Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Google Analytics: Info, Fitur, Fungsi & Manfaatnya Terhadap Bisnis

2022-11-07

fungsi-google-analytics

Daftar isi

    Pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat ini, Google Analytics hadir untuk membantu masyarakat digital. Web analitik dari Google ini merupakan tool yang wajib di-install di website kamu. Dengan meng-install-nya, kamu akan dengan mudah memantau perkembangan dari website yang kamu miliki.

    Pada artikel kali ini, Danacita akan membahas tentang Google Analytics, cara kerjanya, hingga rekomendasi bootcamp digital marketing. Yuk, simak tulisan di bawah ini!

    Apa Itu Google Analytics?

    Google Analytics adalah salah satu tool yang wajib dimiliki oleh pemilik website. Traffic monitoring merupakan fitur dasar yang paling banyak digunakan dari Google Analytics. Dengan adanya Google Analytics dapat membantu kamu untuk mengetahui pengunjung berdasarkan informasi landing page, termasuk mesin pencari, iklan, email marketing, jaringan pay-per-click.

    Selain itu, bisa juga mengatahui pertumbuhan jumlah pengunjung, jumlah pengunjungan website, atau jumlah readers dalam sebuah blog ataupun social networks yang terhubung ke Google.

    Tak heran jika Google Analytics menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan oleh website owner, digital marketer, dan tentunya seorang SEO specialist untuk mendapatkan data statistik pengunjung dari sebuah website. Maka tak mengherankan, Google Analytics adalah tools yang biasa digunakan oleh para marketer maupun webmaster untuk mendapatkan insights tentang aktivitas pengunjung situs mereka. Insights tersebut nantinya dapat digunakan untuk membuat keputusan yang akan meningkatkan hasil bisnis melalui website.

    Baca juga: 15 Rekomendasi Digital Marketing Tools yang Harus Dikuasai Oleh Seorang Digital Marketer

    Cara kerja Google Analytics

    Cara kerja Google Analytics sebenarnya cukup mudah. Ketika kamu mencari sebuah informasi melalui mesin pencari Google dengan keyword yang sesuai, mereka akan masuk ke dalam website. Dari sana, third cookies party akan bekerja mengumpulkan data selama kamu berada di dalam website. Setelah kamu keluar dari website, maka data-data tersebut segera dikirimkan ke server milik Google. Barisan data itulah yang nantinya akan masuk ke dalam Google Analytics dan diberikan kepadamu.

    Google Analytics selalu bisa menangkap data-data yang ada dari para pengunjung yang sedang berada di dalam website. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau angka-angka yang muncul di sana itu tidak relevan atau tidak benar. Dengan teknologi yang sudah digunakan, maka kamu bisa mempercayai teknologi ini.

    Mengapa Google Analytics Penting?

    Google Analytics adalah fitur terbaru dari Google yang membantu kamu dalam berbisnis. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Google Analytics. Salah satunya mengetahui produk mana yang sering diincar oleh pelanggan. Bahkan, juga mampu mengetahui seberapa sering pelanggan mengakses website Anda.

    Apakah hanya dua manfaat? Tentu saja tidak. Di bawah ini kamu akan mengetahui seberapa banyak manfaat dari Google Analytics.

    1. Mengetahui Jumlah Pengunjung

    Hal pertama yang biasanya ingin diketahui oleh pebisnis adalah seberapa banyak pengunjung di website kamu. Sebab, ini berkaitan dengan promosi. Jika pengunjung di website kamu sesuai target, angka penjualan pun mampu mencapai nilai maksimal. Maka, untuk mengetahui banyaknya pengunjung, bisa memanfaatkan fitur dari Google yaitu Google Analytics.

    2. Memantau Konten

    Fungsi Google Analytics selanjutnya adalah memantau konten. Ketika kamu mengetahui jumlah pengunjung, maka bisa tahu bagaimana konten di website. Jika meleset dari target, bisa jadi konten kamu kurang menarik. Jika melampaui target, apakah ada konten yang paling menarik perhatian pengunjung.

    3. Ketahui Prime Time

    Tidak bisa dimungkiri bahwa ada waktu-waktu terbaik untuk mengunggah suatu konten. Baik di media sosial maupun website pasti memiliki waktu prime time. Tidak hanya persoalan konten melainkan juga mengetahui kapan waktu terbaik pengunjung datang ke website kamu. Sehingga, misal waktu pukul 17.00, alangkah lebih baiknya kamu mengunggah konten pada waktu tersebut.

    4. Mengetahui Lokasi Pengunjung

    Hal ini cukup penting bagi pebisnis. Sebab, fungsi Google Analytics bisa memetakan dari mana saja pengunjung yang mengakses website kamu. Apakah dari kota-kota besar atau justru daerah kecil. Dari lokasi tersebut, kamu bisa merancang promosi untuk memperkuat pelanggan atau mencari area baru.

    5. Memahami Kata Kunci

    Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah website kamu laku atau tidak, salah satunya dari kata kunci. Apakah kata kunci yang diinginkan pelanggan tertera di website kamu? Atau kata apakah yang sering dicari pelanggan melalui website kamu? Ini menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Juga, inilah fungsi Google Analytics.

    Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing yang juga Mempelajarai Google Analytics

    Menunjang kebutuhan yang semakin tinggi atas pengembangan skill belajar Google Analytics, kamu juga sudah bisa memilih banyak bootcamp sesuai kebutuhan. Berikut inilah beberapa rekomendasi bootcamp digital marketing mempelajari Google Analytics terbaik yang bisa dipilih untuk mengembangkan karir profesional kamu.

    1. Course-net

    Course-Net sebagai tempat berkumpulnya para pemula maupun yang berpengalaman. Jadi materi pelajaran yang diberikan adalah gabungan antara teori, dan kasus-kasus yang sering terjadi secara nyata di lapangan. Dalam kursus di bidang digital marketing, kamu akan belajar cara riset pasar dan mencari produk yang menguntungkan, membuat website dan tidak bergantung pada marketplace, membuat penawaran yang menarik, mengubah orang asing menjadi fans terhadap produk atau jasa kamu, mendatangkan calon pelanggan yang sesuai dengan target market kamu.

    Informasi lengkapnya di sini.

    2. Digital Skola

    Digital Skola menyediakan pelatihan digital marketing dengan sertifikat dari Digital Skola dan BNSP yang bisa menunjang karir. Peserta dari tiap batch hanya dibatasi sebanyak 30 orang.

    Kamu akan didampingi oleh class representative, konsultasi tutor, dan review session project untuk menjaga peserta tetap on track selama mengikuti program.

    Berikut modul yang akan kamu pelajari di Purwadhika:

    • Digital Marketing Foundation
    • Search Engine Optimization
    • Social Media Marketing
    • Paid Media & Digital Ads
    • Data Collection, Analytics dan Reporting

    Informasi lengkapnya di sini.

    3. Refocus

    Para peserta Refocus juga akan mendapat pendidikan soft skill dan hard skill berstandar Eropa serta dijamin langsung siap kerja seperti yang diinginkan dunia usaha/korporasi. Kualitas pendidikannya tinggi dan berstandar Eropa. Bahkan untuk pendidikan digital marketing, kurikulum di Indonesia sama dengan Amerika, sehingga lulusan Refocus siap pula bekerja di perusahaan teknologi di Silicon Valley, Amerika Serikat.

    Informasi lengkapnya di sini.

    Jadi Ahli Google Analytics bersama Danacita

    Itu dia cara mengenal Google Analytics dan fungsi Google Analytics yang harus kamu ketahui. Tertarik untuk menjadi belajar Google Analytics namun memiliki kendala terkait biaya? Danacita solusinya.

    Ada kabar gembira untuk kamu yang ingin mengambil kelas digital marketing. Sebab Danacita telah bekerja sama dengan Course-net, Digital Skola, Refocus. Kamu bisa bayar biaya kursus dengan cara dicicil. Danacita memberikan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita telah memperoleh izin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya. Selain dengan ketiga lembaga kursus yang sudah disebutkan sebelumnya, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Tunggu apa lagi? Jadilah seorang digital marketing bersama Danacita. Kunjungi Danacita untuk informasi lengkapnya.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    fungsi google analytics google analytics
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri