Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-24

Daftar isi

    Problematika dalam memilih jurusan yang tepat memang masih menjadi masalah utama yang dialami mayoritas calon mahasiswa baru. Selain harus memilih jurusan yang sesuai dengan passion, mereka juga harus memiliki strategi yang bagus untuk bisa masuk ke kampus yang diinginkan.

    Apa kamu termasuk dalam tipe orang yang family oriented? Kalau iya, mungkin jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu dalam melanjutkan pendidikan tinggi,

    Masih belum paham tentang jurusan ini? Yuk, simak artikel di bawah ini mengenai jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, supaya kamu tidak bingung lagi.

    Apa itu Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

    Jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga adalah sebuah program studi yang menekankan pada pengembangan ilmu dan keterampilan tentang peningkatan kualitas kehidupan keluarga dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

    Jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga merupakan salah satu program studi yang mempelajari tentang pendidikan dan pemberdayaan keluarga agar dapat meningkatkan kualitas hidup. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari berbagai materi, salah satu konsentrasinya yaitu mengenai tata boga.

    Namun secara umum, jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga mempelajari perencanaan keluarga, hubungan keluarga, pemberdayaan keluarga, dan pengembangan keluarga. Jurusan ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki kemampuan dalam memberikan layanan dan bimbingan kepada keluarga agar dapat mencapai kesejahteraan secara optimal.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

    Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga berfokus pada pengembangan ilmu dan keterampilan dalam kehidupan keluarga.

    Jika melanjutkan studi ke jurusan ini, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti membahas topik-topik pentingnya pendidikan kesejahteraan keluarga, konsep dasar kesejahteraan keluarga, strategi dan teknik pendidikan, konser dasar kesejahteraan keluarga, serta studi kasus dan aplikasi dari pendidikan kesejahteraan keluarga.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

    Jika penjelasan di atas masih belum cukup membuat kamu yakin untuk mengambil keputusan melanjutkan studi di jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, tidak perlu khawatir, berikut penjabaran beberapa alasan untuk membuat kamu semakin yakin.

    Lulusan dari jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga ini akan memiliki kesempatan banyak prospek kerja yang bagus dan luas. Memberikan kamu peluang untuk membantu orang lain dan membuat perbedaan dalam kehidupan. Melalui jurusan ini, kamu dapat belajar tentang cara membantu keluarga dan individu dalam meningkatkan kualitas hidup dalam mencapai kesejahteraan.

    Kamu bisa berkesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial. Hal ini sangat fleksibel sesuai dengan keinginan dan kemauan kamu.

    Ilmu kesejahteraan keluarga memang sangat penting dan berguna dari zaman dulu hingga kapan pun. Maka dari itu semua orang harus memiliki pengetahuan tentang pendidikan kesejahteraan keluarga untuk meningkatkan kualitas diri sendiri maupun keluarga. Sehingga dapat dikatakan bahwa ilmu yang kamu dapatkan di jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

    Setelah membaca rangkuman alasan di atas, tentu saja kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai prospek kerja yang didapat jika sudah menyelesaikan studi di jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga.

    Prospek kerja yang bisa didapat cukup baik dan luas, kamu berkesempatan untuk bekerja di beberapa bidang seperti berikut:

    1. Lembaga pendidikan: menjadi guru di sekolah dasar, menengah atau perguruan tinggi
    2. Lembaga kesehatan: bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik, atau lembaga kesehatan lainnya sebagai konselor atau penyuluh kesehatan keluarga
    3. Lembaga sosial: bekerja di lembaga sosial, seperti pusat konseling keluarga, yayasan keluarga
    4. Lembaga ekonomi: lulusan ini dapat bekerja di perusahaan, lembaga keuangan, atau lembaga ekonomi lainnya sebagai konsultan
    5. Lembaga pemerintah: kamu bisa bekerja di instansi pemerintahh seperti dinas kesehatan, dinas sosial, dinas pendidikan, atau lembaga pemerintah lainnya.

    Pastikan kamu juga selalu memperluas pengetahuan dan keterampilan agar dapat bersaing di pasar kerja yang semakin ketat.

    Lulusan dari jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga juga dapat melanjutkan studi ke jenjang S-2 dan S-3 di bidang ilmu keluarga, sosiologi, atau psikologi, sehingga memiliki kesempatan untuk bekerja di posisi lebih tinggi dan berpengaruh di bidang tersebut.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Terbaik

    Setelah membahas secara lengkap jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, pasti kamu makin tertarik untuk melanjutkan ke jenjang studi jurusan tersebut bukan? Jika kamu benar-benar tertarik untuk masuk ke jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, salah satu kampus terbaik yang bisa kamu tuju adalah UNNES.

    Jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga UNNES merupakan salah satu program studi yang ditawarkan dan sudah terakreditasi B.

    Lulusan dari jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga diharapkan akan menghasilkan calon pendidik dalam bidang tata boga untuk sekolah menengah kejuruan kelompok pariwisata dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil dan peka terhadap kelestarian lingkungan, sosial-budaya.

    Banyak sekali keunggulan yang ada pada kampus UNNES, mulai dari prestasi hingga wirausaha di bidang boga. Prasarana yang disediakan prodi juga sangat memadai, adanya lab, ruang seminar, ruang multimedia, dan ruang baca.

    Kompetensi lulusan jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga juga terbagi menjadi 3 kompetensi, yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lain.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNNES dengan Danacita

    Itulah penjelasan seputar jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampus yang terbaik. Sudah mantap ingin masuk ke jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga tapi terkendala soal hal biaya? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa kuliah di jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga UNNES dengan menggunakan Danacita

    Danacita merupakan platfrom fintech yang memiliki tujuan membuka akses pendidikan kepada seluruh pelajar di Indonesia. Program yang ditawarkan Danacita yaitu berupa pembiayaan pendidikan terjangkau untuk para pelajar sehingga mereka bisa membayar pendidikan secara terjangkau dengan bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Jika kamu mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, persyaratannya mudah loh karena kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan baik itu formal maupun non formal di seluruh Indonesia. Proses pengajuannya juga mudah dan online dan tanpa perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya. Danacita juga sudah resmi berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!