Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jalur Mandiri UNNES 2023: Ada 5 Jalur Seleksi Mandiri

2023-03-31

Daftar isi

    Jalur mandiri merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memungkinkan calon mahasiswa untuk dapat diterima tanpa melalui jalur ujian masuk seleksi nasional seperti SNMPTN atau SBMPTN.

    Jalur ini biasanya dibuka setelah jalur-jalur tersebut selesai dilaksanakan, sehingga dapat menjadi pilihan terakhir bagi calon mahasiswa yang belum diterima melalui jalur reguler.

    Namun, meskipun jalur mandiri merupakan jalur terakhir, bukan berarti jalur ini lebih mudah untuk ditembus. Calon mahasiswa yang ingin memilih jalur mandiri harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh UNNES dan bersaing dengan calon mahasiswa lain yang juga memilih jalur ini.

    Kira-kira apa saja ya persyaratannya? Mari simak informasi lebih lengkap mengenai jalur mandiri UNNES 2023 di bawah ini.

    Apa Itu Ujian Jalur Mandiri?

    Ujian jalur mandiri adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yang memungkinkan calon mahasiswa untuk mendaftar tanpa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

    Ujian jalur mandiri dilaksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi yang membuka jalur tersebut, dengan menggunakan sistem ujian tulis, ujian tertulis-online, atau ujian tertulis-daring (online).

    Setiap perguruan tinggi yang membuka jalur mandiri memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda-beda. Beberapa perguruan tinggi mensyaratkan calon mahasiswa untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara, sementara yang lainnya hanya mengadakan tes tertulis saja. Selain itu, setiap perguruan tinggi juga menentukan bobot nilai untuk setiap mata pelajaran yang diujikan dalam ujian jalur mandiri tersebut.

    Persyaratan Jalur Mandiri UNNES 2023

    Terdapat 3 jalur seleksi mandiri UNNES 2023, diantaranya:

    S1 Jalur Prestasi

    SM-UNNES Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma 3 yang diadakan secara independen oleh Universitas Negeri Semarang. Berikut persyaratan umum dan khusus yang harus calon mahasiswa penuhi:

    Persyaratan Umum

    1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
    2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
    3. Menandatangani di atas materai Rp 10.000 surat kesanggupan berprestasi selama masa studi yang akan dievaluasi tim.

    Persyaratan Khusus

    1. Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:
    2. Juara I, II dan III (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
    3. Juara I (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
    4. Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
    5. Pernah menjabat sebagai KETUA OSIS/Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang berprestasi selama menempuh studi di SMA/MA/SMK/MAK.
    6. Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan untuk beladiri, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, panahan, atletik, renang, e-sport dan sepak takraw yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui dan dibuktikan dengan surat pengantar oleh induk organisasi olahraga.
    7. Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal terdiri 10 orang), tari (berpasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya yang relevan.
    8. Juara olimpiade/lomba mata pelajaran yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.
    9. Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya.
    10. Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai h harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.
    11. Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).
    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    2. S1 PGSD UNGGULAN

    SM-UNNES Jalur PGSD Unggulan adalah seleksi mandiri untuk mahasiswa baru S1 di Universitas Negeri Semarang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu input mahasiswa dan calon guru Sekolah Dasar yang unggul untuk mengikuti PPG.

    Persyaratan Umum

    1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah
    2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) golongan 1 atau 2 (semester 1 s.d. 8) dan diakselerasi untuk mengikuti PPG Prajabatan.

    Persyaratan Khusus

    1. Nilai rapor semester 1 s.d. 5 mata pelajaran Bahasa Inggris, rumpun atau mata pelajaran IPA, rumpun atau mata pelajaran IPS, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Bahasa Indonesia pada SMA/MA/SMK/MAK/sederajat minimal 8 dengan dibuktikan dokumen rapor atau transkrip nilai atau dokumen resmi lainnya.
    2. Mengikuti Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).
    3. Mengikuti wawancara.

    3. S1 Kelas Internasional

    SM-UNNES Jalur Kelas Internasional adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru S1 di Universitas Negeri Semarang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa baru UNNES pada tahun akademik 2023/2024.

    Persyaratan Umum

    1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
    2. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2021 dan 2022 yang dibuktikan dengan Ijazah.
    3. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

    Persyaratan Khusus

    1. Nilai akhir mata pelajaran Bahasa Inggris pada SMA/MA/SMK/MAK/sederajat minimal 8 dengan dibuktikan dokumen raport, transkrip nilai atau dokumen resmi lainnya.
    2. Mengikuti Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA)

    Waktu dan Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri UNNES 2023

    Pendaftaran Jalur Mandiri UNNES 2023 Jalur Prestasi akan dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Maret hingga 9 Juni 2023. Anda dapat mendaftar melalui situs web https://penerimaan.unnes.ac.id.

    Untuk mengikuti Seleksi Mandiri UNNES Jalur Prestasi 2023, calon pendaftar harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 (Program studi Sosial Hukum/Sains Teknologi); Rp350.000 (Program studi Sosial Hukum dan Sains Teknologi), dan Rp150.000 untuk biaya Ujian Keterampilan (bagi prodi tertentu).

    Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui Bank BTN dan Bank BNI di seluruh Indonesia dengan menunjukkan kode pembayaran Virtual Account (VA).

    Pendaftaran dan Seleksi Jalur Mandiri UNNES 2023

    Berikut langkah-langkah pendaftaran dan seleksi jalur mandiri UNNES 2023 yang harus diperhatikan:

    1. Membuka laman https://penerimaan.unnes.ac.id
    2. Mengisi biodata.
    3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk menerima kode pembayaran berupa nomor Virtual Account (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2023;
    4. Memilih program studi yang diminati sesuai peminatan keilmuan di sekolah;
    5. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil dengan kode pembayaran nomor Virtual Account (VA) BNI. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, ATM, internet banking, atau Mobile banking;
    6. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta mengisikan nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi;
    7. Calon peserta mengunggah: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh;
    8. Calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk unggah pas foto diri, unggah surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan unggah bukti prestasi yang dimiliki;
    9. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan;
    10. Mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri;
    11. Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi;
    12. Mengikuti tes sesuai jadwal yang ditentukan;
    13. Hasil seleksi administrasi (tahap I) diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 12 Juni 2023;
    14. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap I wajib mengikuti Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA) pada tanggal 17 s.d. 18 Juni 2023;
    15. Hasil seleksi (tahap II/akhir diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 23 Juni 2023.

    Ketentuan Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNNES 2023

    Adapun ketentuan hasil seleksi jalur mandiri UNNES 2023, sebagai berikut:

    Jalur Prestasi

    1. Lulus Ujian Tulis Test Potensi Akademik (TPA) dan Test Bahasa Inggris.
    2. Kesesuaian prestasi dengan pilihan program studi dan daya tampung menjadi pertimbangan dalam proses penerimaan.
    3. UNNES memberikan penghargaan kepada calon mahaiswa yang diterima di Jalur Seleksi Mandiri Prestasi berupa keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori I/Kategori II dari semester 1 s.d semester 8.
    4. Peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Nasional berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori I/terendah per semester.
    5. Peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.
    6. Peserta peraih juara I dalam bidang olah raga, seni, teknologi dan lomba bidang keagamaan tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.

    Jalur PGSD Unggulan

    1. Lulus Ujian Tulis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa.
    2. Lulus tes wawancara.
    3. Daya tampung calon mahasiswa baru SM-UNNES jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan sebanyak 30 (tiga puluh) calon mahasiswa (1 Rombel).

    Jalur Kelas Internasional

    1. Lulus Ujian Tulis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris.

    5 Jalur Seleksi Jalur Mandiri UNNES 2023

    UNNES membuka 5 jalur Seleksi Mandiri pada tahun ini. Kepala UPT Humas UNNES, Zaenal Abidin SSi MCs PhD, mengatakan bahwa SM-UNNES adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diadakan oleh UNNES sendiri melalui ujian tertulis/daring dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga.

    Ia menambahkan bahwa ada 5 jalur SM-UNNES pada tahun ini, yaitu S1 Jalur Prestasi dengan pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret hingga 9 Juni 2023, S1 Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan dengan pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret hingga 9 Juni 2023, serta S1 Jalur Kelas Internasional bagi calon mahasiswa dari Indonesia dengan pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Maret hingga 9 Juni 2023.

    Selain itu, terdapat Jalur Pendidikan Profesi Konselor dengan pembukaan gelombang pertama pendaftaran dari tanggal 1 Maret hingga 28 April 2023 dan gelombang kedua dibuka pada tanggal 22 Mei hingga 14 Juli 2023.

    Ada juga Jalur S2 dan S3 Reguler dengan pembukaan gelombang pertama pendaftaran dari tanggal 1 Maret hingga 3 Mei 2023 dan gelombang kedua dibuka dari tanggal 15 Mei hingga 18 Juli 2023.

    Berkuliah di UNNES Lancar dengan Bayar Pakai Danacita

    Demikian informasi mengenai jalur mandiri UNNES 2023. Sekarang kamu bisa berkuliah di Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan mudah bersama Danacita.

    Danacita adalah sebuah platform Fintech pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, salah satunya UNNES.

    Danacita memberikan solusi pembayaran bootcamp secara cicilan bagi kamu dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!