Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Hukum Keluarga Islam: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-02

jurusan-hukum-keluarga-islam

Daftar isi

    Tertarik untuk belajar hukum? Apakah ada jurusan yang mempelajari hukum Islam? Tentu saja! Ada satu jurusan hukum yang mempelajari seputar hukum dalam Islam, yaitu jurusan hukum keluarga islam.

    Apakah jurusan ini masih terdengar asing di telinga kamu? Kalau iya, tenang saja! Karena di artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai jurusan ini. Apa itu jurusan hukum keluarga islam? Apa saja yang dipelajari? Bagaimana prospek kerjanya? Ketahui jawabannya dengan membaca artikel ini sampai habis!

    Apa itu jurusan hukum keluarga islam

    Jurusan hukum keluarga islam adalah bidang yang mempelajari seputar hukum. Ada dua segi hukum yang dipelajari yaitu hukum secara positif dan hukum Islam yang berlaku di Indonesia. Poin penting pembelajaran hukum di jurusan hukum keluarga islam adalah mempelajari hukum seputar pernikahan, perceraian, dan kewarisan yang berlaku dalam Islam. Jurusan hukum keluarga islam biasanya hanya tersedia di kampus atau perguruan tinggi yang berlabel Islami seperti Universitas Islam maupun Institut Agama Islam.

    Matkul dan perkuliahan jurusan hukum keluarga islam

    Jurusan hukum keluarga islam adalah jurusan yang mempelajari dua segi perspektif hukum, yaitu hukum secara positif dan hukum Islam itu sendiri. Dari segi hukum positif, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah hukum secara umum seperti, pengantar ilmu hukum, hukum perdata, hukum perdata Islam, hukum perkawinan, hukum acara perdata dan hukum acara pidana. Sedangkan dari segi hukum Islam, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah Islami seperti fikih munakahat, ushul fikih, fikih mawaris, fikih peradilan dan hadis hukum keluarga.

    Alasan memilih jurusan hukum keluarga islam

    Jurusan hukum keluarga islam adalah jurusan yang selalu dibutuhkan. Hal ini mengingat cakupan hukum keluarga dalam Islam. Misalnya pernikahan, perceraian, dan kewarisan yang akan selalu ada dan akan selalu dibutuhkan.

    Oleh karena itu, keberadaan seorang ahli di bidang hukum keluarga islam menjadi penting demi mendapatkan legalitas pernikahan, perceraian, hingga pembagian harta warisan sesuai dengan hukum Islam.

    Prospek kerja jurusan hukum keluarga islam

    Dalam meraih suatu legalitas, saat ini keberadaan seorang ahli hukum semakin dibutuhkan. Tentunya ada banyak profesi hukum yang berbeda-beda. Misalnya ahli hukum di bidang sengketa tanah, pencemaran nama baik, juga hukum keluarga Islam.

    Berikut ini adalah prospek kerja yang bisa kamu ambil setelah menjadi lulusan jurusan hukum keluarga islam adalah:

    Kantor Urusan Agama (KUA)

    KUA adalah unit pelaksana teknis yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Terdapat beberapa posisi yang bisa dilamar oleh lulusan jurusan hukum keluarga islam adalah seperti:

    • Pegawai Pencatat Nikah
    • Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf
    • Pelaksana di bidang URAIS (Hisab Rukyat, Zakat, Infak, Shodaqoh, Wakaf, dan Baitul Mal).

    Penghulu

    Jurusan hukum keluarga islam adalah jurusan yang memiliki peluang besar bekerja di lembaga perkawinan. Pernikahan merupakan bidang yang juga dipelajari selama kuliah. Sehingga lulusan jurusan ini berkesempatan untuk menjadi penghulu.

    Hakim Pengadilan Agama

    Lulusan jurusan hukum keluarga islam adalah ahli di bidang hukum Islam. Maka kamu juga bisa menjadi seorang Hakim di Pengadilan Agama.

    Ada beberapa perkara yang akan kamu tangani seperti perkawinan, kewarisan, wasiat, dan hibah sesuai dengan hukum Islam yang berlaku di Indonesia.

    Akademisi

    Seorang lulusan jurusan hukum keluarga islam adalah seorang akademisi sejati. Kamu akan banyak melakukan riset dan penelitian serta mempraktikkan ilmu yang telah kamu pelajari. Dengan begitu kamu juga bisa menjadi seorang mentor, guru maupun dosen di suatu instansi.

    Kampus dengan jurusan hukum keluarga islam terbaik

    Jurusan hukum keluarga islam adalah jurusan yang tidak banyak terdapat di perguruan tinggi pada umumnya. Jurusan ini biasanya terdapat di perguruan tinggi berlabel Islami. Berikut rekomendasinya:

    Universitas Islam Bandung

    Universitas Islam Bandung atau UNISBA merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Jurusan hukum keluarga islam adalah salah satu jurusan tertua yang ada di UNISBA. Jurusan ini telah berdiri sejak tahun 1958 dan telah terakreditasi B.

    Jurusan ini bertujuan untuk Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidangnya dan mempunyai komitmen tinggi pada cita-cita keislaman, menghasilkan temuan baru dalam Ilmu Syariah sesuai perkembangan masyarakat, dan menghasilkan lulusan yang dapat dijadikan panutan dalam menjalankan tugas di bidang syariah.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Biaya Kuliah di UNISBA Terbaru

    Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

    Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta atau UIN RMS yang berlokasi Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini juga menyelenggarakan program studi Hukum Keluarga Islam.

    Jurusan hukum keluarga islam adalah jurusan dengan gelar lulusan S.H. atau Sarjana Hukum dan memiliki predikat A sesuai dengan BAN-PT No. 786/SK/BAN- PT/Akred/S/III/2018 yang berlaku sejak 20 Maret 2018 sampai dengan 20 Maret 2023.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Kegiatan dan Organisasi di UIN RMS Surakarta

    Berkuliah di jurusan hukum keluarga islam dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap seputar jurusan hukum keluarga Islam yang bisa kamu pahami. Kamu ingin berkuliah di jurusan ini tapi masih bingung karena terkendala masalah biaya? Dari kampus rekomendasi yang telah disebutkan juga telah bekerja sama dengan Danacita dalam membantu kamu membayar biaya pendidikan.

    Dengan menggunakan Danacita, kamu bisa membayar biaya kuliah di jurusan hukum keluarga islam di kedua kampus rekomendasi mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Tidak perlu takut, karena Danacita sudah resmi berizin dan diawasi OJK sehingga sudah pasti aman dan terjamin. Kamu juga tidak perlu membayar uang DP atau jaminan lainnya dan hanya tinggal mengajukan secara online, nantinya akan diproses selama 2 hari kerja.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!