Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Seni Musik: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-19

Kamu tertarik dengan musik dan ingin mendalaminya? Kamu juga berminat untuk menjadikan musik sebagai pilihan pendidikan lanjutan di universitas? Kalau iya, kamu bisa memilih untuk masuk ke jurusan pendidikan seni musik. Selain dapat mempelajari hal yang kamu sukai, memilih kuliah jurusan Pendidikan Seni Musik juga dapat memperdalam ilmu agar bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Pasti tertarik bukan, bekerja sesuai hobi?

Jurusan Pendidikan Seni Musik mempelajari musik sebagai medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, manajemen industri musik hingga komposisi musik. Tertarik? Simak penjelasan tentang jurusan pendidikan seni musik berikut.

Apa Itu Jurusan Pendidikan Seni Musik

Jurusan Pendidikan Seni Musik adalah jurusan yang mempelajari berbagai sejarah musik, analisis musik, vokal dan praktik instrumen musik serta ilmu kependidikan. Jurusan ini juga mempelajari keterampilan serta pengetahuan seni musik bernuansa global meliputi berbagai bidang perancangan, penelitian, dan penyajian, baik itu karya maupun hasil dari perancangan musik.

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan pendidikan seni musik mulai dari filsafat seni, sejarah musik, dasar orkestrasi, teori budaya, solfegio, music computer, instrument dasar piano, harmoni, teknik vokal, produksi musik, hingga komposisi musik. Jurusan pendidikan seni musik ini juga kemudian mengajarkan beragam keahlian berikut agar lulusannya siap memasuki dunia karir, baik yang berhubungan langsung dengan musik ataupun tidak.

Matkul dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Seni Musik

Agar kamu punya gambaran, berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Pendidikan Seni Musik:

  1. Filsafat Seni
  2. Sejarah Musik
  3. Choirs/Ensemble/Band/Orchestra
  4. Choirs & Orchestra Conducting
  5. Praktek Individual Instrumen
  6. Teori Musik
  7. Solfegio
  8. Harmoni Teori & Praktek
  9. Dasar Orkestrasi
  10. Transkripsi Musik
  11. Semiotika
  12. Teori Budaya
  13. Etnomusikologi
  14. Sosiologi
  15. Metode Musik Sekolah
  16. Cipta Karya Vokalia
  17. Instrumen Dasar Piano
  18. Baca Partitur
  19. Kontrapung
  20. Teori Bentuk Musik
  21. Harmoni
  22. Instrumen Mayor
  23. Analisis Bentuk Musik
  24. Kondakting
  25. Kritik Musik
  26. Akustik dan Organologi
  27. Musik Komputer
  28. Pembelajaran Media Musik
  29. Primavista Vokal
  30. Aplikasi Mikrofon
  31. Metode Penciptaan
  32. Garapan Musik Elektronik
  33. Eksplorasi Bunyi

Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Seni Musik

Kuliah jurusan Pendidikan Seni Musik akan sangat menyenangkan sebab proses pembelajarannya yang santai. Menjalani jurusan ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, mulai dari penggunaan pakaian hingga penampilan yang bebas tanpa dibatas-batasi.

Jurusan ini juga memiliki pilihan pekerjaan dengan gaji yang cukup menggiurkan bagi para lulusannya, mulai dari menjadi Soundman, Music Director, Arranger, dan masih banyak lagi. Kamu juga memiliki kesempatan besar untuk berburu berbagai beasiswa ke luar negeri. Dengan musik, kamu juga memiliki kesempatan untuk go international serta terlibat dalam berbagai kesempatan satu project di konser penyanyi ternama, terlibat dalam produksi film sebagai pembuat soundtrack, dan masih banyak peluang menyenangkan lainnya.

Tak hanya itu jika kamu memiliki kemampuan yang mumpuni, bukan tidak mungkin kamu juga dapat berkarir sebagai Konduktor, Komponis, sekaligus Penata Musik, seperti Erwin Gutawa dan Addie MS. Jika tertarik dengan dunia pendidikan, kamu juga dapat menjadi Guru Vokal atau Guru Instrumen Musik. Jika suka berbisnis kamu dapat membuka Sekolah Musikmu sendiri.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Seni Musik

Tidak sedikit orang yang meremehkan peluang atau prospek kerja lulusan jurusan Pendidikan Seni Musik. Tidak sedikit pula yang berpikir seniman musik tidak perlu sekolah tinggi-tinggi karena musik bisa dipelajari secara otodidak. Padahal, dengan menempuh pendidikan, kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai selera dan pemikirannya masing-masing. Semakin banyak orang yang kamu temui, semakin luas pula wawasan yang kamu miliki.

Orang yang menyukai musik tetap perlu mengenyam pendidikan tinggi agar bisa menghasilkan karya fenomenal. Kamu tetap bisa memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan Pendidikan Seni Musik. Tak perlu khawatir dengan rencana masa depan sebab kamu bisa memilih salah satu dari peluang atau prospek kerja lulusan jurusan Pendidikan Seni Musik berikut ini:

  • Manajemen Industri Musik
  • Musisi
  • Audio Atau Sound Engineer
  • Penyiar
  • Produser TV atau Radio
  • Event Planner/Event Organizer
  • Produser Rekaman (Produser Musik)
  • Penata Musik (Music Arranger)
  • Guru SMP/SMA

Kampus dengan Jurusan Pendidikan Seni Musik Terbaik

Jika kamu mulai tertarik dengan jurusan ini, tak perlu bingung memilih universitas yang bagus. Sebab, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi salah satu kampus dengan jurusan Pendidikan Seni Musik Terbaik.

UNNES mempunyai program yang cukup lengkap untuk jurusan Pendidikan Seni Musik. Mulai dari program sarjana, magister, hingga doktor tersedia di kampus ini. Tidak hanya itu, jurusan Pendidikan Seni Musik UNNES juga menjalin kerjasama internasional di bidang seni dengan Bangkok Faculty Exchange Academy, Taipei National of Art dan Australia. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai musik.

Informasi selengkapnya di sini.

Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

Berkuliah di Jurusan Pendidikan Seni Musik dengan Danacita

Itu dia informasi seputar jurusan Pendidikan Seni Musik yang tak kalah menarik dengan jurusan-jurusan lainnya. Mulai tertarik untuk menjadi mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik tapi kamu merasa bingung untuk urusan biaya kuliahnya? Tidak perlu khawatir! Kamu bisa langsung daftar ke kampus UNNES dengan memanfaatkan pembiayaan pendidikan dari Danacita. Hal ini dikarenakan Danacita sudah bekerjasama dengan UNNES serta lebih dari 130 institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia.

Danacita sudah mendapatkan izin dan resmi diawasi oleh OJK sehingga sudah terjamin keamanannya. Jika kamu mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, maka biaya kuliahmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Prosesnya pun cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja, jadi kamu bisa mengajukan dimanapun dan kapanpun. Kamu pun juga tidak dibebani DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

jurusan pendidikan seni musik unnes jurusan pendidikan seni musik UNNES
Default Avatar

Written By

Anugrah Putri