Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Ekonomi Syariah: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-ekonomi-syariah

Daftar isi

    Sebagai salah satu negara dengan penduduk yang mayoritas beragama islam, Indonesia berupaya menghadirkan perbankan ekonomi syariah untuk menghindari sistem riba dalam kegiatan transaksi sehari-hari.

    For your information, saat ini, terdapat sekitar puluhan bank umum, unit usaha, dan lembaga keuangan yang berbasis syariah. Jumlah tersebut tentu saja akan terus bertambah sehingga peluang kerja di bidang ini buat kamu di masa depan sangatlah cerah.

    Untuk kamu yang ingin bekerja di bank atau lembaga keuangan berbasis syariah, jurusan Ekonomi Syariah menjadi langkah pertama untuk mewujudkan mimpi kamu.

    Apa sih jurusan Ekonomi Syariah itu? Apa saja yang akan kamu pelajari, dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan penjelasan lengkap mengenai jurusan ekonomi syariah di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Ekonomi Syariah?

    Jurusan Ekonomi Syariah pada dasarnya merupakan bidang studi yang mempelajari tentang ilmu, teori dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, terkhusus dalam perspektif islam.

    Jurusan ini juga sering disebut dengan Ekonomi Islam, sebab dalam ajaran agama Islam, nilai dan hukum setiap kegiatan ekonomi (seperti jual-beli, utang-piutang, simpan-pinjam, bagi hasil, dan lain-lain) telah diatur.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ekonomi Syariah?

    Secara garis besar, materi yang kamu temui di jurusan ekonomi syariah hampir sama dengan jurusan ekonomi pada umumnya. Hanya saja, di jurusan ini kamu akan mendapatkan materi yang sesuai dengan syariah Islam, yaitu Al-Quran, Hadits, dan kaidah fiqih lainnya.

    Meski begitu, kamu juga akan tetap mendapatkan materi perkuliahan yang berhubungan dengan sistem ekonomi konvensional, sehingga kamu bisa mendapatkan perbandingan dan kesimpulan utuh terkait sistem ekonomi yang ideal

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ekonomi syariah, antara lain:

    • Pengantar ekonomi islam
    • Sejarah pemikiran ekonomi islam
    • Fiqh muamalah
    • Ushul fiqh
    • Kebanksentralan dan lembaga keuangan islam
    • Ekonomi pembangunan islam
    • Manajemen bank syariah
    • Akuntansi syariah
    • Ilmu statistik
    • dan masih banyak lagi

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Ekonomi Syariah?

    1. Penting Bagi Kehidupan

    Sudah menjadi rahasia umum jika jurusan ekonomi sangat memegang peranan penting. Hal ini karena setiap aspek kehidupan digerakkan oleh yang namanya ekonomi. Tanpa berjalannya ekonomi maka semua hal akan terganggu. Dengan masuk di jurusan Ekonomi Syariah maka kamu akan mengambil peranan penting dalam masyarakat dengan tata cara Islam.

    2. Tren Ekonomi Syariah yang Semakin Berkembang

    Sadar atau tidak, belakangan ini, perkembangan ekonomi dan keuangan yang berlandaskan syariah Islam semakin berkembang. Terutama di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Ini membuat jurusan ekonomi syariah menjadi jurusan yang cukup menjanjikan dan banyak dibutuhkan.

    3. Mempelajari Dua Ilmu Penting Sekaligus

    Dalam jurusan ekonomi syariah, kamu tidak hanya akan mendapatkan materi mengenai ilmu ekonomi saja, tetapi juga ilmu yang berkaitan dengan agama Islam. Sehingga, di jurusan ini kamu akan mempelajari kedua ilmu tersebut sekaligus. Menarik bukan?

    4. Peluang Kerja yang Luas

    Sama seperti jurusan ekonomi lainnya, peluang kerja bagi para lulusan jurusan ekonomi syariah juga sangat luas. Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan atau lembaga, mulai dari lembaga perbankan, kantor perpajakan, ataupun perusahaan-perusahaan lainnya.

    Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

    1. Karyawan Perbankan Syariah

    Prospek kerja pertama untuk lulusan jurusan Ekonomi Syariah adalah sebagai karyawan perbankan. Posisi ini akan selalu menjadi pilihan bagi para lulusan fakultas ekonomi, termasuk untuk lulusan jurusan ekonomi syariah. Apalagi, saat ini sudah banyak bank yang mulai menerapkan hukum syariah sebagai kebijakan baru.

    2. Konsultan Bisnis

    Berkembangnya perekonomian Islam mengisyaratkan aturan bisnis syariah yang juga ikut naik daun. Dengan bekal ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah, kamu dapat berprofesi sebagai konsultan bisnis, khususnya yang bersangkutan dengan hukum keuangan Islam. Ini juga menjadi prospek kerja dari jurusan ekonomi syariah.

    3. Pegawai Pajak

    Prospek karir jurusan ekonomi syariah selanjutnya adalah menjadi pegawai pajak. Tugas yang akan dijalankan ketika menjadi pegawai pajak cukup beragam. Mulai dari menghitung pajak, hingga melakukan audit finansial terhadap perusahaan secara menyeluruh.

    Namun, angka persaingan untuk pekerjaan ini cukup tinggi. Sehingga kamu perlu memantapkan ilmu dan banyak berlatih bila kamu ingin bekerja sebagai pegawai pajak.

    4. Administrasi Keuangan

    Administrasi keuangan biasanya bertugas menyiapkan dan menerbitkan tanda terima, setoran, pesanan pembelian, faktur, pengembalian uang, dan tugas pembukuan standar lainnya. Selain itu, profesi ini juga biasanya bertugas untuk mengelola piutang dan hutang, serta mempersiapkan, melacak, dan merekonsiliasi buku besar dan anggaran.

    5. Tenaga Pengajar

    Untuk kamu lulusan jurusan ekonomi syariah yang memiliki passion dan kemampuan menjadi pengajar, bisa memilih profesi tenaga pengajar. Kamu bisa memilih menjadi guru ekonomi di sekolahan, menjadi tutor untuk mata pelajaran ekonomi di lembaga bimbingan belajar. Bahkan kamu bisa menjadi dosen setelah menyelesaikan gelar S2.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Ekonomi Syariah Terbaik

    1. Universitas Pelita Bangsa (UPB)

    Jurusan ekonomi syariah UPB merupakan program studi yang telah dikembangkan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa/i Pelita Bangsa dalam subjek yang luas. Prodi ini menawarkan fokus studi pada aspek finansial islam. Fokus studi yang lainya juga terdapat pada bidang, perbankan, manajemen risiko dan manajemen aset.

    Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ekonomi syariah akan menjadikan kamu lulusan yang memiliki kemampuan untuk memahami sistem finansial global dan menawarkan alternatif yang baik terhadap sistem yang sudah ada dengan memadukan filosofi sistem finansial global yang telah diterapkan dengan sistem ekonomi syariah.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Keunggulan Kuliah di Universitas Pelita Bangsa Disini

    2. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    Jurusan Hukum Ekonomi Syariah UNISBA merupakan jurusan yang masuk ke dalam Fakultas Syariah Jurusan ini telah berdiri sejak tahun 2002, dan telah terakreditasi B.

    Jurusan ini dihadirkan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidangnya dan mempunyai komitmen tinggi pada cita-cita keIslaman, menghasilkan temuan baru dalam Ilmu Syari’ah sesuai perkembangan masyarakat, serta menghasilkan lulusan yang dapat dijadikan panutan dalam menjalankan tugas di bidang syari’ah.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di UNISBA

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Ekonomi Syariah dengan Danacita

    Sudah jelas informasi mengenai jurusan ekonomi syariah di atas? Kalau sudah dan kamu semakin yakin untuk masuk jurusan ini, langsung saja daftar ke kampus rekomendasi yang sudah disebutkan dengan menggunakan Danacita.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan terjangkau secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Untuk membantu mahasiswa menggapai mimpinya, Danacita memberikan solusi pembiayaan pendidikan terjangkau yang memudahan bagi mahasiswa untuk dapat melakukan pembayaran biaya kuliah mulai 6 hingga 24 bulan.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di jurusan Ekonomi Syariah kampus favoritmu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!