Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jadi ahli Data Science Cuma Hacktiv8 tempatnya!

2022-10-13

Di era ini, arus informasi melaju dengan sangat cepat. Dampaknya, berbagai data yang membawa informasi pun dimana-mana dan jumlahnya terus mengalami peningkatan. Jika dilihat dari sudut pandang industri, tentunya perusahaan memerlukan orang yang dapat mengolah, menganalisis, hingga mengubah banyaknya data menjadi manfaat yang luar biasa. Nah, bekerja di bidang data science menjadi data scientist adalah profesi yang berperan penting dalam bidang ini.

Peran data scientist bukan hanya untuk mengolah data, tetapi juga dapat memberikan dasar yang bagus untuk menciptakan strategi-strategi bisnis yang sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan. Nah, bagi kamu yang ingin terjun ke bidang ini tetapi belum memiliki ilmu mendalam atau pengalaman, bisa ikut bootcamp data science nih! Salah satu tempat yang sudah terbukti kualitasnya adalah bootcamp data science hacktiv8.

Kamu bisa mengikuti pelatihan di Hacktiv8 karena memiliki beberapa alasan yang menarik sebagai bekal belajarmu. Kira-kira apa saja alasan bootcamp data science Hacktiv8? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa itu Data Science?

Sebelum terjun membahas alasan bootcamp data science Hacktiv8, akan lebih mengenal apa itu data science terlebih dahulu. Data science adalah suatu bidang ilmu yang menggabungkan berbagai kemahiran di bidang ilmu tertentu, yaitu pemrograman, statistik dan matematika. Data science sendiri bertujuan untuk mengekstrak dan mengolah berbagai informasi dari data menjadi insight atau pengetahuan.

Dalam data science, data scientist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengolah dan menganalisis data. Data yang telah diolah akan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Selain itu, Data Scientist juga berperan sebagai problem solver atau penyedia solusi bagi permasalahan bisnis yang dihadapi perusahaan. Dalam menyelesaikan masalah, seorang Data Scientist menggunakan data yang dilengkapi dengan metode ilmiah sebagai senjata utamanya, seperti metode statistika dan matematika.

Biasanya, orang-orang yang mahir dalam bidang data science menggunakan algoritma machine learning atau pembelajaran mesin. Hal ini berguna dalam mengolah teks, gambar, video, audio, dan lain-lain untuk menghasilkan sistem kecerdasan buatan. Sistem kecerdasan buatan ini dapat dirancang untuk melakukan berbagai tugas yang terlalu sulit untuk kecerdasan manusia. Hasil data yang diolah sistem kecerdasan buatan akan dapat dimanfaatkan oleh analis dan pengguna dalam bisnis untuk merancang strategi yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai sebuah tujuan.

Sejarah Singkat Hacktiv8

Sebelum membahas alasan bootcamp data science Hacktiv8, akan dibahas sejarah singkat Hacktiv8 terlebih dahulu. Hacktiv8 adalah tempat pelatihan yang mentransformasi para pemula menjadi digital talent terlatih dan berkompeten di Indonesia. Lembaga pendidikan teknologi yang berdiri pada tahun 2016 ini, berfokus pada pengembangan talent digital, mulai dari pemula hingga menjadi tenaga ahli lewat program bootcamp yang diadakan.

Dengan begitu, diharapkan semakin banyak anak-anak muda yang berkompeten untuk berkarir di dunia teknologi. Untuk saat ini bootcamp yang Hacktiv8 tawarkan meliputi program Full Stack Javascript Immersive, Data Science, dan Digital Marketing. Dan kamu dapat mengikuti kelas pilihanmu dapat diikuti secara remote atau online lho.

Keunggulan Hacktiv8 dibanding lembaga pendidikan teknologi lainnya adalah:

  • Pelajar memiliki opsi untuk mengikuti program pendidikan paruh waktu dalam bentuk kursus, atau mengikuti kelas intensif dalam bentuk bootcamp.
  • Fokus pada penanaman growth mindset untuk para pelajar agar selalu mengembangkan diri dan karir.
  • Skillset yang relevan dengan kebutuhan industri masa kini.
  • Hiring partner sebanyak 350 perusahaan yang siap merekrut lulusan Hacktiv8.

Alasan Bootcamp Data Science Hacktiv8

Pada bagian ini akan dipaparkan apa saja alasan bootcamp data science Hacktiv8 bagi kamu yang tertarik menjadi data scientist.

1. Materi yang Sesuai Dengan Standar Industri

Alasan bootcamp data science Hacktiv8 yang pertama adalah materi atau kurikulum yang diajarkan selalu update sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan di industri terkini. Dengan begitu, setelah lulus pelatihan, kamu akan lebih siap mengikuti perkembangan dan alur karir yang ada.

2. Real Life Project Experience

Selama mengikuti bootcamp, kamu tidak hanya belajar mengenai teori-teori umum saja, akan tetapi kamu juga akan mengaplikasikan langsung teori tersebut lewat real project. Kamu akan bertemu dengan real client dan menggunakan real budgets untuk membantu klien menjalankan bisnis atau usahanya sesuai dengan program yang kamu pilih. Ini juga menjadi alasan bootcamp data science Hacktiv8 yang penting.

3. Career Support

Alasan bootcamp data science Hacktiv8 selanjutnya adalah Hacktiv8 memiliki career support sehingga kamu bisa menonjol dengan pengetahuan yang didapatkan. Kamu akan dipersiapkan dengan baik selama perjalanan pencarian pekerjaan. Seperti membuat kamu semakin bertanggung jawab dan termotivasi selama proses pengembangan karir.

4. Konselor Siswa yang Siap Membantu Proses Belajar

Berikutnya, alasan bootcamp data science Hacktiv8 adalah adanya konselor untuk siswa yang siap membantumu. Jika selama mengikuti bootcamp data science di Hacktiv8 mengalami kesulitan, kamu tak usah khawatir. Sebab, tempat pelatihan ini memiliki konselor yang akan membantumu kapan saja.

Materi yang dipelajari Data Science Hacktiv8

Selain alasan bootcamp data science Hacktiv8 yang sudah dipaparkan sebelumnya, hal lain yang bisa menjadi alasan adalah materi yang dipelajari di bootcamp ini. Program bootcamp data science yang berlangsung selama 12 minggu ini akan lebih fokus dalam melakukan analisis dan studi mengenai data. Selama mengikuti program ini, pelajar akan mempelajari materi-materi seperti:

  • Introduction to Data Science
  • Math for Data Science
  • Probability & Practical Statistics
  • Data Visualization & Interactive Dashboard
  • Supervised & Unsupervised Learning
  • Deep Learning & Big Data

Bootcamp ini memiliki 3 fase pembelajaran yang akan dilewati oleh setiap calon pelajar, fase-fase tersebut adalah:

  • Preparation

Pada fase ini pelajar akan mempelajari dasar-dasar Python, Aljabar Linear dan Kalkulus, Statistik serta Data Visualization untuk membuat dashboard interaktif, akan ada juga sesi presentasi hasil analisa data serta dashboard yang telah dibuat oleh pelajar.

  • Bootcamp fase 1

Pada fase ini pelajar akan mempelajari tentang Machine Learning, Supervised dan Unsupervised Learning, Feature Engineering, Model Evaluation, Improvement serta Deployment model yang telah dibuat.

  • Bootcamp Fase 2

Pada Fase 2 ini pelajar akan mempelajari Deep Learning, Representation Learning, Convolutional Neural Network, Recurrent Neural Network, hingga Big Data seperti Spark, Hadoop, dan juga membuat final project.

Setelah mengikuti bootcamp ini, pelajar akan mampu menempati karir sebagai:

  • Data Scientist
  • Data Architect
  • Data Analyst
  • Machine Learning Engineer

Permudah Pembiayaan Bootcamp Data Science di Hacktiv8 bersama Danacita

Itulah penjelasan lengkap mulai dari data science hingga alasan bootcamp data science Hacktiv8. Jika kamu tertarik tapi bingung karena urusan biaya, salah satu pilihan yang bisa menjadi jawaban adalah dengan menggunakan Danacita. Danacita adalah perusahaan financial technology yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar Hacktiv8 agar memudahkan mereka dalam membiayai studi mereka.

Danacita telah bekerjasama resmi dengan Hacktiv8 untuk memberikan program cicilan 0% selama 3 hingga 9 bulan untuk pelajar yang ingin bootcamp & kursus di Hacktiv8. Dengan mencicil di Danacita, pelajar bisa langsung mengikuti bootcamp dan kursus di Hacktiv8 dengan lebih nyaman dan terjangkau. Berikut adalah simulasi pembiayaan serta detail cicilan menggunakan opsi pembayaran dari Danacita.

Dengan Danacita, kamu bisa duduk di bangku Universitas, Institut atau Sekolah Tinggi bahkan kursus-kursus pengembangan skill seperti di Hacktiv8 tanpa terhalang biaya. Berikut adalah alasan-alasan kenapa kamu harus mengajukan biaya bootcamp & kursus di Hacktiv8 dengan Danacita:

  • Kepatuhan regulasi: Danacita telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Keamanan data: Danacita tersertifikasi ISO 27001, yang membuktikan sistem yang dimiliki telah terjamin keamanan datanya
  • Partner Resmi Hacktiv8 dengan pembayaran biaya pendidikan langsung ke pihak penyelenggara kursus
  • Pengajuan tanpa DP atau Jaminan
  • Proses pengajuan mudah 100% online, maksimal 2 hari kerja
  • Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa biaya apapun

Cara pengajuannya pun cukup mudah, yaitu:

  • Kunjungi website Danacita (Daftar disini)
  • Klik Ajukan jumlah biaya pendidikan kamu
  • Siapkan dokumen yang diperlukan seperti, Bukti tagihan dari Hacktiv8 & Slip Gaji/Mutasi Rekening Wali 1 bulan terakhir.
  • Pastikan nomor handphone yang didaftarkan (Pelajar & Wali), dapat dihubungi oleh tim verifikasi Danacita.
  • Cek status pengajuan di akun Danacita kamu.

Kamu tertarik untuk ikut bootcamp data science di Hacktiv8? Yuk, bikin bootcamp-mu makin terjangkau bareng Danacita!

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!