Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Gizi: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-04

jurusan-gizi

Daftar isi

    Gaya hidup sehat bukan cuma olahraga saja, lho! Memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga sama pentingnya. Apa kamu memiliki niatan untuk menjadikan bidang ini sebagai program studi di perkuliahan? Kalau iya, kamu bisa melirik jurusan gizi sebagai pilihan. Jurusan Gizi adalah jurusan yang mempelajari seputar nutrisi yang idealnya dibutuhkan oleh manusia.

    Jika kamu pelajar lulusan sekolah menengah ke atas dan dari jurusan IPA, kamu bisa dengan lebih mudah mengambil jurusan ini karena dalam satu rumpun, yaitu SAINTEK. Jika kamu tertarik, di artikel ini akan dibahas mengenai jurusan gizi. Mulai dari pengertian, seperti apa kuliah Jurusan Gizi? Apa saja prospek kerjanya? Hingga rekomendasi kampusnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

    Apa Itu Jurusan Gizi?

    Pada dasarnya, jurusan gizi adalah bidang ilmu yang mempelajari seputar gizi pada manusia. Dengan kata lain, jurusan gizi mempelajari tentang nutrisi apa saja yang idealnya dibutuhkan oleh manusia. Jika ditarik lebih jauh lagi, jurusan gizi mempelajari pemahaman seputar pola makan sehat, gaya hidup sehat, hingga bagaimana tubuh mencerna makanan.

    Jurusan gizi adalah jurusan yang menekankan pemahaman mahasiswa tentang nutrisi apa yang dibutuhkan manusia, berapa takaran idealnya yang sesuai dengan pengetahuan ilmiah. Tingkat penyakit diabetes dan obesitas di Indonesia terus mengalami peningkatan, belum lagi penyakit lain yang disebabkan oleh kesalahan takaran nutrisi seperti darah tinggi, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

    Nah, dengan menyandang gelar Sarjana Gizi (S.Gz.) Lulusan jurusan gizi adalah lulusan yang diharapkan mampu mengatasi hal-hal tersebut. Lantas apa saja sih yang dipelajari mahasiswa jurusan gizi?

    Matkul Dan Perkuliahan Jurusan Gizi

    Jurusan Gizi adalah jurusan yang mencakup ilmu kesehatan. Kesehatan tersebut terbatas pada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selama menjalani kuliah, mahasiswa akan mempelajari banyak ilmu seputar gizi.

    Beberapa mata kuliah tersebut seperti, Mikrobiologi Pangan, Gizi Kerja dan Olahraga, Penentuan Status Gizi, Manajemen Pelayanan dalam Makanan, Promosi Gizi, Konseling Gizi, Dietetika Penyakit Degeneratif, Analisa Pangan, Pengendalian Mutu Makanan, Gizi dalam Daur Kehidupan, Imunologi Gizi, Metabolisme Zat Gizi Makro, Metabolisme Zat Gizi Mikro, Patogenesis Penyakit Degeneratif, Patogenesis Penyakit Defisiensi dan Infeksi, serta masih banyak lainnya.

    Alasan Memilih Jurusan Gizi

    Alasan utama memilih jurusan gizi yaitu karena ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Apa saja keuntungan tersebut? Ini dia penjelasannya:

    • Rumah Sakit atau instansi layanan kesehatan lainnya sangat membutuhkan tenaga ahli Jurusan Gizi untuk melakukan perhitungan gizi yang dibutuhkan oleh pasien.
    • Perusahaan produsen makanan dan minuman juga sangat memerlukan seorang ahli di bidang Gizi untuk memeriksa kandungan pada produk yang mereka buat.
    • Berbekal ilmu pengetahuan yang kamu dapatkan selama kuliah, kamu juga bisa membuka usaha kuliner sendiri seperti menu makanan sehat.

    Prospek Kerja Jurusan Gizi

    Jurusan Gizi adalah jurusan yang tidak terlepas dari zat-zat yang terkandung dalam makanan maupun minuman. Maka tak heran jika jurusan ini lebih banyak ditempatkan di sektor kesehatan makanan dan minuman. Berikut ini adalah prospek kerja lengkap jurusan gizi yang bisa menjadi pertimbanganmu.

    • Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan
    • Ahli Gizi
    • Ahli Diet
    • Quality Assurance
    • Quality Control
    • Terapis Aroma
    • Konsultan Gizi
    • Chef
    • Wirausahawan
    • Pegawai Negeri Sipil

    Kampus Dengan Jurusan Gizi Terbaik

    Jurusan gizi adalah salah satu jurusan yang tidak banyak ditemukan di beberapa kampus. Namun begitu, berikut ini sudah penulis rangkum rekomendasi kampus dengan jurusan gizi terbaik agar kamu tidak perlu repot mencarinya lagi:

    Universitas Binawan

    Universitas Binawan merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang kesehatan yang didirikan oleh Yayasan Binawan pada tahun 2000. Sebelumnya Universitas Binawan bernama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Binawan yang kemudian berubah menjadi Universitas Binawan karena memiliki berbagai bidang keilmuan tambahan di luar bidang kesehatan.

    Sepak terjang Binawan sebagai kampus kesehatan sudah sangat panjang, sarjana jurusan gizi adalah salah satunya. Dengan visi Menjadi program studi ilmu gizi yang profesional dan unggul berstandar nasional dan berdaya saing internasional pada tahun 2025, jurusan gizi telah meraih akreditasi B sesuai dengan SK No. 0053/LAM-PTKes/Akr/Sar/Khs/I/2018.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Mau Jadi Perawat? Cuma Universitas Binawan Tempatnya!

    Universitas Negeri Semarang

    Universitas Negeri Semarang atau UNNES adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Kampus ini berlokasi tepat di Semarang, Jawa Tengah. UNNES juga membuka Jurusan Gizi sejak tahun 2016 dengan visi Menjadi Program Studi Gizi berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, unggul dalam bidang gizi olahraga pada tahun 2024.

    Predikat akreditasi Jurusan Gizi adalah B yang dibuktikan dengan SK 0735/LAM-PTKES/Akr/Sar/XII/2020 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    Berkuliah di jurusan gizi dengan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar jurusan gizi. Gimana? Kamu merasa tertarik untuk menjadi seorang Sarjana Gizi? Langsung daftar sesuai dengan kampus rekomendasi yang sudah disebutkan sebelumnya. Ada kabar gembira, nih, untuk kamu yang ingin daftar kuliah di kampus rekomendasi. Danacita telah bekerjasama dengan kampus rekomendasi tersebut untuk memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang memiliki misi untuk memberikan akses kepada para pelajar di seluruh Indonesia. Kamu bisa membayar berkuliah di jurusan gizi di Universitas Binawan dan UNNES lebih terjangkau pakai Danacita dengan cicilan mulai 6 hingga 24 bulan.

    Kamu tidak perlu khawatir karena Danacita sudah memiliki izin dan diawasi oleh OJK jadi sudah pasti aman dan terpercaya. Proses pengajuan yang cepat dan mudah secara online juga menjadi kelebihan Danacita lho. Setelah mengajukan pembiayaan pendidikan, biasanya akan diproses maksimal 2 hari kerja. Lebih lanjut, kamu juga tidak dibebani DP atau uang jaminan jadi tidak memberatkan.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!