Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan IPS: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-26

Daftar isi

    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu ilmu yang penting dan berguna bagi semua orang. Bidang ilmu yang satu ini, sudah dipelajari sejak di bangku SD sampai sekolah menengah.

    IPS membantu kita memahami dan menganalisis fenomena sosial yang terjadi di dunia, seperti perkembangan masyarakat, politik, ekonomi, dan budaya. Dengan memahami fenomena-fenomena tersebut, kita dapat memprediksi kemungkinan perkembangan masa depan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengantisipasinya.

    Selain itu, ilmu pengetahuan sosial juga dapat membantu kita memahami perbedaan antar kelompok sosial dan meningkatkan empati terhadap orang lain, sehingga dapat membangun masyarakat yang lebih harmonis di masa depan.

    Kamu termasuk orang yang menyukai bidang IPS? Jika kamu tertarik dengan hal-hal tersebut dan ingin mempelajari lebih dalam, kamu bisa melanjutkan studi ke jurusan pendidikan IPS.

    Penasaran bagaimana jurusan pendidikan IPS? Simak penjelasan selengkapnya mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya berikut.

    Apa Itu Jurusan Pendidikan IPS?

    Jurusan Pendidikan IPS adalah program studi yang mempersiapkan lulusannya menjadi guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah.

    Jurusan ini mempelajari materi mengenai sejarah, geografi, sosiologi, ekonomi, dan antropologi, serta mengajarkan teknik dan metode pengajaran IPS di sekolah.

    Lulusan dari jurusan pendidikan IPS diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan dalam mengajar serta memahami perkembangan sosial dan budaya masyarakat.

    Lulusan jurusan Pendidikan IPS juga dapat bekerja di bidang non-pendidikan seperti peneliti, pengamat politik, atau pekerja di lembaga pemerintah atau swasta yang berhubungan dengan ilmu sosial.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan IPS

    Perkuliahan di jurusan pendidikan IPS biasanya menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus. Selain itu, terdapat juga praktikum lapangan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

    Mata kuliah yang ditawarkan dalam jurusan pendidikan IPS adalah:

    1. Sejarah Indonesia: mata kuliah ini menjelaskan sejarah Indonesia dari masa pra sejarah hingga kini, termasuk perkembangan politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Perkuliahan meliputi diskusi, presentasi, analisis dokumen sejarah, dan penugasan menulis esai sejarah.
    2. Ilmu sosial budaya dasar: mata kuliah ini membahas konsep dasar ilmu sosial dan budaya, termasuk teori-teori sosial, metode penelitian, dan isu-isu sosial dan budaya. Perkuliahan meliputi diskusi kelompok, presentasi, studi kasus, dan latihan menulis laporan penelitian.
    3. Pendidikan Sejarah: mempelajari tentang pendidikan sejarah dari segi kurikulum, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Perkuliahan meliputi diskusi, simulasi pembelajaran, analisis materi ajar, dan penugasan menyusun RPP sejarah.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan IPS

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, IPS merupakan ilmu yang sangat berguna bagi semua kalangan. Ilmu yang dipelajari itu akan berguna saat di dunia kerja. Selain itu, lulusan dari jurusan pendidikan IPS juga memiliki prospek kerja yang sangat luas.

    Kamu akan memiliki bakat dalam bidang ilmu sosial dan politik, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengembangkan kemampuan analisis, sikap kritis dan pemikiran kreatif dalam menyikapi permasalahan sosial dan politik.

    Lebih lanjut, sebagai lulusan jurusan pendidikan IPS nantinya kamu juga memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang, seperti di lembaga pemerintahan, swasta, maupun organisasi non profit.

    Prospek kerja jurusan pendidikan IPS

    Prospek kerja jurusan pendidikan IPS tergolong cukup baik, karena lulusan dari jurusan ini dapat berkarir di berbagai bidang seperti pendidikan, konsultasi, penelitian, dan pemerintahan. Kamu dapat bekerja sebagai guru IPS di sekolah, dosen di perguruan tinggi, konsultan di lembaga konsultasi, peneliti di lembaga riset, atau bahkan sebagai pejabat di pemerintahan.

    Selain itu, lulusan jurusan pendidikan IPS juga memiliki peluang untuk berkarir di bidang jurnalisme, komunikasi, dan hukum. Hal ini dikarenakan jurusan pendidikan IPS memiliki banyak kesempatan kerja di berbagai bidang.

    Selain itu, ilmu pengetahuan sosial juga berguna dalam menganalisis dan memecahkan masalah sosial yang ada di masyarakat, sehingga sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan dan pengembangan program pemerintah atau organisasi.

    Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena jurusan pendidikan IPS memiliki banyak peluang kerja yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan IPS Terbaik

    Tidak perlu pusing memilih kampus dengan jurusan pendidikan IPS terbaik, karena banyak sekali kampus yang menawarkan program studi ilmu pengetahuan sosial dengan kualitas yang baik.

    Salah satu kampus yang menyediakan jurusan pendidikan IPS terbaik yang bisa kamu tuju adalah UNNES. Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia yang terletak di kota Semarang.

    UNNES memiliki beberapa fakultas dan salah satunya adalah Fakultas Ilmu Pendidikan yang memiliki jurusan Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Jurusan ini telah terakreditasi B.

    Jurusan Pendidikan IPS di UNNES menyelenggarakan program studi S1 Pendidikan IPS dengan kurikulum yang mengacu pada standar nasional pendidikan. Program studi ini mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga pendidik yang mampu mengajar mata pelajaran IPS di sekolah dasar dan menengah.

    Selain itu, jurusan Pendidikan IPS di UNNES juga memiliki lab yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan untuk menunjang proses belajar mengajar. Jurusan ini juga menyelenggarakan kerjasama dengan sekolah-sekolah di sekitar Semarang dalam bentuk magang dan studi banding bagi mahasiswanya.

    Lulusan jurusan Pendidikan IPS di UNNES diharapkan mampu menjadi tenaga pendidik yang profesional, inovatif, dan berkompeten dalam mengajar mata pelajaran IPS di sekolah.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    Kuliah di Jurusan Pendidikan IPS UNNES dengan Danacita

    Itulah penjelasan seputar jurusan pendidikan IPS yang bisa kamu jadikan bahan sebagai penentu memilih jurusan kuliah. Sudah yakin mau masuk jurusan pendidikan IPS? Langsung saja daftar ke UNNES dan tentang urusan biayanya, bisa pakai Danacita.

    Danacita merupakan platform fintech yang menyediakan pembiayaan pendidikan terjangkau untuk para mahasiswa agar bisa menggapai mimpinya. UNNES dan Danacita telah bekerjasama untuk memberikan pembiayaan pendidikan secara bulanan mulai 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan lainnya baik itu formal maupun non formal yang tersebar di seluruh Indonesia. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja. Kamu tidak perlu dibebani DP, uang jaminan maupun biaya lainnya.

    Yang terpenting, Danacita juga sudah resmi berizin dan diawasi OJK sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan pendidikan ips unnes jurusan pendidikan ips UNNES
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri