Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Hukum Ekonomi Syariah: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-02

jurusan-hukum-ekonomi-syariah

Daftar isi

    Tertarik untuk belajar di bidang hukum, ekonomi, dan ilmu agama Islam? Jurusan Hukum Ekonomi Syariah adalah tempat yang pas untuk kamu belajar. Mungkin sebagian dari kamu masih berpikiran bahwa bidang hukum dan ekonomi tidak bisa disatukan. Padahal, ternyata keduanya bisa saling berkaitan ditambah dengan ilmu agama Islam, lho.

    Maka dari itu kamu bisa menyimak artikel ini untuk memahaminya. Dalam artikel ini akan dibahas mulai dari apa itu jurusan hukum ekonomi syariah? Kenapa harus jurusan hukum ekonomi syariah? Apa saja prospek kerjanya? Hingga rekomendasi kampusnya. Simak penjelasannya.

    Apa itu jurusan hukum ekonomi syariah?

    Jurusan hukum ekonomi syariah adalah jurusan yang mempelajari tiga bidang sekaligus, diantaranya yaitu bidang hukum, bidang ekonomi, dan bidang agama Islam. Biasanya jurusan ini berada di bawah Fakultas Syariah pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam baik Negeri maupun Swasta.

    Selain itu, jurusan hukum ekonomi syariah adalah jurusan yang memiliki cakupan yang cukup luas. Selain belajar seputar hukum, kamu juga akan belajar tentang ekonomi makro dan mikro, pengelolaan sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

    Matkul dan perkuliahan jurusan hukum ekonomi syariah

    Jurusan hukum ekonomi syariah adalah jurusan dengan banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan sekaligus. Seperti yang disebutkan sebelumnya, cakupan belajarnya seputar hukum, ekonomi, dan agama Islam.

    Kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah umum seperti perpajakan, akuntansi, ilmu ekonomi makro dan mikro, ilmu hukum, dan beberapa mata kuliah Islam seperti Fiqih Muamalah, lembaga keuangan syariah, hukum zakat dan wakaf.

    Kamu juga bisa memperoleh pengalaman kerja nyata selama menjalani perkuliahan dengan mengikuti program magang yang biasa diberikan oleh kampus. Kamu bisa bekerja di perbankan syariah, perusahaan syariah, dan perusahaan lainnya.

    Alasan memilih jurusan hukum ekonomi syariah

    Bukan tanpa alasan mengapa kamu harus memilih jurusan hukum ekonomi syariah adalah karena meningkatnya tren syariah baik di institusi pemerintahan maupun perusahaan. Tren Fakultas Hukum sebagai salah satu jurusan yang paling bergengsi juga menjadi nilai pikat lebih. Apalagi jurusan ini dipadukan dengan Ilmu Hukum, Ekonomi, dan Agama Islam.

    Selain itu, alasan utama kenapa kamu harus kuliah jurusan hukum ekonomi syariah adalah peluang kerjanya yang terbuka begitu luas. Tidak hanya yang berbasis syariah, tetapi di luar itu juga. Beberapa alasan tersebut bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilih jurusan ini saat kamu berkuliah.

    Prospek kerja jurusan hukum ekonomi syariah

    Prospek jurusan hukum ekonomi syariah adalah yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Masih banyak perusahaan syariah yang mempekerjakan lulusan di luar Fakultas Syariah. Itulah mengapa jurusan hukum ekonomi syariah memiliki peluang untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut. Apalagi saat ini pemerintah sedang menciptakan tatanan syariah dalam sektor perekonomian.

    Beberapa profesi yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan jurusan hukum ekonomi syariah adalah sebagai berikut:

    • Ekonom Syariah
    • Pegawai Bank Syariah
    • Bagian Penjualan di Lembaga Keuangan
    • Pegawai Negeri Sipil tingkat pusat maupun daerah

    Kampus dengan jurusan hukum ekonomi syariah terbaik

    Jurusan hukum ekonomi syariah adalah jurusan yang hanya tersedia di kampus berbasis keagamaan Islam. Ini dia rekomendasinya:

    Universitas Islam Bandung

    Universitas Islam Bandung atau UNISBA merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana kuliah di kota kembang, Bandung.

    UNISBA menyelenggarakan program studi Hukum Ekonomi Syariah sejak tahun 2002 dengan predikat B sesuai dengan BAN-PT No. 1112/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017, tahun 2017. Prodi Hukum Ekonomi Syariah UNISBA bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, menghasilkan temuan baru, dan menghasilkan lulusan yang bisa menjadi panutan di masyarakat.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Biaya Tidak Menjadi Kendala Untuk Meraih Cita-Cita di UNISBA

    Universitas Wahid Hasyim

    Universitas Wahid Hasyim atau UNWAHAS merupakan kampus swasta yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini menyelenggarakan program studi Muamalat (Hukum Ekonomi Syariah) untuk jenjang Sarjana. jurusan hukum ekonomi syariah adalah jurusan yang memiliki predikat B yang berlaku mulai tahun 2020 hingga 2025.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Cara Mudah untuk Berkuliah di UNWAHAS Semarang

    Berkuliah di jurusan hukum ekonomi syariah dengan Danacita

    Itu dia informasi hingga rekomendasi kampus dengan jurusan hukum ekonomi syariah terbaik. Segera raih menjadi lulusan Hukum Ekonomi Syariah di UNISBA dan UNWAHAS. Ada kabar gembira untuk kamu yang ingin kuliah di kampus rekomendasi tersebut. Sebab Danacita telah bekerja sama untuk membantu membiayai pendidikan kamu.

    Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Danacita tercatat telah memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 130 institusi pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan

    Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.

    • Persyaratan mudah

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    • Proses pengajuan mudah berbasis online

    Kamu bisa mulai melakukan pengajuan di mana pun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.

    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!