Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-19

Dari sekian banyak jurusan, sastra dan bahasa asing menjadi jenis jurusan yang cukup populer. Tidak hanya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang paling banyak diminati, tetapi juga bahasa asing lain seperti Bahasa Mandarin. Sebab, jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin memiliki prospek atau peluang kerja tergolong sangat baik, apalagi sekarang sudah banyak perusahaan Tiongkok yang berdiri di Indonesia.

Buat kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 12 SMA dan tertarik mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin

Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin adalah jurusan yang mempelajari kompetensi utama di bidang kebahasaan Cina, sastra, budaya, dan penerjemahan, serta kompetensi pendukung di bidang pariwisata, diplomasi, kajian budaya, dan kewirausahaan. Hal yang akan menjadi titik utama pembelajaranmu adalah tata bahasa baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Penggunaan bahasa ini meliputi penyusunan kata, frasa, bahkan memproduksi teks kompleks.

Tidak hanya meliputi penguasaan tata bahasa, di jurusan pendidikan bahasa mandarin kamu juga akan dibekali dengan teori linguistik, sastra, serta pengetahuan kebudayaan. Teori-teori yang diberikan ini kemudian digunakan untuk menganalisis karya sastra serta fenomena budaya Cina.

Berkuliah di Jurusan pendidikan bahasa mandarin tidak hanya membuatmu mahir berbahasa asing, tetapi juga memiliki wawasan yang luas. Karena selama berkuliah akan banyak membahas sejarah dan kebudayaan Cina tempo dulu, hingga saat ini.

Matkul dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin.

  • Bahasa Cina
  • Sejarah Cina Kuno
  • Pengantar Linguistik Cina
  • Fonetik & Fonologi Cina
  • Sejarah Cina Era Dinasti Ming
  • Sejarah Cina Era Pascadinasti
  • Morfologi & Sintaksis Cina
  • Pengantar Kesusastraan Cina
  • Sejarah Cina Kontemporer
  • Bahasa Cina Klasik Dasar
  • Terjemahan Cina- Indonesia
  • Semantik & Pragmatik Cina
  • Perkembangan Kesusastraan Cina
  • Historiografi Cina
  • Pengkajian Kesusastraan Cina
  • Telaah Teks Cina
  • Teori Kritik Sastra Cina
  • Bahasa Cina untuk Pers
  • Bahasa Cina untuk Pariwisata
  • Bahasa Cina untuk Bisnis dan Perkantoran

Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin

Alasan utama kamu harus memilih jurusan pendidikan bahasa mandarin adalah karena bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, meliputi 17% dari keseluruhan penduduk bumi. Bahasa Mandarin juga merupakan salah satu bahasa resmi PBB.

Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin memiliki peluang yang besar untuk bekerja di lembaga-lembaga internasional Kementerian Luar Negeri, dan kedutaan besar. Kamu dapat bekerja di sejumlah sektor seperti pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya. China sebagai salah satu negara yang menjadi pusat perputaran ekonomi Dunia. Cara menjadi bagian dari perputaran ekonomi tersebut adalah dengan menguasai bahasa yang digunakan dalam interaksi ekonominya.

Terlebih, Indonesia sudah sejak lama menjalin hubungan kerja sama dengan Tiongkok. Dalam kurun waktu tersebut, tentu tidak sedikit jenis kerja sama yang telah berlangsung. Untuk memperlancar hubungan ini, seseorang yang memiliki kemampuan bahasa dan pengetahuan tentang kedua negara pastinya sangat dibutuhkan.

Apalagi semakin maju dan kuatnya perekonomian negara Tiongkok di dunia yang membuat negara ini menjadi incaran kawan kerja sama oleh negara lainnya.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin

Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin tidak hanya cuma bisa menjadi pengajar bahasa Mandarin saja. Masih ada prospek kerja lainnya untuk lulusan jurusan ini. Makanya, tidak perlu bingung setelah lulus dari jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin bakal kerja apa.

Berikut prospek kerja jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin:

  1. Penerjemah
  2. Jurnalis
  3. Copywriter
  4. Content Writer
  5. Pemandu Wisata
  6. Editor Bahasa
  7. Public Relation
  8. Human Resource
  9. Marketer
  10. Staf Kementerian Luar Negeri

Kampus dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin Terbaik

Sayangnya, universitas yang memiliki Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin di Indonesia masih sangat sedikit. Akan tetapi, ada universitas yang memiliki jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin terbaik, yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin UNNES memiliki tujuan akan menjadi media yang baik dalam mengembangkan bahasa dan budaya China, serta mendidik siswa-siswi yang unggul dalam bahasa Mandarin. Menariknya, UNNES telah menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas di China, seperti Ningbo University, Henan Normal University, Beijing Foreign Studies University dan Huaqiao University. Dengan adanya program kerjasama ini, UNNES dapat mengirim siswa-siswi untuk belajar di universitas di China.

Tak hanya itu, jurusan Pendidikan bahasa Mandarin UNNES memiliki predikat A. Hal ini membuktikan bahwa jurusan pendidikan bahasa Mandarin UNNES memiliki kualitas akademik yang sangat baik dari segi fasilitas dan tenaga pendidiknya.

Informasi selengkapnya di sini.

Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

Berkuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin dengan Danacita

Itu dia penjelasan lengkap mengenai jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurusan ini dapat dikatakan menjadi pilihan tepat untuk meraih karir yang cemerlang.

Jangan sampai impian meraih karir sebagai seorang ahli bahasa Mandarin kamu pupus hanya karena biaya. Gunakan Danacita yang telah bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Danacita merupakan platform pembayaran online yang telah berdiri sejak tahun 2018. Danacita tercatat telah memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus. Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan lain yang ada di seluruh Indonesia.

Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Selain itu Danacita juga telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu. Kamu juga tidak diperlukan membayar DP maupun jaminan dan pengajuannya secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

Yuk, segera raih mimpimu bersama Danacita. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!