Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Kursus UX Writing Jayjay School

2023-06-28

kursus-UX-writing-jayjay-school

Daftar isi

    Pernah mendengar istilah UX Writer? Di era digital saat ini, tanpa disadari kita telah menikmati hasil kerja dari UX Writer.

    Seperti yang ada pada website dan mobile app. Kedua hal yang terus berkembang ini menjadikan UX writer sebagai salah satu pilihan karir yang tepat.

    Jika kamu ingin berkarir sebagai UX Writer, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengikuti kursus. Lembaga yang menyelenggarakannya yaitu Jayjay School.

    Penasaran seperti apa kursus UX writing jayjay school? Simak penjelasannya!

    Mengenal UX Writing dan UX Writer

    Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kursus UX writing jayjay school, yuk kenali penjelasan tentang dunia UX writing berikut!

    UX writing adalah sebuah aktivitas menulis informasi pada segala produk digital dalam bentuk copy untuk membantu user memahami bagaimana menggunakan dan berinteraksi dengan produk digital tersebut dalam bentuk copy.

    UX writing biasa juga dikenal sebagai user experience. Dalam menulis copy ini, melibatkan banyak keterampilan yang sama dengan desain visual atau interaksi, kecuali penulis menggunakan kata-kata, bukan piksel, untuk berkomunikasi dengan pengguna di sepanjang pengalaman.

    Orang yang mengerjakan UX writing disebut sebagai UX Writer. Tugas utama dari seorang UX Writer tentu saja membuat teks untuk aplikasi, situs web, dan produk digital lainnya yang membantu pengguna menavigasi produk.

    Untuk menyelesaikan pekerjaannya, UX Writer biasanya bekerja dalam tim desain produk dan berkolaborasi dengan product manager, front end developer, hingga UX researcher.

    Mereka menciptakan pengalaman pengguna secara keseluruhan untuk audiens mulai dari konsumen biasa hingga pengembang yang sangat teknis.

    Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang UX Writer

    Hal lain yang tidak boleh dilewatkan sebelum lanjut membahas kursus UX writing jayjay school adalah skill yang dibutuhkan di bidang ini.

    Ada banyak skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang UX Writer. Namun beberapa skill wajib dan umum yang harus kamu miliki jika ingin terjun pada profesi ini:

    1. Mahir Menulis

    Skill dasar untuk kamu yang ingin menjadi seorang UX Writer tentu saja mahir menulis. Perlu diingat, menjadi seorang UX writer tidak hanya sekedar mengetahui tata bahasa, ejaan, dan pemahaman mendalam tentang nada dan nuansa makna.

    Lebih dari itu, kamu juga harus bisa menyampaikan maksud dan tujuan dari copy yang dibuat dengan lebih ringkas dan jelas. Hal ini agar memberi pengguna pemahaman dengan cepat akan produk yang akan digunakan.

    2. Strategi Konten

    UX Writer tanpa strategi konten hanyalah tebakan belaka. Sebagai UX Writer, kamu perlu mengetahui apa yang ingin dicapai oleh kata-kata dan tindakan apa yang harus dilakukan oleh pengguna.

    Ini berarti kamu perlu menyadari tujuan tidak hanya dari perusahaan saja tetapi juga produk, serta alur, layar, dan CTA individunya. Strategi konten ini juga mencakup panduan gaya perusahaan, nada suara, dan dokumen branding yang relevan.

    3. Senang Meneliti

    Skill selanjutnya yang harus kamu miliki ialah senang menulis. Target dari copy yang kamu buat adalah manusia, sehingga sangat penting untuk mengetahui seberapa mudah dan berguna copy tersebut untuk membantu pengguna.

    Apakah tombol di situs web membuat pengguna ingin mengkliknya, atau menjauhinya? Apakah bahasa saat pengguna melakukan kesalahan pada aplikasi terdengar dingin, atau merendahkan? Demografi apa yang menggunakan aplikasi ini?

    Pertanyaan Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dapat kamu tanyakan melalui riset pengguna secara langsung.

    Pengujian pengguna, pengujian A/B, dan penyortiran kartu adalah beberapa teknik penelitian yang dapat digunakan oleh penulis UX untuk memastikan sebuah produk berfungsi sebagaimana mestinya.

    4. Memahami Program Desain Digital

    Meskipun tidak semua UX Writer akan menggunakan perangkat desain visual, tetapi mengenal beberapa program dapat meningkatkan kredensial kamu untuk posisi ini.

    Program seperti Figma dan Sketch mungkin memiliki periode uji coba gratis yang memungkinkan kamu untuk mengenalnya, dan memberimu waktu untuk membuat materi yang dapat digunakan dalam portofolio.

    banner-gif-text

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Prospek Kerja dan Jalur Karir UX Writer

    Dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih ke digital, maka kebutuhan akan seorang talenta digital juga akan semakin meningkat. Salah satunya tentu saja UX writer. Jenjang karir UX writer sangat beragam, mulai dari level junior, senior, manager hingga head.

    Untuk menjadi seorang UX writer bisa melalui rute mana saja. Kebanyakan orang beralih dari posisi pemasaran atau technical writer ke pekerjaan UX writer. Jalur karier penulis teknis biasanya dimulai dengan beberapa pengalaman di bidang teknis.

    Namun jika kamu tidak memiliki dasar sama sekali, kamu bisa memulainya dengan mengikuti kursus dan bootcamp. Beruntungnya saat ini ada banyak lembaga belajar yang menyediakan kursus UX writing. Salah satunya adalah Jayjay School

    Belajar UX Writing Dengan Ikut Kursus UX Writing Jayjay School

    JayJay International School of Creative Arts & Technology atau biasa disebut Jayjay School adalah institusi pendidikan inovatif yang menyediakan kursus online dan program karir lengkap di bidang IT.

    Jayjay School mengembangkan program belajar bersama para praktisi profesional di Indonesia dan dunia yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

    Berkat pengalaman mereka inilah, mereka siap membagikannya dengan metode yang efektif agar kamu bisa terjun ke industri IT dengan matang.

    Jayjay School menyediakan berbagai bootcamp, salah satunya UX Writing. Di kursus ini, kamu akan mempelajari seni menulis tampilan antarmuka dan merancang konten untuk produk digital.

    Kamu juga akan dibekali berbagai jenis microscopy, pola product writing, dan sistem desain konten. Dengan begini kamu dapat menguasai keterampilan menulis, mempelajari cara kerja dengan brand’s voice dan tone, dan dapat meningkatkan user experience dengan kata-kata menarik.

    Sebagai gambaran, berikut modul pembelajaran yang ada di kursus UX Writing Jayjay School

    • Modul 1: Pengantar
    • Modul 2: Bekerja dengan Bahasa
    • Modul 3: Proses desain
    • Modul 4: “Soft” skill.
    • Modul 5: Pekerjaan project: Beberapa real project untuk Student
    • Modul 6: Bagian akhir: menjadi seorang spesialis
    • Modul 7: Final Project
    • Modul 8: Konsultasi karir

    Baca juga: Biaya Kursus Jayjay School dan Programnya

    Ikut Kursus UX Writing Jayjay School dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap mulai dari UX writing hingga kursus UX writing jayjay school. Apa kamu tertarik?

    Kesempatan untuk kamu mengikuti bootcamp UX Writing Jayjay School sangat terbuka lebar. Saat ini, Danacita dan Jayjay School telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai kursus kamu

    Danacita sendiri merupakan perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pendanaan pendidikan secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Jahja School adalah dengan memberikan solusi program pembiayaan pendidikan terjangkau untuk bisa kursus UX writing jayjay school dengan persyaratan untuk mengajukan cicilan sangatlah mudah.

    Kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara.

    Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kursusmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jayjay school kursus ux writing jayjay school ux writing
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri