Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Apa itu Data Manipulation? Kenali Pengertian, Manfaat dan Proses Kerjanya

2022-11-03

Blog-Danacita-Data-Manipulation-Apa-Itu

Daftar isi

    Berbicara soal data, tidak lepas dari proses pengolahan hingga penganalisaan. Salah satu tahapan penting dari proses pengolahan data adalah data manipulation. Yup! Kamu tidak salah baca kok. Penggunaan kata manipulation di sini tidaklah sama dengan manipulasi atau mengubah data. Lalu apa sebenarnya data manipulation itu? Untuk lebih jelasnya, kita simak penjelasan berikut.

    Mengenal Data Manipulation

    Data Manipulation adalah sebuah proses pengkategorian atau pengornasisasian data adar lebih mudah dibaca dan dipahami Semua jenis data dapat diurutkan berdasarkan abjad untuk memudahkan pemahaman. Misalnya, Informasi karyawan yang tidak terorganisir mungkin menyulitkan untuk menemukan orang tertentu di perusahaan. Semua informasi karyawan dapat diurutkan berdasarkan abjad, sehingga memudahkan untuk mengakses informasi karyawan individu.

    Proses data manipulation ini biasanya dilakukan dengan bantuan tool khusus rekayasa data. Salah satu jenis tool yang sering digunakan adalah DML atau Data Manipulation Language.

    Data Manipulation Language sendiri merupakan bahasa pemrograman yang mampu menambah, menghapus, dan mengubah basis data, yaitu mengubah informasi menjadi sesuatu yang dapat kita baca. Kita dapat membersihkan dan memetakan data berkat DML agar dapat dicerna untuk ekspresi.

    Manfaat Data Manipulation untuk Bisnis

    1. Konsistensi Data

    Salah satu manfaat berharga yang didapatkan dari data manipulation adalah adanya konsistensi dalam data. Data yang disediakan dalam format yang konsisten ini membuat data tersebut dapat disusun, dibaca, dan dipahami dengan lebih mudah. Bisa saja kamu tidak memiliki tampilan terstruktur saat mengambil data dari berbagai sumber, tetapi dengan manipulasi data dan perintah, kamu dapat memastikan bahwa data terstruktur dan disimpan secara konsisten.

    2. Project Data

    Sangat penting bagi organisasi untuk dapat menggunakan data historis untuk memproyeksikan masa depan dan memberikan analisis yang lebih mendalam, terutama dalam hal keuangan. Manipulasi data memungkinkan untuk tujuan ini. Menyediakan data yang tetap statis akan terasa sia-sia. Oleh karena itu, melalui data manipulation kamu akan memiliki wawasan langsung untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik ketika kamu tahu cara menggunakan data untuk keuntungan bisnis.

    3. Lebih Efisien

    Dengan data manipulation membuat proses memperoleh data atau informasi berharga menjadi lebih efisien. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa hasil data yang didapat dari sumber data itu bertentangan atau bahkan berulang, apakah data itu bermakna atau tidak. Data manipulation memberi kamu keuntungan dalam memisahkan dan mengenali fakta-fakta kunci dengan cepat.

    Baca juga: 9 Rekomendasi Tools Data Visualisasi untuk Data Analyst

    Proses Kerja data Manipulation

    Menganalisis data mungkin akan terlihat sulit jika kamu tidak tahu bagaimana cara kerja dari data manipulation itu sendiri. Jadi jika kamu ingin memulai manipulasi data, berikut adalah proses kerja dan langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

    1. Langkah pertama yang dilakukan untuk memanipulasi data tentu saja kamu harus memiliki database yang dihasilkan dari berbagai sumber data.
    2. Setelah itu kamu perlu melakukan reorganisasi dan restrukturisasi data. Langkah ini ini bertujuan untuk menyusun dan membersihkan konten data untuk menjamin keakuratan data. Langkah ini bisa diselesaikan dengan software khusus.
    3. Setelah data dibersihkan, import database tadi dan buat untuk kamu kerjakan atau analisis.
    4. Setelah database terbentuk, kamu kemudian bisa mengkombinasikan, menghapus, atau menggabungkan informasi melalui data manipulation.

    Proses dan langkah-langkah data manipulation kelihatannya tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu melakukan praktek langsung agar mendapatkan pengalaman nyata. Salah satu caranya dengan ikut bootcamp Data Analysis

    Ingin Belajar Data Manipulation? Saatnya Belajar Di Bootcamp Data Analysis

    1. RevoU

    Bootcamp data analytics RevoU menawarkan kamu untuk belajar secara mendalam tentang data analytics selama 6 bulan. Di bootcamp ini kamu akan mempelajari keterampilan terbaru dan paling diminati yang diajarkan oleh instruktur elit dari perusahaan unicorn terkemuka, termasuk data manipulation. Selain itu, kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas lengkap yang tidak hanya menunjang saat bootcamp saja. Tetapi juga terdapat careers support yang akan membantu kamu mempersiapkan kamu menjadi seorang data analyst handal.

    Materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini antara lain:

    • Fundamentals of Data Analytics
    • Understanding Business Problem
    • Preparing and Exploring Data
    • Analysing Data to Answer Questions
    • Advanced SQL For Data Analysis
    • Python Programming For Data Analysis
    • Fundamentals of Visualisation
    • Data Visualisation with Tableau
    • Data Visualisation Insight Communication
    • Technical Capstone

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    2. Refocus

    Bootcamp Data Analytics Refocus merupakan pelatihan 8 bulan yang cocok untuk kamu yang ingin memulai karir baru sebagai data analyst ataupun ingin meningkatkan skill kamu. Di bootcamp ini kamu akan belajar menganalisis data, membuat laporan secara terperinci, dan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis menggunakan instrumen analisis yang relevan, termasuk data manipulation.

    Materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini antara lain:

    • Introduction to Data Analytics: skill penting dan peluang karir
    • Menghasilkan laporan menggunakan Excel/Spreadsheet
    • Memproses data menggunakan SQL
    • Menghitung metrik bisnis dengan Power BI
    • Memvisualisasikan data dengan Power BI
    • Menganalisis data dengan Python
    • Melakukan A/B testing di Python

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    3. Pacmann Academy

    Bootcamp Data Analytics Pacmann Academy merupakan program 6-12 bulan untuk memperdalam konsep dalam data science dari data analysis hingga machine learning, serta penerapannya dalam aplikasi bisnis. Kurikulum Pacmann Academy disusun secara mendalam, end-to-end, namun tetap ramah untuk dipelajari, bahkan untuk pemula sekalipun. Kurikulum ini dibuat oleh industry experts maupun akademisi dan telah melewati berbagai iterasi yang melibatkan masukkan dari siswa Pacmann. Sehingga materinya sesuai dengan kebutuhan bisnis dan para siswa.

    Materi yang akan kamu dapatkan di bootcamp ini antara lain:

    • Introduction to Data and Visualisation
    • Probability
    • Python
    • Data Wrangling and SQL
    • Statistics for Business
    • Business Analytics
    • Machine Learning for Business
    • People Analytics
    • Marketing Analytics with Python
    • Customer Analytics
    • Credit Scoring and Analytics
    • Fraud Analytics

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Jago Data Manipulation Hingga Jadi Data Analyst Dengan Danacita

    Sekarang kamu lebih mudah untuk belajar data manipulation dan menjadi seorang data analyst bersama Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia. Termasuk pelatihan bootcamp data analytics di RevoU, Refocus dan Pacmann Academy.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!