Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Fresh Graduate yang Masih dalam Masa Mencari Pekerjaan

2022-04-12

Daftar isi

    Setelah berhasil lulus kuliah, status mahasiswa kemudian berganti menjadi fresh graduate. Selanjutnya, ia harus menentukan tahapan lanjutan dari hidupnya, bisa untuk melanjutkan S2 atau langsung bekerja. Keduanya membutuhkan perencanaan dan strategi yang bagus. Dalam mencari kerja, memang bukan proses dan masa yang mudah karena membutuhkan waktu yang tidak pasti.

    Saat mencari kerja baik itu posisi magang atau full time, kamu akan menghadapi penolakan dari perusahaan dan harus terus mencoba tanpa putus semangat. Meskipun sudah berhasil mendapatkan gelar sarjana, kadang masih tidak cukup untuk bisa diterima bekerja. Bila kamu ada di masa ini, berikut ini informasi mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan dalam masa cari kerja.

    Kenali Diri dan Tentukan Bidang Pekerjaan yang Diminati

    Sebelum bisa mulai berkarir, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu bidang pekerjaan yang diminati. Caranya, kamu harus bisa mengenali diri sendiri dulu. List pekerjaan apa saja yang kamu jadikan sebagai karir, bisa disesuaikan dengan jurusan kuliah atau bidang lainnya. Mungkin saja kamu ingin berkarir di bidang yang sesuai dengan bakat terpendam atau bahkan bidang yang belum kamu pelajari sama sekali. Hal ini umum terjadi di kalangan kob seeker, jadi tidak perlu takut untuk list down berbagai kemungkinan pekerjaan yang diinginkan.

    Buat CV yang Sudah Disesuaikan dan Menarik

    Source: Freepik.com/Racool Studio

    Setelah sudah tau minat pekerjaan yang diinginkan, selanjutnya buatlah CV menarik yang sudah disesuaikan. Misalnya, kamu tertarik untuk berkarir di 3 bidang pekerjaan yang berbeda, maka isi dari CV-mu harus fokus disesuaikan berdasarkan bidang tersebut. Hindari untuk membuat satu format CV saja, karena itu terlalu general dan bisa menurunkan kemungkinan lolos screening.

    Maka dari itu buatlah CV yang disesuaikan sebanyak bidang yang kamu minati. Hal ini perlu dilakukan karena HRD akan mencari calon yang dianggap lebih handal, salah satunya terlihat dari CV. Selain itu kamu juga bisa perkuat CV-mu dengan membangun portfolio.

    Baca juga: Inilah Alasan Kenapa CV Kamu Tidak Bisa Lolos ke Tahap Interview

    Terus Berani Mencoba Tanpa Takut Gagal

    Proses mencari kerja bisa sangat menyulitkan bahkan sampai menimbulkan stress. Wajar bila kamu mengalami ini, tapi yang perlu kamu tanamkan dalam pikiran adalah untuk terus berani mencoba tanpa takut gagal. Kamu akan mengalami penolakan bahkan sampai berkali-kali dan inilah kenyataan pahit yang harus diterima. Tetaplah untuk terus melamar berbagai pekerjaan meskipun kamu merasa kurang qualified, karena lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali. Siapa tahu perusahaan yang dilamar memiliki pendapat lain dan malah meng-hire kamu sebagai karyawan.

    Gunakan Situs Untuk Mencari Kerja dan Perluas Networking

    Di zaman sekarang yang sudah bergantung pada teknologi digital, membuatmu bisa mencari pekerjaan dengan lebih mudah secara online. Gunakanlah berbagai macam situs untuk mencari kerja. Situs-situs seperti ini sudah dibuat dengan banyak variasi kerjaan yang ditentukan berdasarkan minat, lokasi, pengalaman kerja dan masih banyak lainnya. Selain itu kamu juga harus memperluas networking, baik itu secara online atau offline. Semakin banyak relasi atau jaringan yang kamu punya, maka akan meningkat juga informasi tentang lowongan pekerjaan.

    Cek artikel ini: 6 Situs Job Portal yang Wajib Dicek Untuk Magang atau Pekerjaan Pertama

    Asah atau Upgrade Skill

    Saat masa mencari kerja, kamu akan memiliki lebih banyak waktu luang. Dari waktu luang ini, bisa dimanfaatkan untuk terus mengasah atau upgrade skill baru yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan. Tidak jarang perusahaan yang akan memberikan tes bidang sebagai proses seleksi. Dengan memiliki skill yang mumpuni, maka kemungkinan kamu untuk bisa lolos juga semakin tinggi.

    Untuk memperbanyak skill sekarang sudah mudah. Tinggal manfaatkan internet sebagai sumber belajar, mulai dari bahan bacaan sudah lengkap tersedia sampai video tutorial. Selain itu, sudah banyak juga kursus-kursus online yang bisa diikuti. Dengan terus melakukan ini, maka CV-mu bisa lebih bagus dan kemungkinan untuk dilirik rekruter pun semakin tinggi. Bila kamu tertarik, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Data Science

    Algoritma adalah institusi pendidikan yang berfokus pada pelatihan di bidang data science di Indonesia yang sudah didukung dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri serta memiliki instruktur yang memiliki pengalaman di berbagai bidang. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini ya.

    Makeup Class

    Arman Armano Academy merupakan lembaga kursus di dunia makeup yang bertujuan untuk membuat pesertanya bisa menjadi generasi makeup artist yang kreatif, cerdas dan memiliki attitude serta peka terhadap perkembangan kecantikan global. Jika kamu tertarik, bisa cek info selengkapnya di sini.

    Teknologi Informasi

    Course-net Indonesia adalah salah satu lembaga yang bisa membimbing kamu di bidang IT langsung oleh coach ahli yang berpengalaman di bidangnya loh. Kamu bisa belajar tentang networking, cyber security, website dan masih banyak pilihan lainnya. Kamu bisa cek infonya di sini ya.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan pembiayaan pendidikan berupa cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, persiapkan diri dengan baik sebagai fresh graduate supaya proses mencari kerja jadi lebih mudah!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri