Juta - bulanan selama 15x pembayaran (Rp500K x 7 Bulan dan 250K x 10 Bulan). Jadwal belajar di hari Kamis (19.00 - 21.00 WIB) dan Sabtu (10.00 - 12.00 WIB).

    Biaya: Rp 500.000

    • Full Course

    Program 4 Bulan (Online Via Zoom). Jadwal belajar di hari Kamis (19.00 - 21.00 WIB), Sabtu (10.00 - 12.00 WIB) dan Minggu (10.00 - 12.00 WIB).

    Biaya: Rp 3.000.000

    Informasi selengkapnya seputar bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com, klik di sini.

    Bayar Biaya Bootcamp UI/ UX Researcher & Designer dengan Mudah Lewat Danacita

    Itu dia penjelasan seputar bootcamp UI/UX Researcher dan Designer Harisenin.com. Kabar gembira untuk kamu yang ingin belajar UI/UX Designer & Product Manager, saat ini Danacita telah bekerjasama dengan Harisenin.com untuk mewujudkan mimpi kamu.

    Danacita sendiri adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp yang terjangkau dengan proses yang mudah dan cepat. Kamu hanya perlu melengkapi beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Kamu bisa kursus di Harisenin.com dengan mencicil hingga 12 bulan. Mudah bukan? Selain itu, Danacita juga dijamin aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001. Selain itu, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi yang ada di Indonesia.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Bootcamp UI/UX Researcher & Designer Harisenin.com harisenin.com
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri