Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Geografi: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-20

jurusan-geografi

Daftar isi

    Memilih jurusan kuliah adalah langkah awal yang sangat penting. Banyak orang yang salah pilih jurusan dan pada akhirnya kuliahnya berjalan dengan tidak lancar. Ada baiknya, kamu mengetahui informasi secara umum hingga khusus terkait dengan jurusan yang ingin kamu tuju.

    Kamu waktu SMA ambil jurusan IPA dan masih bingung, bisa mengambil salah satu jurusan yang paling banyak diminati, yaitu jurusan Geografi. Jika kamu tertarik dengan jurusan tersebut, pas banget nih karena kali ini akan membahas lebih dalam mengenai jurusan Geografi. Disimak baik-baik ya!

    Apa Itu Jurusan Geografi

    Jurusan Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan juga hubungannya dengan sosial ekonomi manusia. Ilmu ini mengkaji banyak hal seperti atmosfer, iklim, pembentukan awan, kualitas air, ekologi, ilmu wilayah, sebaran penduduk, ilmu lingkungan, dan lain sebagainya.

    Sebagai ilmu dengan fokus yang beragam, mahasiswa jurusan geografi akan mendapat perkuliahan yang bermacam juga. Mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas namun juga mengikuti praktikum baik di dalam ruang atau luar ruang.

    Geografi termasuk sebagai jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa baik dari lulusan IPA atau IPS. Mahasiswa memilih jurusan ini tidak hanya karena tertarik dengan ilmu geografi namun juga kesempatan kerja yang ada. Lulusan jurusan Geografi dibutuhkan oleh banyak lembaga seperti BMKG, BPN, dan lain-lain.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Geografi

    Seperti telah disebutkan sebelumnya, Geografi bisa masuk ke rumpun saintek dan juga soshum. Pengelompokkan yang berbeda ini tentunya didasari oleh berbagai hal seperti fokus ilmu yang akan dipelajari oleh mahasiswa. Sebagai gambaran, berikut ini mata kuliah yang biasanya diajarkan di jurusan Geografi:

    • Fisika Dasar
    • Geologi
    • Praktikum Kartografi Dasar
    • Kartografi
    • Hidrologi
    • Oseanografi
    • Erosi dan Konservasi Tanah
    • Interpretasi Foto Udara
    • Interpretasi Citra Visual
    • Demografi
    • Ekologi dan Lingkungan
    • Biogeografi
    • Geografi Tanah
    • Geomorfologi Regional Indonesia
    • Sistem Informasi Geografis
    • Geografi Perkotaan
    • Geografi Transportasi
    • Geografi Industri
    • Evaluasi Sumber Daya Lahan
    • Geografi Pertanian
    • Geohidrologi
    • Pembangunan Wilayah
    • Geografi Pariwisata
    • Geografi Pemasaran
    • Geografi Politik
    • Geografi Kesehatan
    • Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
    • Geografi Pesisir
    • Analisis Perencanaan Wilayah
    • Aplikasi SIG
    • Kimia Dasar
    • Matematika Dasar

    Alasan Memilih Jurusan Geografi

    Alasan pertama yang membuat jurusan Geografi menarik untuk dipilih adalah membuka kesempatan untuk keliling dunia. Keuntungan ini akan dirasakan mahasiswanya setelah lulus dan berkarir. Sebab kebanyakan profesi yang diemban lulusan geografi akan berhubungan dengan proses mempelajari efek polusi dan pola yang terjadi di seluruh dunia. Sehingga memiliki profesi yang mengantarkan kamu untuk keliling dunia.

    Saat lulus di jurusan Geografi, kamu juga punya potensi kuliah keluar negeri. Sebab, jurusan ini merupakan program studi yang mempelajari mengenai bumi dan segala aspek yang mempengaruhinya. Sehingga untuk bisa belajar dengan maksimal diharuskan terjun langsung ke lapangan untuk pengamatan langsung.

    Tak hanya itu, masuk ke jurusan Geografi akan memberi kesempatan untuk punya pilihan karir yang lebih beragam. Sebab dengan bekal ilmu mengenai fenomena alam maka bisa berkarir di jurnalistik, militer, pariwisata, dan juga pemasaran.

    Prospek Kerja Jurusan Geografi

    Pada saat memilih jurusan kuliah dipastikan kamu dan keluarga akan mempertimbangkan masalah prospek kerja. Dipastikan pula akan mengutamakan jurusan dengan prospek kerja yang terjamin. Sehingga memperkecil kemungkinan susah mencari kerja pasca lulus.

    Apabila saat ini sedang mempertimbangkan jurusan geografi, maka bisa mengetahui prospek kerjanya apa saja. Berikut informasinya.

    1. Staf BMKG

    BMKG singkatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Profesi ini menjadi karir yang diimpikan oleh seluruh lulusan jurusan Geografi di luar sana lho. Banyak aspek yang membuat profesi ini diminati, salah satunya karena profesi ini berkontribusi langsung pada masyarakat.

    2. Kartografer

    Siapa di sini yang baru mendengar tentang karir tersebut? Jangan salah, Kartografer ternyata cukup eksis di lingkup anak jurusan Geografi. Intinya, Kartografer adalah seorang ahli pemetaan atau pembuat peta. Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan profesi tersebut, maka harus paham juga bagaimana membuat suatu wilayah dengan pemahaman unsur geografis.

    Ilmu yang harus kamu kuasai tentu seperti menggambar peta, pemahaman perhitungan wilayah, keahlian matematika, dll. Intinya kamu juga akan mengevaluasi agar peta selalu up to date.

    3. Perencanaan Tata Kota

    Salah satu karir yang bisa kamu tekuni setelah lulus jurusan Geografi adalah tim perencanaan tata kota. Di sini kamu akan bertanggung jawab mengembangkan sebuah kota besar atau kota kecil sesuai dengan analisisnya. Selain itu, pengelolaan yang baik diwajibkan dalam karir ini, seperti dalam membangun sarana dan prasarananya. Sehingga jalan, tempat tinggal, dan tempat usaha, semua terorganisir sebagaimana mestinya.

    Kampus dengan Jurusan Geografi Terbaik

    Setelah mengetahui pengertian hingga prospek kerja jurusan Geografi, kamu juga harus tahu kampus dengan jurusan Geografi yang bisa menjadi pilihan.

    1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Jurusan Geografi UNNES memiliki akreditas A dan berkomitmen memberikan layanan terbaik prima kepada mahasiswa dan masyarakat umum dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai visinya, yaitu berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

    Visi tersebut sudah mendarah daging dalam aktivitas akademik di Jurusan Geografi UNNES karena salah satu pendekatan dalam kajian geografi adalah pendekatan kelingkungan. Jika itu dimaknai secara jernih, maka seluruh kajian geografi mempunyai orientasi melestarikan lingkungan, baik lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan budaya. Ini sesuai dengan obyek material dan formal ilmu geografi.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    2. Institut Teknologi PLN (IT PLN)

    Institut Teknologi PLN (IT PLN) membuka Program Studi (Prodi) baru S1 Geografi di Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK). Jurusan Geografi IT PLN ditujukan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa agar memahami penerapan perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah, termasuk dalam hal penguasaan teknologi sistem informasi geografi (SIG). Bidang peminatan yang ditawarkan adalah geografi fisik, pengembangan wilayah, dan SIG dan Geospasial. Dengan pilihan konsentrasi sebagai berikut:

    • Pengembangan Tata Ruang Wilayah
    • Pengembangan Ekonomi Wilayah

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IT PLN 2022!

    Berkuliah di Jurusan Geografi dengan Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin mengambil jurusan Geografi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) atau Institut Teknologi PLN (IT PLN). Saat ini, Danacita dan UNNES serta IT PLN telah bekerja sama untuk mempermudah kamu menggapai cita-cita. Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap mulai 6 hingga 24 bulan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Syarat untuk mengajukan cicilan sangat mudah, kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Selain dengan UNNES dan ITPLN, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UNNES IT PLN jurusan geografi jurusan geografi it pln jurusan geografi unnes
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri