Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jangan terlewat 3 rekomendasi kampus di Solo!

2022-09-08

Daftar isi

    Hidup memang penuh dengan pilihan. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, kita sudah dihadapkan dengan pilihan melanjutkan kuliah atau bekerja. Belum lagi pilihan-pilihan kampusnya, lokasinya, kualitasnya, dan harganya.

    Tenang saja, penulis sudah merangkumnya untuk kamu yang bingung melanjutkan pendidikan di mana. Pastinya rekomendasi kali ini adalah kampus di Solo atau Surakarta.

    Perlu diingat bahwa saat ini baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta memiliki persaingan yang sangat ketat. Dengan demikian, kualitas pendidikannya bisa dibilang tidak begitu jauh. Jadi tidak masalah apakah kamu memilih perguruan tinggi swasta ataupun negeri.

    Kenapa kamu perlu kuliah

    Kuliah merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas diri baik secara materi maupun pengembangan mental. Selama berkuliah, kamu akan dibekali pengetahuan dan kemampuan sesuai dengan bidang yang kamu pilih. Sedangkan mental kamu secara perlahan akan berkembang dan tertempa mengikuti dan menyesuaikan lingkungan kampus tempat kamu kuliah.

    Dua poin tersebut adalah kunci utama dalam meningkatkan kualitas diri. Pengetahuan, keterampilan, dan mental seseorang yang mengenyam pendidikan tinggi biasanya unggul satu tingkat dari mereka yang tidak berkuliah.

    Kenapa ambil kuliah di Solo

    Rekomendasi kampus di Solo atau rekomendasi kampus di Surakarta ini tidak terlepas dari keunikan kotanya itu sendiri. Solo merupakan salah satu kota yang cukup ikonik di Indonesia, apalagi presiden saat ini, yaitu Joko Widodo merupakan putra kelahiran Solo.

    Keunikan lainnya adalah nama Surakarta dan Solo itu sendiri. Dilansir dari Liputan6.com, Sejarah kota Solo dimulai ketika Keraton Kartosuro mengalami kehancuran akibat serbuan dari Pemberontak Kerajaan Mataram.

    Raja Pakubuwana II saat itu sedang mencari lokasi baru untuk menjadi pusat pemerintahan dan memilih Sala (Solo). Namun kemudian, namanya diganti menjadi Surakarta Hadiningrat.

    Akan tetapi dalam penggunaannya saat ini, Surakarta biasanya digunakan dalam situasi formal pemerintahan, sedangkan nama Sala/Solo lebih merujuk pada penyebutan umum yang dilatarbelakangi aspek kultural. Dari keunikan nama ini, kota Surakarta/Solo memiliki sejarah yang sangat panjang.

    Keuntungan kuliah di Solo

    Lalu, apa sih alasan yang mengharuskan kamu memilih kampus Solo atau kampus Surakarta? Masih dilansir dari Liputan6.com, Solo termasuk salah satu kota dengan biaya hidup termurah. Hal ini merupakan alasan utama mengapa kamu harus kuliah di Solo. Keuntungan seperti ini sulit kamu temukan di kota-kota lain.

    Keuntungan lainnya kuliah di kampus Solo atau kampus Surakarta adalah banyaknya tempat wisata, baik wisata alam maupun wisata bersejarah. Di antaranya yaitu Taman Gunung Lawu dan Keraton Surakarta Hadiningrat serta masih banyak lainnya. Banyaknya pilihan tempat wisata bisa jadi sarana melepas penat ketika berjibaku dengan mata kuliah.

    Rekomendasi kampus UIN RMS

    Rekomendasi kampus di Surakarta yang pertama adalah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said atau kerap disingkat UIN RMS. UIN RMS merupakan perguruan tinggi negeri yang menerapkan nilai-nilai islami dalam proses belajar sehari-hari. Sangat cocok bagi kamu yang ingin kuliah sambil memperdalam ilmu agama.

    Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1992 ini berlokasi di Jalan Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kampus Surakarta ini memiliki lahan area kampus yang sangat luas seluas kurang lebih 14 hektar.

    Melihat dari situs resminya www.uinsaid.ac.id UIN RMS memiliki predikat akreditasi B atau Baik dengan SK Perpres No. 42 Tahun 2021.

    Rekomendasi kampus USAHID

    Rekomendasi kampus di Solo selanjutnya adalah USAHID Solo atau Universitas Sahid Solo dan ada pula yang menyebutnya USAHID Surakarta atau Universitas Sahid Surakarta. Kampus ini telah berdiri sejak 22 Agustus 2002 dengan Nomor SK PT 184DO2002 dan Tanggal SK PT 22 Agustus 2002.

    Kampus Surakarta atau kampus Solo ini telah meraih predikat B atau Baik yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hingga saat ini Universitas Sahid Surakarta telah memiliki 10 program studi dan 1 jenjang profesi. Laman resminya bisa kamu temui di www.usahidsolo.ac.id

    Rekomendasi kampus UNISRI

    Rekomendasi kampus di Solo terakhir adalah UNISRI atau Universitas Slamet Riyadi merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Surakarta. Perguruan tinggi ini memiliki visi untuk menjadi universitas bermutu di tingkat ASEAN yang berlandaskan Pancasila dan nilai-nilai perjuangan Slamet Riyadi di tahun 2026.

    Universitas Slamet Riyadi atau UNISRI merupakan perguruan tinggi yang terletak di Jawa Tengah dan berakreditasi B. Hingga saat ini, UNISRI memiliki lebih dari 4000 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas reguler (pagi) dan kelas malam khusus untuk mereka yang kuliah sambil bekerja.

    Sebagai kampus swasta, fakultas dan jurusan yang dimiliki kampus Solo ini terbilang cukup lengkap. Diantaranya seperti Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknologi dan Industri Pangan, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. 

    Di antara fakultas yang ada, berikut program studi yang dimiliki kampus rekomendasi di Surakarta yaitu Ilmu Hukum, Agroteknologi, Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Keguruan dan Pendidikan, Teknik Informatika, Teknik Pertanian, Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi, dan Ilmu Komunikasi. 

    Itu dia informasi mengenai rekomendasi kampus di Surakarta dan rekomendasi kampus di Solo. Semua rekomendasi yang diberikan tentunya adalah kampus-kampus pilihan yang terdapat di kota Surakarta atau Solo. Jangan khawatir jika kamu memiliki kendala finansial. Danacita siap membantu membayarkan seluruh biaya kuliah kamu. Selanjutnya kamu cuma perlu mengganti dengan cara dicicil. Temukan informasi menarik lainnya di Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!