Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi PMB ATMI Cikarang Terlengkap 2023

2023-02-03

Daftar isi

    Jika kamu masih bingung dalam menentukan kampus tujuan untuk berkuliah tetapi ingin mendapatkan kuliah sambil praktek, mungkin politeknik bisa menjadi jawabannya. Salah satu politeknik berkualitas adalah Politeknik ATMI Cikarang.

    Bagi calon mahasiswa baru, mengenal PMB sudah pasti menjadi suatu kewajiban. Untuk itu, berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai PMB ATMI Cikarang.

    Tentang ATMI Cikarang

    Sebelum membahas lebih jauh tentang PMB ATMI Cikarang, akan lebih baik untuk mengenal kampus ini terlebih dahulu.

    Politeknik Akademi Teknik Mesin Industri Cikarang atau yang lebih dikenal Politeknik ATMI Cikarang merupakan salah satu instansi perguruan tinggi yang berkonsentrasi pada pendidikan vokasi, khususnya di bidang manufaktur (mesin industri).

    Politeknik Industri ATMI Cikarang didirikan oleh J.B.Casutt SJ atas dorongan & prakarsa kalangan industri dan alumni Politeknik ATMI Surakarta yang bekerja di sekitar Jabodetabek saat itu.

    Kebutuhan akan adanya tenaga-tenaga profesional industri yang mampu memacu proses industrialisasi di Indonesia menjadi salah satu alasan lahirnya kampus ini. Untuk itu, Politeknik Industri ATMI Cikarang didirikan dengan tujuan agar dapat lebih erat berhubungan dengan dunia industri dan mampu menanggapi kebutuhan industri secara tepat.

    Kampus ini berada di kawasan Industri Jababeka Bekasi dan mulai menyelenggarakan pendidikan diploma (D-III) dengan program studi mesin industri pada tanggal 1 September 2003 dengan 36 mahasiswa.

    Seiring perjalanannya, saat ini Politeknik Industri ATMI telah berhasil meluluskan mahasiswa-mahasiswanya yang mampu terserap di dunia industri maupun yang melanjutkan pendidikan di universitas-universitas.

    Kenapa Kamu Harus Kuliah di ATMI Cikarang?

    Hal yang tak kalah penting sebelum membahas tentang PMB ATMI Cikarang, kamu juga harus tahu alasan berkuliah di kampus yang satu ini.

    1. Sistem Pendidikan yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri

    Politeknik Industri ATMI menggunakan hybrid system. Hybrid system ini adalah perpaduan antara:

    1 . PBET (Production Based Education and Training) atau pendidikan dengan berbasis produksi. Sistem pendidikan ini berisi:

    • 67% praktik, 33 % teori
    • Satu mahasiswa, satu mesin
    • Pendidikan karakter
    • Kurikulum dirancang dengan industri

    2 . Dual system. Sistem pendidikan terdiri dari:

    • Pengalaman industry
    • Projek Akhir (student innovation)
    • Transfer teknologi

    Melalui pola dan sistem pendidikan ini, kamu akan lebih banyak berinteraksi dengan realitas industri sehingga memiliki naluri alamiah terkait dengan kondisi sebenarnya di dunia industri.

    Selain itu, kamu juga akan bisa melihat dan mengamati langsung guna dan manfaat pendidikan yang diperolehnya serta pengaruhnya terhadap keadaan sekitarnya.

    2. Kurikulum yang Proporsional

    Selain sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri, kurikulum di Politeknik ATMI Cikarang juga dilaksanakan secara proporsional antara teori dan praktek. Kurikulum ATMI diselenggarakan 6 semester/ 3 tingkat (untuk Diploma 3) dan 8 semester/ 4 tingkat (untuk Sarjana Terapan) yang terdiri dari 3 tahap, yaitu:

    1 . Tahap Dasar

    Sasaran tahap ini adalah sense of quality. Dalam tahap ini kamu akan dididik untuk disiplin dan jujur. Dari sisi kemampuan berpikir, kamu diharapkan bisa diandalkan dan memiliki ketahanan mental yang kuat.

    2. Tahap Lanjutan

    Sasaran tahap ini adalah sense of efficiency. Dalam tahap ini, kamu dididik untuk mampu menilai situasi secara cermat dan bekerja sama dalam tim. Di lain sisi, kamu juga diharapkan dapat memiliki tanggung jawab pribadi dan siap bekerja dengan orang-orang yang memiliki latar belakang usia, pendidikan, dan orientasi nilai yang berbeda-beda.

    3. Tahap Akhir

    Sasaran tahap ini adalah sense of flexibility and innovation. Di tahap akhir ini kamu akan dituntut lebih kreatif dan mampu menghasilkan ide-ide inovatif. Untuk itu, setelah melalui tahap akhir ini, kamu diharapkan berani mengambil keputusan penting dengan memperhitungkan resiko-resiko yang ada. Inovasi yang diharapkan muncul dari kesediaan kamu untuk terus belajar dan mau membangun jaringan (networking).

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Program Pendidikan di ATMI Cikarang

    Di bagian ini akan dijelaskan mengenai program pendidikannya dan di bagian selanjutnya baru akan dibahas tentang PMB ATMI Cikarang. Terdapat tiga program studi (prodi) yang bisa kamu pilih di ATMI Cikarang sesuai dengan minat kamu. Berikut penjelasan ketiga program studi tersebut:

    1. D3 Mesin Industri

    Prodi D3 Mesin Industri prodi pertama yang diselenggarakan oleh Politeknik ATMI Cikarang, tepatnya pada 1 September 2003 dengan 36 mahasiswa. Di prodi ini kamu akan banyak belajar mengenai mesin industri, baik teori maupun prakteknya.

    Setelah lulus kamu diharapkan mampu memiliki berbagai kompetensi di bidang mesin industri. Misalnya mampu mengerjakan proses manufaktur mekanik (dengan mesin-mesin konvensional dan CNC) serta mempunyai pengetahuan yang mencukupi untuk berbagai macam proses manufaktur di bidang mekanik, peralatan perkakas presisi, membuat rancangan untuk komponen maupun unit mesin, secara manual, maupun dengan bantuan CAD dan CAM.

    2. D4 Teknik Rekayasa Mekatronika

    Prodi Teknik Mekatronika dimulai pada Tahun Ajaran 2012/2013 dani merupakan konsentrasi dari Prodi D3 Mesin Industri. Karena ini merupakan konsentrasi atau lanjutan dari Mesin Industri, maka kamu akan belajar teori dan praktik lanjutan dari industri mesin. Mulai dari Mekanika Teknik, Elektro Teknik, Ilmu Bahan, Perencanaan dan Kontrol Produksi, dan masih banyak lagi.

    3. D3 Manajemen Industri

    Prodi Manajemen Industri merupakan prodi yang masih terbilang baru di Politeknik ATMI Cikarang. Prodi ini mulai aktif beroperasi menerima mahasiswa baru di semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021.

    Sesuai dengan namanya, prodi ini merupakan gabungan dari ilmu manajemen dan industri itu sendiri. Sehingga, di prodi ini kamu akan mempelajari berbagai ilmu tentang perencanaan, koordinasi, dan juga pengaturan sumber daya baik sumber daya manusia, sumber daya perusahaan, dan sumber daya lainnya.

    Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru PMB ATMI Cikarang

    Berikut langkah-langkah Pendaftaran Mahasiswa Baru PMB ATMI Cikarang:

    1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir di sini. Setelah mengisi formulir peserta akan menerima email proses panduan pembayaran.
    2. Setelah mengisi formulir, kamu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.300.000,- ke Bank BCA dengan nomor rekening 0946514777 a.n. Yay Karya ATM
    3. Langkah selanjutnya adalah mengirim bukti pembayaran dan kelengkapan pendaftaran via WhatsApp ke 0811212306 atau email ke [email protected]
    4. Panitia melakukan verifikasi pembayaran & mengirimkan WhatsApp atau email balasan berupa Tanda Terima Pembayaran
    5. Setelah mengikuti semua langkah di atas, kamu tinggal menunggu jadwal untuk mengikuti tes online yang akan dikonfirmasi langsung oleh pihak Politeknik ATMI Cikarang.

    Untuk penerima mahasiswa baru, Politeknik ATMI Cikarang membuka 3 jalur pendaftaran, yaitu Jalur Prestasi, Jalur Reguler, dan Jalur Profesional (Karyawan).

    1. Jalur Prestasi

    Fasilitas:

    1. Bebas Tes Akademis dan Tes Kemampuan Teknik dan Personal
    2. Hanya mengikuti Tes Kesehatan
    3. Pendaftar yang diterima akan mendapatkan keringanan uang pangkal

    Syarat Pendaftaran:

    1. Siswa/i SMK / SMA yang lulus tahun 2023
    2. Program Studi Mesin Industri: Siswa/i kelas XII
    • SMK jurusan Mesin Industri/Perkakas
    • SMA Jurusan IPA
    1. Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika: Siswa/i kelas XII
    • SMK jurusan Elektronika Industri/Mekatronika/Listrik
    • SMA Jurusan IPA
    1. Program Studi Manajemen Industri: Siswa/i kelas XII
    • SMK semua jurusan
    • SMA Jurusan IPA/IPS
    1. Nilai Rapor:
    • Nilai rata-rata kelas X - XI minimal 7,5
    • Program Studi Mesin Industri dan Teknologi Rekayasa Mekatronika: Nilai Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris minimal 7,5
    • Program Studi Manajemen Industri: Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,5
    1. Jika memiliki sertifikat kejuaraan non akademik tingkat kabupaten-nasional, bisa tidak menggunakan nilai rapor. (Misalkan juara 1 Public Speaking tingkat kabupaten)
    2. Membuat Essay dengan materi tentang siapa diri kamu, motivasi kamu masuk ATMI, dan rencana kamu ke depan. Essay diketik dengan ukuran kertas A4, tulisan (font) Calibri, ukuran 12, spasi 1,5, dan 1 halaman.
    3. Tinggi Minimum 155 cm
    4. Sehat jasmani & rohani, tidak buta warna, tidak epilepsi, dan tidak tremor

    Kelengkapan Pendaftaran:

    1. Pas Foto ukuran bebas
    2. Rapor Kelas X s.d. XI
    3. Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir
    4. KTP yang masih berlaku
    5. KTP ortu/wali yang masih berlaku
    6. Jalur Reguler

    Syarat pendaftaran:

    1. Lulus atau sedang menempuh SMA / SMK / Sederajat semua Jurusan
    2. Tinggi Minimum 155 cm
    3. Sehat jasmani & rohani, tidak buta warna, tidak epilepsi, dan tidak tremor

    Kelengkapan pendaftaran bagi yang sudah lulus SMA/ SMK

    1. Pas Foto ukuran bebas
    2. Rapor Kelas X s.d. XII
    3. Ijazah
    4. Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir
    5. KTP yang masih berlaku / kartu pela

    Kelengkapan pendaftaran bagi yang belum lulus SMA/ SMK

    1. Pas Foto ukuran bebas
    2. Rapor Kelas X s.d. XI
    3. Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir
    4. KTP yang masih berlaku / kartu pelajar
    5. KTP ortu/wali yang masih berlaku

    3. Jalur Profesional (Karyawan)

    Syarat pendaftaran:

    1. Lulus SMK / SMA / Sederajat semua Jurusan
    2. Tinggi Minimum 155 cm
    3. Sehat jasmani & rohani, tidak buta warna, tidak epilepsi, dan tidak tremor

    Kelengkapan pendaftaran:

    1. Pas Foto ukuran bebas
    2. Ijazah SMK / SMA / Sederajat
    3. Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir
    4. KTP yang masih berlaku
    5. KTP ortu/wali yang masih berlaku
    6. Surat keterangan bekerja dari perusahaan

    Bayar Biaya Kuliah di ATMI Cikarang dengan Mudah Lewat Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap Politeknik ATMI Cikarang hingga PMB ATMI Cikarang. Sekarang waktunya mewujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di salah satu prodi impianmu dengan bantuan Danacita. Danacita merupakan platform dengan solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi, baik di lembaga pendidikan formal maupun informal.

    Simulasi Cicilan Danacita untuk Mahasiswa Baru

    Dana Pengembangan Pendidikan (DPP)

    Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) Biaya Program Cicilan 12 bulan dari Mahasiswa ke Danacita**
    Jalur Prestasi Rp 12,000,000 Rp 1,072,000 per bulan
    Jalur Reguler Rp 18,000,000 Rp 1,608,000 per bulan

    Simulasi Cicilan Danacita untuk Mahasiswa Baru

    Biaya Semester untuk Pengajuan di awal Semester

    Program Studi Biaya Semester* Cicilan 6 bulan dari Mahasiswa ke Danacita** Cicilan 12 bulan dari Mahasiswa ke Danacita**
    D3 Manajemen Industri Rp 24,500,000 Rp 4,205,833 per bulan Rp 2,188,667 per bulan
    D3 Teknik Mesin Industri Rp 30,500,000 Rp 5,235,833 per bulan Rp 2,724,667 per bulan
    D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika Rp 30,500,000 Rp 5,235,833 per bulan Rp 2,724,667 per bulan

    Note:

    *Biaya Semester Tahun 1 (Semester 1 & 2) termasuk Biaya Kuliah Pokok, Biaya SKS, Iuaran Kegiatan Mahasiswa, dan Ujian Praktek

    **Cicilan bulanan untuk 6 bulan termasuk 3% biaya persetujuan (hanya dikenakan sekali)
    *** Cicilan bulanan untuk 12 bulan termasuk 0,6% biaya platform

    Informasi lebih lanjut dapat menghubungi CS kami di 087739909071 & jadwalkan sesi konsultasi gratis melalui link berikut https://danacita.co.id/s/jadwalkansesi.

    Danacita memberikan solusi bayar kuliah secara cicilan bagi mahasiswa dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan untuk mahasiswa aktif dan hingga 24 bulan khusus bagi mahasiswa baru. Syaratnya yang mudah dan telah diawasi oleh OJK, sehingga dijamin aman.

    Untuk persyaratannya sangat mudah. Kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Politeknik ATMI Cikarang PMB ATMI Cikarang
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri