Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Kesejahteraan Sosial: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-11-30

jurusan-kesejahteraan-sosial

Daftar isi

    Bagi kamu yang masih bingung memilih jurusan kuliah dan menyukai fenomena sosial dan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama menyangkut kesejahteraan sosial, memilih jurusan kesejahteraan sosial bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Jurusan kesejahteraan sosial berada di dalam rumpun ilmu sosial, hukum, dan politik. Namun, masih banyak orang yang tidak familiar dengan jurusan ini. Padahal, prospek kerja kesejahteraan sosial cukup menjanjikan dan memiliki banyak peluang.

    Penasaran tentang jurusan kesejahteraan sosial? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

    Apa Itu Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Jurusan kesejahteraan sosial adalah ilmu terapan yang mengkaji cara dan langkah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kebijakan demi pengentasan kemiskinan, peningkatan kesehatan, pengelolaan fasilitas kesejahteraan, lembaga medis hingga membenahi sistem hukum dan sistem sosial yang bermasalah.

    Mahasiswa jurusan kesejahteraan sosial juga akan belajar upaya-upaya pemberdayaan lembaga kesejahteraan sosial, komunitas UKM, dan pengembangan keterampilan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial bukan hanya bagi penyandang cacat ataupun manula yang membutuhkan, tetapi setiap individu dan seluruh lapisan masyarakat.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Sebagai gambaran, umumnya jurusan kesejahteraan sosial mata kuliah yang akan dipelajari, seperti:

    • Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial
    • Metode-metode Pekerjaan Sosial
    • Sistem Sosial Indonesia
    • Lembaga-lembaga Pembangunan
    • Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial
    • Analisa Masalah Kesejahteraan Sosial
    • Statistik Sosial
    • Kebijakan dan Perencanaan Sosial
    • Dinamika Masyarakat Pedesaan
    • Struktur Kemiskinan
    • Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat
    • Teori Sosiologi bagi Kesejahteraan Sosial
    • Masalah Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial
    • Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat
    • Kesejahteraan Anak dan Perlindungan Anak
    • Kesejahteraan Sosial bagi Manusia Lanjut Usia
    • Manajemen Organisasi Pelayanan
    • Dampak Sosial Pembangunan dan Globalisasi
    • Teori dan Teknik Supervisi dan Konsultasi
    • Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan
    • Praktek Perencanaan Kesejahteraan Sosial

    Alasan Memilih Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Jurusan Kesejahteraan Sosial akan membuatmu memiliki kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi, sebab ilmu pengetahuan ini memikirkan berbagai upaya pelayanan komprehensif untuk membantu mensejahterakan seluruh umat manusia baik secara material maupun spiritual. Jurusan ini cocok untukmu yang menyukai kegiatan di luar ruangan serta berinteraksi dengan banyak orang.

    Prospek karir lulusan jurusan kesejahteraan sosial juga cukup beragam, baik di Instansi pemerintah pusat maupun daerah membutuhkan lulusan Kesejahteraan Sosial terutama untuk membidangi urusan sosial. Kamu juga bisa bekerja di organisasi nirlaba ataupun lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada bidang pengembangan masyarakat maupun pembangunan sosial. Tak hanya itu ada banyak perusahaan-perusahaan swasta yang memiliki unit khusus untuk kegiatan sosial yang membutuhkan para lulusan jurusan kesejahteraan sosial, terutama untuk ditempatkan pada divisi Corporate Social Responsibility edu friends.

    Prospek Kerja Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Melihat mata kuliah yang diberikan kepada para mahasiswanya, prospek kerja jurusan Kesejahteraan Sosial umumnya identik dengan lembaga pemerintahan pusat dan daerah, terutama yang bertanggung jawab atas urusan sosial. Namun, hal itu tidaklah sepenuhnya benar. Masih banyak lho sektor pekerjaan lain yang membutuhkan tenaga ahli sosial.

    Jurusan kesejahteraan sosial akan meluluskan sarjana yang diharap mampu mengurangi berbagai ketidakadilan sosial, kesenjangan sosial, dan melakukan pengelolaan masalah sosial melalui pengembangan program yang bersifat mengantisipasi, memperbaiki, dan membangun. Lulusan prodi ini sangat dibutuhkan, namun tidak banyak yang peduli terhadap isu-isu kesejahteraan sosial ini. Lulusan jurusan kesejahteraan sosial akan memperoleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos) atau Sarjana Kesejahteraan Sosial (S.Kesos), yang nantinya dibutuhkan di berbagai lembaga pemerintah, misalnya saja Kementerian Sosial (Kemensos), bahkan organisasi internasional seperti UNICEF. Lulusan prodi ini juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan dalam menangani corporate social responsibility.

    Sementara itu, kamu juga bisa lho melanjutkan studi ke jenjang Pascasarjana (S2) untuk mendalami Ilmu Kesejahteraan Sosial. Nantinya, kamu bisa bekerja sebagai dosen, akademisi, hingga peneliti kesejahteraan sosial usai lulus program S2.

    Kampus dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Salah satu kampus terbaik yang menyediakan jurusan kesejahteraan sosial adalah Binawan. Universitas Binawan merupakan pusat pendidikan tinggi di Indonesia yang berada di bawah Badan Penyelenggara Pendidikan Yayasan Binawan.

    Program Studi S1 Kesejahteraan Sosial Universitas Binawan diarahkan pada Pekerjaan Sosial Generalis yang menyediakan pendekatan terpadu dan multi level (mikro, meso, dan makro). Secara umum, mata kuliah jurusan kesejahteraan sosial yang diajarkan di Binawan, diantaranya:

    1. Pekerjaan Sosial Gerontologi
    2. Praktik Pekerjaan Sosial di Bidang Kesehatan
    3. Pekerjaan Sosial, Hospice dan Perawatan Paliatif
    4. Pekerjaan Sosial Transplantasi
    5. Pekerjaan Sosial Forensik

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Penjelasan, Prospek Kerja dan Biaya Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi Universitas Binawan

    Berkuliah di Jurusan Kesejahteraan Sosial dengan Danacita

    Itu dia penjelasan tentang jurusan kesejahteraan sosial yang harus kamu tahu. Tertarik untuk melanjutkan kuliahmu di Universitas Binawan dengan mengambil jurusan ini tapi punya masalah terkait biaya? Tenang saja, sebab Binawan telah bekerja sama dengan Danacita untuk memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau.

    Danacita merupakan platform online yang telah membantu banyak mahasiswa dalam menyelesaikan biaya pendidikannya. Kamu bisa bayar kuliah dengan cara dicicil karena

    Danacita menawarkan tenor mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita juga telah resmi berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yang membuatnya sudah pasti

    aman dan terpercaya.

    Prosesnya juga mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya. Selain dengan Universitas Binawan, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu lembaga pendidikan formal maupun non formal.

    Bila kamu merupakan calon mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif Binawan, semuanya bisa menggunakan Danacita untuk membayar biaya kuliahmu. Dengan begitu, biaya kuliahmu akan jauh lebih ringan dan terjangkau.

    Tertarik untuk meraih mimpimu di Universitas Binawan? Gunakan Danacita sekarang juga! Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!