Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Data Engineering: Pengertian, Tugas dan Gaji Terlengkap

2022-11-07

apa-itu-data-engineering

Daftar isi

    Di bidang digital seperti sekarang ini, data menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan di berbagai bidang. Pentingnya data dibutuhkan untuk berbagai macam hal, salah satunya seperti mencari insights maupun mendapatkan informasi aktual yang nantinya bisa dijadikan pegangan dalam pengembangan bisnis atau perusahaan.

    Salah satu bidang yang memang berurusan dengan data adalah data engineering. Sayangnya memang masih banyak yang masih belum paham untuk data engineering. Padahal, bidang ini bisa menguntungkan dan juga dicari di masa depan. Jika kamu memiliki ketertarikan untuk bekerja di bidang data engineering, maka kamu harus paham betul bidang ini. Barangkali bisa menjadi career path atau shifting career-mu.

    Untuk itu, berikut akan dijelaskan mengenai apa itu data engineering, mulai dari pengertian hingga cara berkarir di bidang ini.

    Apa itu Data Engineering

    Apa itu Data Engineering? Data Engineering adalah bidang turunan dari Software Engineering yang berfokus pada pengembangan sistem dan infrastruktur perdataan. Hal itu sangat berbeda dengan Data Analytics dan Data Science yang berfokus terhadap bagaimana cara mendapatkan insight dari suatu data. Apa itu Data Engineering?

    Data Engineering adalah bidang ilmu yang cenderung lebih berfokus pada bagaimana cara data scientist dapat mengakses data yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Apa itu Data Engineering? Data Engineering adalah profesi yang memiliki tiga peran penting yang berbeda-beda dalam suatu tim. Peran tersebut seperti, Data Pipelining, Data Warehousing dan Machine Learning Engineering.

    Tugas dalam Data Engineering

    Apa itu data engineering dapat dilihat dari tugas serta tanggung jawab yang diberikan. Data engineering adalah bidang ilmu yang bergelut dengan data. Berikut tugas dan tanggung jawabnya menurut Quipper.

    • Mengumpulkan, mengurutkan, membersihkan, dan mengelola data.
    • Melakukan analisis dan memberikan hasil analisis kepada tim internal atau tim yang membutuhkan.
    • Mempresentasikan hasil analisis kepada tim jika diperlukan.
    • Memanfaatkan data sebagai materi eksperimen untuk mendukung pengembangan bisnis.
    • Mengembangkan sistem data warehouse.

    Gaji Berkarier di Bidang Data Engineering

    Data engineering adalah profesi yang saat ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Gaji yang diberikan untuk bidang yang satu ini pun cukup bervariasi. Mulai dari Rp 4.000.000 untuk seorang fresh graduate hingga belasan juta untuk seorang Senior Data Engineering.

    Cara Berkarir di Bidang Data Engineering

    Ada fakta menarik bagi kamu yang tertarik dengan Data Engineering. Data engineering adalah salah satu profesi yang tidak memerlukan latar belakang pendidikan. Walaupun beberapa perusahaan mengharuskan pegawainya berasal dari jurusan IT dan statistika. Ternyata banyak juga perusahaan yang tidak memedulikan hal tersebut. Hal ini merupakan angin segar bagi kamu yang ingin tahu apa itu data engineering. Sebab, data engineering adalah profesi yang bisa jadi tujuan karier siapapun.

    Data engineering adalah suatu bidang profesi yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Ada beberapa hal yang harus kamu pelajari seperti, bahasa pemrograman, database, system scripting, menguasai Structured Query Language (SQL), Phyton, dan cloud computing. Meskipun demikian, belajar secara otodidak bukanlah perkara yang mudah. Dapat dilihat dari banyaknya kompetensi yang diperlukan. Sebaiknya kamu mengikuti lembaga kursus yang membuka program Data Engineering seperti DigitalSkola.

    DigitalSkola

    DigitalSkola merupakan lembaga kursus yang menyelenggarakan program bootcamp Data Engineering. Program ini ditujukan untuk pemula sampai siap kerja dengan 8 portofolio, 1:1 career mentoring, dan job connector. Apa itu Data Engineering? Data Engineering adalah profesi menjanjikan dengan beberapa alasan seperti, permintaan tenaga ahli yang sangat tinggi, memiliki peluang gaji tinggi, dan tidak harus memiliki latar belakang IT.

    Adapun beberapa profesi yang bisa ditempati setelah kamu menyelesaikan program Data Engineering adalah.

    • Data Engineer
    • Data Warehouse Engineer
    • Big Data Specialists
    • BI Engineer
    • Data Platform Engineer
    • Data Architects

    Menjadi Ahli Data Engineering Bersama Danacita

    Itu dia penjelasan mengenai apa itu data engineering. Data engineering adalah profesi dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan di masa depan. Tertarik untuk menjadikan Data Engineering sebagai tujuan karier dan pilihan shifting career? Langsung ikuti programnya di DigitalSkola.

    Jika kamu merasa kesulitan dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan, maka segera gunakan Danacita sebagai solusi. Jangan sampai kendala biaya menjadi alasan putusnya harapan menjadi Data Engineer.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan di seluruh Indonesia. Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan. Danacita menawarkan tenor mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan

    Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.

    • Persyaratan mudah

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    • Proses pengajuan mudah berbasis online

    Kamu bisa mulai melakukan pengajuan di mana pun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.

    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Kamu tertarik? Informasi selngkapnya ada di website Danacita atau ajukan langsung di aplikasi Danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    data engineering
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri