Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan IPA: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

Daftar isi

    Untuk kamu yang bercita-cita menjadi seorang guru, dan senang dengan ilmu pengetahuan alam, jurusan Pendidikan IPA bisa menjadi pilihan yang tepat. Di jurusan ini kamu tidak hanya diajarkan tentang pengetahuan IPA saja, tetapi juga bagaimana mengajarkannya di kelas.

    Penasaran apa saja yang mata kuliah di jurusan pendidikan IPA, dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Pendidikan IPA?

    Jurusan pendidikan IPA merupakan bidang studi yang mempelajari bagaimana menjadi seorang pendidik atau guru pada mata pelajaran IPA. Di beberapa perguruan tinggi, program studi ini biasanya dipecah kedalam beberapa bagian ilmu pengetahuan alam IPA, seperti Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia.

    Selain akan diajarkan materi tentang IPA, di jurusan pendidikan IPA kamu juga akan diajarkan teknik pengajaran, sesuai dengan ruang lingkupnya, mulai dari tingkatan SD, SMP, hingga SMA.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan IPA?

    Jurusan pendidikan IPA diperuntukkan untuk siapa saja yang memiliki jiwa edukator, dan bercita-cita sebagai pengajar atau guru, khususnya guru IPA. Oleh karena itu materi yang akan kamu dapatkan di jurusan ini meliputi pengetahuan tentang IPA itu sendiri, mulai dari teori hingga praktikum dasar. Selain itu, kamu juga akan memperoleh materi pedagogik dan bagaimana menjadi tenaga pendidik yang baik.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan pendidikan IPA antara lain:

    • Filsafat ilmu pengetahuan alam
    • Metodologi pembelajaran sains
    • Biologi umum
    • Fisika dasar
    • Kimia organik
    • Ilmu kebumian
    • Profesi kependidikan
    • Gizi dan kesehatan
    • Psikologi pendidikan
    • Pengembangan kurikulum pendidikan sains
    • dan masih banyak lagi

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Pendidikan IPA?

    1. Mempelajari Beragam Disiplin Ilmu

    Untuk kamu yang senang dengan pelajaran sains, seperti fisika, kimia, dan biologi, kamu tidak perlu bingung memilih jurusan, karena di jurusan pendidikan IPA, kamu akan mempelajari semuanya secara terpadu. Kamu bahkan mempelajari bagaimana mengajarkannya di kelas. Dengan kata lain, di jurusan ini kamu akan mendapatkan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu.

    2. Banyak Kegiatan Praktikum yang Menyenangkan

    Kegiatan praktikum di jurusan pendidikan IPA lebih bervariasi dan tentunya tidak monoton karena jurusan ini mempelajari sains secara terpadu. Di jurusan ini kamu akan mendapatkan berbagai praktikum, mulai dari praktikum keanekaragaman makhluk hidup, praktikum anatomi dan fisiologi hewan, praktikum larutan, praktikum zat dan energi, dan lain-lain.

    Jadi, buat kalian yang bercita-cita ingin menjadi guru dan menyukai kegiatan praktikum, prodi pendidikan IPA adalah jurusan yang tepat.

    3. Lebih Peka Terhadap Alam Sekitar

    Dengan masuk ke jurusan pendidikan IPA akan membuat kamu terbiasa dengan hal-hal baik yang mengelilingi hidupmu. Sebab, di sini kamu akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas terhadap alam sekitar. Mulai dari makhluk hidup, lingkungan sekitar, hingga sumber daya alam di sekeliling kita.

    4. Lapangan Kerja yang Luas

    Lulusan jurusan pendidikan IPA memiliki peluang kerja yang cukup luas. Kamu tidak hanya bisa menjadi guru IPA saja, tetapi juga bisa menjadi wirausahawan sains, saintis, widyaiswara sains, instruktur sains, peneliti pendidikan, manajer pendidikan dan lain-lain. Kamu bahkan bisa berkarir di swasta maupun di pemerintahan.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan IPA

    1. Guru IPA

    Profesi satu ini menjadi salah satu profesi utama yang paling banyak diminati oleh lulusan jurusan Pendidikan IPA. Kamu bisa memilih untuk menjadi guru IPA di tingkat SD, SMP atau SMA. Karena kamu mempelajari beragam disiplin ilmu IPA, kamu bahkan bisa memilih untuk menjadi guru mata pelajaran biologi, fisika, atau kimia saja.

    2.Widyaiswara IPA

    Menjadi lulusan jurusan pendidikan IPA kamu juga bisa menjadi Widyaiswara IPA. Widyaiswara IPA merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang dengan tugas, tanggung jawab, wewenang untuk mendidik, mengajar, dan/atau melatih Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) pemerintah. Berbeda dengan guru yang mendidik siswa, sebagai Widyaiswara kamu akan bertugas untuk mendidik Guru IPA melalui kegiatan diklat.

    3. Research and Development

    Research & Development dalam konteks pendidikan merupakan seseorang yang bertugas untuk melakukan penelitian dan pengembangan pendidikan yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk pendidikan, seperti buku ajar, strategi/metode/model/program pembelajaran/pelatihan, dan sebagainya. Ini juga bisa menjadi lulusan jurusan pendidikan IPA loh.

    4. Tutor

    Untuk kamu yang tidak ingin mengajar di sekolah, kamu bisa mencoba untuk menjadi tutor di lembaga belajar. Terlebih saat ini sudah banyak startup berbasis pendidikan yang membutuhkan tenaga pendidik. Kamu bisa menjadi tutor di startup pendidikan dengan jadwal yang lebih fleksibel.

    5. Wirausaha

    Prospek karir lulusan jurusan pendidikan IPA selanjutnya adalah wirausaha. Dengan wawasan dan pengetahuan seputar sains yang kamu peroleh, kamu bisa membuka usaha. Misalnya usaha di bidang pertanian. Kamu bisa bercocok tanam berbagai sayur dan buat menggunakan ilmu dan keterampilan yang kamu dapat selama kuliah.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Pendidikan IPA Terbaik

    Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan Pendidikan IPA, Universitas Negeri Semarang (UNNES) bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Program Studi (Prodi) Pendidikan S1 IPA FMIPA Unnes salah satu program studi di FMIPA UNNES Semarang yang menyiapkan kamu untuk menjadi guru IPA pada jenjang SMP dan SMA.

    Kehadiran jurusan pendidikan IPA bertujuan untuk membekali kamu sebagai pendidik, peneliti dan manajer bidang pendidikan, serta dapat melanjutkan S2 dan S3 Pendidikan IPA dan prospektif menjadi dosen di Prodi Pendidikan IPA dan PGSD.

    Penyelenggaran pendidikan di jurusan pendidikan IPA berfokus pada perkuliahan teori di kelas, laboratorium, PP dan KKN. Kamu akan menempuh pendidikan selama 8 semester dengan jumlah sks sekitar 136-144 sks.

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: ELena dan Sitedi UNNES: Panduan Penggunaannya

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Pendidikan IPA dengan Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin berkuliah di jurusan Pendidikan IPA UNNES. Saat ini Danacita dan UNNES telah melakukan kerjasama untuk membantu kamu meringankan biaya pendidikan, dengan memberikan bantuan cicilan yang terjangkau.

    Danacita adalah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan terjangkau yang bisa membuatmu bayar biaya kuliah secara bulanan mulai 6 hingga 12 bulan.

    Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal. Selain UNNES, Danacita juga telah bekerjasama dengan ratusan kampus dan lembaga belajar lainnya.

    Syarat untuk mengajukan bantuan biaya sangat mudah. Kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    UNNES jurusan pendidikan ipa jurusan pendidikan ipa unnes
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri