Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Bimbingan dan Konseling: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-20

jurusan-bimbingan-dan-konseling

Daftar isi

    Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah. Kamu harus benar-benar memikirkan jurusan apa yang akan kamu ambil. Sebab, perkuliahan merupakan langkah awal untuk kamu menjalani kehidupan, dan jurusan kuliah bisa menjadi bekal yang tepat untuk bisa bekerja.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion atau minat kamu. Sehingga ketika kuliah nanti kamu bisa menjalaninya dengan baik.

    Dari sekian banyaknya jurusan yang ada, untuk kamu yang tertarik dengan hal-hal yang berurusan dengan membantu orang lain, jurusan Bimbingan dan Konseling bisa menjadi pilihan. Terutama untuk kamu yang mempunyai sifat penyabar, mudah bersosialisasi, bisa bersikap tenang ketika menghadapi masalah, dan juga memiliki minat terhadap penyuluhan dan konseling.

    Apa itu jurusan Bimbingan dan Konseling? Apa saja yang dipelajari, dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut!

    Apa Itu Jurusan Bimbingan dan Konseling?

    Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan salah satu bidang studi yang berfokus menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi ahli dalam bimbingan dan konseling. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal, terutama di bidang pendidikan dan psikologi.

    Seperti ilmu pendidikan, berhubungan dengan cara pembelajaran, pemahaman pendidikan, dan pemahaman terhadap peserta didik. Jadi kamu akan dibekali oleh keahlian untuk melakukan komunikasi antar personal, sehingga mampu melakukan interaksi dengan individu lain untuk tujuan tertentu.

    Jurusan bimbingan dan konseling akan berorientasi pada pemahaman terhadap perilaku manusia sebagai salah satu fokus kajian psikologi, sehingga setiap lulusannya umumnya dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dari para siswa dan juga berperan dalam memandu siswa dalam mengarahkan minat dan bakat agar menjadi hal yang positif.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Bimbingan dan Konseling?

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, di jurusan bimbingan dan konseling kamu akan banyak belajar tentang gabungan ilmu pendidikan dan psikologi. Ilmu pendidikan digunakan sebagai dasar dalam melakukan bimbingan bagi dunia pendidikan. Sementara Ilmu psikologi yang didapat meliputi pemahaman kepribadian, ilmu perilaku manusia, teori psikologi, dll.

    Selain itu, di jurusan bimbingan dan konseling kamu juga akan belajar ilmu konseling yang terdiri dari teori serta aliran konseling, pendekatan konseling, praktikum, dan juga teknik teknik dalam konseling. Di dalam ilmu konseling ini nantinya akan ada beragam mata kuliah yang akan dipelajari dan sangat lengkap.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan bimbingan dan konseling antara lain:

    • Kajian dan Praktikum Konseling Masalah Akademik
    • Kajian dan Praktikum Konseling Masalah Emosional
    • Kajian dan Praktikum Konseling Masalah Sosial
    • Praktik Psikoedukasi
    • Praktik Konseling Individual
    • Belajar dan pembelajaran
    • Kesehatan Mental
    • Konseling Karier
    • Media Bimbingan dan Konseling
    • Modifikasi Perilaku
    • Dan lain sebagainya

    Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jurusan Bimbingan dan Konseling?

    1. Belajar Memahami Tiap Individu

    Jurusan ini akan belajar segala hal tentang karakter manusia, perilaku manusia, dan ilmu neurologi. Kamu juga akan dibekali materi bagaimana cara mengajar yang ideal agar dapat diminati dan disenangi oleh individu. Sehingga hal ini akan memudahkan dalam mengenali karakter yang membuat hubungan dengan orang lain semakin terjaga dengan baik.

    2. Ilmunya Bisa Digunakan untuk Hal Bermanfaat

    Ilmu yang dipelajari di jurusan bimbingan dan konseling bisa dibilang sebagai salah satu ilmu yang sangat penting. Hal ini dikarenakan ilmu psikolog yang ada di jurusan Bimbingan dan Konseling bisa digunakan untuk hal bermanfaat. Misalnya mengatasi masalah yang dihadapi orang lain. Bahkan ilmunya bisa digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan pendekatan secara persuasif seperti konsultan, tim sales, dan konselor.

    3. Kurikulum yang Menyenangkan

    Meski secara umum jurusan bimbingan dan konseling mempelajari ilmu pendidikan dan psikologi, tetapi kurikulum yang ada di tidak selalu membicarakan tentang pendidikan konseling. Terdapat beberapa materi menarik seperti gangguan mental, perilaku orang tua sampai anak muda, pola asuh, dan sesi tanya jawab antar mahasiswa. Sehingga selain fokus mempelajari ilmu yang akan digunakan di dunia kerja, kamu juga akan memiliki banyak waktu untuk mengenal karakter diri sendiri lebih dalam dan cara berinteraksi dengan orang lain yang lebih baik.

    4. Selalu Dicari Pemerintah

    Sebagai jurusan yang mengajarkan untuk menanamkan karakter yang baik, lulusan jurusan bimbingan dan konseling akan selalu dicari oleh pemerintah. Hal ini karena pemerintah membutuhkan anak bangsa yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah psikologi yang sedang dihadapi. Sehingga setelah lulus kuliah, mahasiswa akan dijamin bisa bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) untuk ditempatkan di lembaga pemasyarakatan, PKBI, kementerian agama, kementerian pendidikan, dan sebagainya.

    5. Pilihan Karir yang Luas

    Berkat ilmu bimbingan dan konseling sendiri yang berguna dalam memecahkan masalah mental seseorang, membuat lulusan jurusan bimbingan dan konseling memiliki pilihan karir yang cukup luas. Jika dibandingkan dengan prospek kerja di jurusan lain, prospek kerja jurusan Bimbingan dan Konseling bisa dibilang yang paling aman dari ancaman otomatisasi karena setiap pekerjaan jurusan ini membutuhkan komunikasi manusia yang handal, tentunya, hal ini tidak bisa dilakukan oleh teknologi manapun.

    Prospek Kerja Jurusan Bimbingan dan Konseling

    1. Guru BK

    Guru Bimbingan Konseling (BK) merupakan salah satu pilihan karir utama bagi lulusan jurusan bimbingan dan konseling. Kamu bisa menjadi Guru BK di berbagai tingkatan Pendidikan. Bahkan untuk saat ini banyak lembaga Pendidikan swasta untuk tingkat lebih rendah seperti PAUD yang menggunakan jasa guru BK.

    Tugas utamanya memberikan bimbingan dan arahan secara psikologi kepada siswa. Selain itu, Guru BK juga berperan dalam memandu siswa dalam mengarahkan minat dan bakat agar menjadi hal yang positif.

    2. Konselor Pendidikan

    Lulusan jurusan bimbingan dan konseling juga bisa mengembangkan karir sebagai konselor pendidikan. Sedikit berbeda dengan Guru BK, Konselor Pendidikan memiliki tugas untuk memberikan penyuluhan mengenai jenjang pendidikan anak yang akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Misalnya pada jenjang SMA, konselor dapat menjadi pemberi konsultasi bagi siswa untuk memilih jurusan perkuliahannya. Konselor juga biasanya ditemukan pada lembaga belajar atau kursus yang khusus untuk persiapan melanjutkan pendidikan.

    3. Hipnoterapis

    Lulusan dari jurusan bimbingan dan konseling juga bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang hipnoterapis. Bukan hanya lulusan Psikologi yang memiliki keahlian hipnoterapis, lulusan jurusan bimbingan dan konseling juga mempunyai kemampuan serta kesempatan yang sama untuk menggeluti profesi ini.

    Agar bisa berkarir pada profesi ini, kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Salah satunya dengan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan supaya bisa menjadi hipnoterapis profesional.

    4. Konselor Pusat Rehabilitasi

    Prospek kerja berikutnya dari jurusan ini adalah bisa berkarir menjadi tenaga konselor yang memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Untuk mengatasi dan menangani berbagai kasus sosial di pusat rehabilitas, tentunya keberadaan konselor sangat diperlukan. Dengan berbekal ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama berkuliah di jurusan bimbingan dan konseling, akan sangat berguna untuk menjadi konselor di pusat rehabilitasi.

    5. Bagian Personalia atau HRD

    Sebagai jurusan yang dibekali kemampuan psikologi, terutama dalam menangani permasalahan individu kamu juga bisa berkarir sebagai staff HRD di perusahaan. Secara umum, pekerjaan HRD adalah mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan yang ada di perusahaan. Pekerjaan dan tugas mereka sehari-hari melakukan proses rekrutmen, pengembangan, evaluasi, hingga konsultasi.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Bimbingan dan Konseling Terbaik

    1. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

    Jurusan Bimbingan dan Konseling UMBY merupakan jurusan yang memiliki visi Menjadi Program Studi yang Unggul dan Bermutu dalam Bidang Bimbingan dan Konseling serta Menghasilkan Lulusan yang berlandaskan Ketaqwaan, Berjiwa Edupreneurship, dan Berwawasan Internasional pada Tahun 2029.

    Sebagai program studi yang telah terakreditasi “B”, jurusan ini berkomitmen untuk membangun suasana perkuliahan yang nyaman bagi seluruh civitas akademika dengan pilihan konsentrasi: BK komunitas, BK pengembangan SDM, dan BK keluarga.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Ingin Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta? Simak Profil Lengkapnya di Sini!

    2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Jurusan Bimbingan dan Konseling UNNES didirikan pada tahun 1965, dan merupakan salah satu jurusan tertua di UNNES. Jurusan ini mempersiapkan para sarjana dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling pada siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, para sarjana memiliki wewenang sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah dasar, komunitas sosial, dosen bimbingan dan konseling, dan bimbingan dan konseling profesional bagi pelestarian wawasan instruktur.

    Jurusan ini menyelenggarakan pendidikan di bidang Bimbingan dan Konseling yang dapat memberikan layanan konseling baik di sekolah maupun di masyarakat yang berujung pada pemberian gelar sarjana (S1) di bidang Bimbingan dan Konseling. Di jurusan ini kamu akan menempuh studi selama 4 tahun atau 8 semester dengan total 144 sks.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: ELena dan Sitedi UNNES: Panduan Penggunaannya

    3. Universitas Negeri Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI)

    Jurusan Bimbingan dan Konseling UNISRI masuk dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memiliki visi Menjadi Lembaga Pendidikan Penghasil Sarjana Pendidikan yang Profesional, dan Kompetitif di tingkat ASEAN.

    Di sini kamu akan menempuh pendidikan selama 8 semester dengan bebas SKS kurang lebih 144 SKS. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di sini antara lain, Manajemen BK, Teori Konseling, Asesmen Teknik Tes, BK di Sekolah, dan masih banyak lagi.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Sudah Tahu Cara Mudah Daftar di PMB UNISRI? Cek Jurusan dan Cara Daftarnya Di sini!

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Bimbingan dan Konseling dengan Danacita

    Sekarang kamu bisa mewujudkan mimpi kamu untuk berkuliah di jurusan Bimbingan dan Konseling dengan Danacita. Danacita merupakan sebuah platform teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi yang terjangkau.

    Danacita memberikan solusi bayar kuliah secara cicilan bagi mahasiswa dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan untuk mahasiswa aktif dan hingga 24 bulan khusus bagi mahasiswa baru.

    Untuk mendapatkan bantuan biaya, kamu kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!