Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Jadi Ahli Membuat Robot di Kursus Robotics Koding Akademi

2023-02-03

Biaya-Bootcamp-Robotic-Koding-Akademi-Blog-Danacita

Daftar isi

    Perkembangan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan oleh yang namanya ilmu komputer. Mau tidak mau hampir semua hal akan terintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu komputer, termasuk robotika. Robotika menjadi salah satu ilmu yang sangat penting saat ini

    Sebenarnya apa sih itu robotika? Apa manfaat dari belajar robotika? Simak selengkapnya pada artikel berikut.

    Apa itu Robotika?

    Sebelum mengenal lebih jauh pengertian dari robotika, kamu harus tahu dulu jika kata robotika diambil dari kata robot yang berarti sebuah perangkat elektronik yang dapat diprogram untuk melakukan sebuah otomasi terhadap suatu tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Robot ini biasanya digunakan untuk membantu manusia menyelesaikan berbagai tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Misalnya robot industri yang digunakan dalam bidang produksi.

    Jadi apa itu robotika? Pengertian robotika merujuk kepada studi yang berhubungan dengan pembuatan robot.

    Dengan kata lain, robotika adalah salah satu cabang ilmu teknik yang melibatkan konsepsi, desain, manufaktur, dan pengoperasian robot. Tujuan dari bidang robotika adalah untuk menciptakan mesin cerdas yang dapat membantu manusia dalam berbagai cara.

    Manfaat Belajar Robotik

    Bidang robotika dan eksplorasi potensi penggunaan dan fungsi robot telah berkembang semakin pesat saat ini. Meskipun terbilang cukup sulit, akan tetapi mempelajari ilmu robotika ini berbagai macam manfaat, diantaranya:

    1. Mengasah Keterampilan Coding

    Ilmu robotika dan ilmu pemrograman merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pada tahap pemrograman dalam pembuatan robot, kamu akan belajar mengerjakan berbagai kombinasi kode pemrograman komputer. Mudali dari menulis, menguji, menjalankan, menemukan kesalahan, dan memperbaiki masalah dalam coding yang kamu buat. Praktik berkelanjutannya memperkuat keterampilan pengkodean kamu yang akan menjadi langkah awal yang baik dalam kehidupan profesional kamu dalam ilmu komputer.

    2. Belajar Memecahkan Masalah

    Robot dirancang dan diprogram untuk melakukan tugas berat yang tidak dapat dilakukan manusia. Saat membuat robot, kamu akan memikirkan suatu masalah dan mencoba menyelesaikannya dengan cara termudah dengan bantuan robot. Sehingga mempelajari ilmu robotika membuat kamu menjadi problem solver yang baik.

    3. Melatih Creative Thinking

    Robotika merupakan bidang ilmu teknologi yang menggabungkan kreativitas dan kesenangan bersamaan dengan pengetahuan teknis. Kamu dapat merancang dan membuat mesin dan perangkat yang luar biasa dengan melatih kreativitas kamu.

    4. Belajar Mengambil Keputusan yang Baik

    Dapat memahami sebab serta akibat merupakan sebuah keterampilan hidup yang biasanya diajarkan sejak kecil. Melalui pemecahan masalah serta keterampilan berpikir kritis, pengambilan keputusan yang baik dan cepat menjadi lebih mudah. Robot bangunan dan pemrograman berjalan seiring dengan pemecahan sebuah masalah. Sehingga dari situlah akan lahir sebuah ide-ide hebat dan penemuan yang akan mengubah hidup.

    5. Mengembangkan Kemampuan Terkini

    Robotika membuka jalan baru dalam mempelajari keterampilan yang dibutuhkan di seluruh dunia saat ini. Dengan kata lain, mempelajari robotika merupakan kebutuhan saat ini untuk mempersiapkan kamu menghadapi perubahan di masa depan dalam semua aspek kehidupan baik itu pribadi, pendidikan atau profesional.

    Menjadi Ahli Pembuat Robot Dengan Ikut Kursus Robotics Di Koding Akademi

    Untuk kamu yang ingin belajar ilmu robotika, Koding Akademi bisa menjadi salah satu tempat belajar yang tepat. Koding Akademi sendiri merupakan pusat belajar coding dan robotics yang terbesar di Denpasar, Bali dan berdiri sejak 2009. Sesuai dengan namanya, lembaga belajar ini akan mengajarkan kamu berbagai ilmu coding & pemrograman mulai usia 6 hingga 25 tahun dan telah bekerjasama dengan berbagai sekolah nasional dan internasional di Bali.

    Koding Akademi memiliki 4 program kelas itu belajar Robotika, diantaranya:

    1. Arduino Beginner 1.0

    Kelas Arduino Intermediate adalah kelas yang disediakan khusus untuk kamu yang baru ingin mulai belajar Arduino. Kursus ini mencakup semua dasar-dasar Arduino, mulai dari Arduino development board, read board schematics, compile and run a program, dan masih banyak lagi.

    Di sini kamu akan belajar dengan alat prototyping dasar dan penggunaannya, dasar-dasar lingkungan pemrograman Arduino, bahasa dan pemrograman. Selain itu, kamu juga akan dapat menggunakan berbagai komponen. Mulai dari tombol dan LED sederhana, warna yang terlihat, sinar ultraviolet, hingga sensor lingkungan lainnya.

    Di akhir kursus nanti, kamu diharapkan akan memiliki pemahaman yang baik tentang kemampuan Arduino Uno, Arduino terbaik untuk pemula, dan kamu akan terbiasa dengan kemampuan Arduino lainnya.

    Di kelas ini kamu akan belajar selama 24 pertemuan selama kurang lebih 6 bulan dengan biaya Rp2.400.000.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    2. Arduino Home Package 1

    Arduino Home Package 1 merupakan paket belajar yang berisi dua project besar yang sangat menarik untuk memperdalam skill coding dengan arduino dan proses integrasi dengan beberapa sensor.

    Kedua paket tersebut adalah Paket Smart Parking Kit, dan Paket Smart Water Dispenser Kit. Paket belajar ini sudah termasuk dengan bimbingan 5 kali meeting (offline/ online via zoom) dengan durasi 90 menit/ meeting. Biaya untuk kursus ini yaitu Rp1.500.000

    3. Arduino Home Package with Starter Kit

    Arduino Home Package with Starter Kit adalah kit arduino yang dikhususkan untuk kamu yang ingin belajar mandiri di rumah. Dengan begini, kamu dapat lebih bisa mencoba arduino kapanpun.

    Beberapa kit yang akan kamu dapatkan dari kelas ini antara lain LED 6 buah, LDR 2 buah, RGB LED 2 buah, dan masih banyak lagi. Biaya kursus ini yaitu Rp1.100.000

    4. Arduino Intermediate

    Kelas Arduino Intermediate merupakan kelas lanjutan dari Basic Arduino Programming. Di kelas ini kamu akan mendalami penggunaan arduino dengan sensor-sensor lain yang lebih kompleks. Dalam setiap unit, kamu akan mendapatkan mini project untuk dipraktekan langsung dengan komponen-komponen yang sudah ditentukan.

    • Soil Moisture Sensor
    • Load Cell
    • RTC
    • Vibration Sensor
    • Driver Motor
    • SD Card

    Kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan atau 12 kali pertemuan, dengan durasi 90 menit/ pertemuan dengan biaya dengan biaya 600.000

    Belajar Robotics Di Koding Akademi Dengan Danacita

    Danacita merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pinjaman pendidikan secara bertahap untuk kamu yang ingin atau sedang menempuh pendidikan formal di tingkat perguruan tinggi maupun pendidikan informal, seperti pelatihan atau course, termasuk Koding Akademi.

    Simulasi Pembiayaan Kursus Cicilan Reguler

    Program Program Fee 6 Bulan 9 Bulan 12 Bulan
    Data Analyst 8,499,000 1.569.482 per bulan 1.100.149 per bulan 856.983 per bulan
    Fullstack Developer 9,499,000 1.754.149 per bulan 1.229.593 per bulan 957.816 per bulan
    Laravel 4,000,000 738.667 per bulan 517.778 per bulan 403.334 per bulan

    Danacita hadir sebagai solusi untuk membantu kamu menurunkan kendala biaya pendidikan agar lebih terjangkau dengan kredit pendidikan, dan menjadi jembatan untuk kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Ajukan biaya bootcamp mu sekarang di sini.

    banner-blog-leads-generation

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!