Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Seni Tari: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-24

Daftar isi

    Siapa yang memiliki hobi menari atau tertarik dengan seni tari? Artikel ini cocok banget untuk kalian nih. Jurusan pendidikan seni tari ini bisa menghasilkan lulusan sarjana yang berkompetensi utama sebagai guru. Selain itu, juga ada banyak prospek kerja yang bisa kamu pilih.

    Masih penasaran dengan jurusan pendidikan seni tari seperti apa? Yuk intip lebih lanjut artikel mengenai kuliah di jurusan pendidikan seni tari mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya berikut!

    Apa Itu Jurusan Pendidikan Seni Tari?

    Jurusan pendidikan seni tari merupakan salah satu program studi yang banyak tersedia di universitas. Jurusan pendidikan seni tari ini mempelajari tentang seni tari yang meliputi teori dan praktik menari, sejarah tari, hingga cara mengajar tari.

    Jika kamu mengambil jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari berbagai macam gaya tari mulai dari tari tradisional hingga tari modern serta belajar cara menciptakan koreografi tari.

    Setelah lulus dari jurusan pendidikan seni tari, kamu bisa memiliki keahlian untuk mengajar tari di sekolah atau bisa menjadi penari di beberapa acara yang memang diperlukan.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Seni Tari

    Mata kuliah utama dalam jurusan pendidikan seni tari adalah mempelajari tentang tari, sebuah gerakan yang bisa dilakukan baik secara individu maupun kelompok.

    Lebih lanjut, mata kuliah di jurusan pendidikan seni tari biasanya membahas sejarah tari, teknik menari, teori tari, dan berbagai macam jenis tari yang ada.

    Mata kuliah pada jurusan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang tari, sekaligus mengembangkan kemampuan dalam menari. Jadi, jika kamu lanjut ke jenjang studi jurusan pendidikan seni tari, kamu tidak hanya praktek saja, tetapi juga akan diajari secara detail melalui teori lebih dahulu.

    Dari hal itu, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam seni tari, serta dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi dalam menciptakan karya tari.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Seni Tari

    Setelah membaca beberapa penjelasan tentang kuliah jurusan pendidikan seni tari di atas, mungkin saja ada di antara kalian masih ada yang belum yakin sepenuhnya untuk melanjutkan studi ke jurusan ini, nah berikut akan dijelaskan alasan untuk mengambil jurusan pendidikan seni tari.

    1. Mengasah kemampuan seni dan kreativitas
    2. Memiliki kesempatan untuk terjun langsung ke dalam dunia pertunjukan seni tari
    3. Memperoleh pengetahuan tentang sejarah, teori, dan teknik tari
    4. Memiliki peluang untuk bekerja sebagai bidang seperti pertunjukan, pengajaran, dan produksi tari
    5. Menjadi bagian dari komunitas seni tari yang kreatif dan inovatif

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Seni Tari

    Seni tari bisa dikatakan cukup dibutuhkan oleh banyak orang. Banyak sekali event-event yang membutuhkan penari untuk mengisi acara, seperti acara nikahan, acara festival, acara ulang tahun, acara di televisi, bahkan di acara internasional juga sering dibutuhkan.

    Terlebih lagi tarian tradisional sangat dihargai serta dibutuhkan untuk melestarikan dan mengenalkan lebih luas tarian-tarian yang ada di indonesia ke orang asing.

    Nah, ini dia prospek kerja yang bisa kamu jadikan tujuan berkarier setelah menjadi lulusan dari jurusan pendidikan seni tari:

    1. Pertunjukan musikal, kamu bisa menjadi pemain di dalam sebuah pertunjukan yang menggabungkan musik, drama, dan tari yang diperagakan secara live. Biasanya pertunjukan musikal berdasarkan sebuah cerita atau tema yang ditampilkan melalui dialog
    2. Teater, prospek kerja ini tidak beda jauh konsepnya dengan pertunjukan musikal
    3. Guru tari, menjadi ahli pakar dalam bidang tari, memiliki pengetahuan yang mendalam baik dalam teori, teknik, dan sejarah tari, serta mampu mengajar dan menciptakan karya tari yang berkualitas
    4. Penari latar, kali ini bertugas menari di latar belakang sebagai pelengkap dalam suatu pertunjukan.
    5. Koreografer, orang yang menciptakan gerakan tari dalam sebuah pertunjukan, mulai dari teknik, gaya, dan konsep tari untuk menciptakan sebuah karya yang indah dan menarik untuk ditonton. Bertanggung jawab untuk melatih.
    6. Aktor, orang yang memainkan sebuah peran dalam sebuah pertunjukan teater atau film
    7. Direktur artistik, kepala bagian artistik dalam sebuah organisasi, biasanya dalam sebuah teater atau pertunjukan. Bertanggung jawan untuk memilih karya-karya seni yang akan dipentaskan, mengelola tim artistik, serta menjamin kualitas pertunjukan yang akan disajikan

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Seni Tari Terbaik

    Gimana? Mulai tertarik untuk masuk ke jurusan pendidikan seni tari? Jika iya, salah satu kampus yang menyediakan jurusan pendidikan seni tari terbaik adalah UNNES. UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Semarang.

    Jurusan pendidikan seni tari akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada mahasiswa dalam bidang seni tari tradisional maupun modern. UNNES telah melahirkan banyak lulusan yang sukses pada dunia seni atau entertainment.

    Jurusan pendidikan seni tari di UNNES sudah terakreditasi A dan kamu akan mendapatkan gelar S.Pd. jika telah berhasil lulus dari jurusan ini.

    Visi dan misi yang dikembangkan dari jurusan pendidikan seni tari yaitu untuk menghasilkan lulusan sarjana berkompetensi utama sebagai guru seni tari di berbagai jenjang pendidikan dengan kompetensi pendukung di bidang pengembangan seni tari.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    Pembayaran Kuliah di Jurusan Pendidikan Seni Tari UNNES dengan Danacita

    Itu dia penjelasan terlengkap mengenai jurusan pendidikan seni tari yang bisa kamu pahami. Ingin melanjutkan pendidikanmu di jurusan pendidikan seni tari UNNES tapi masih bingung karena masalah biaya? Langsung saja pakai Danacita.

    Danacita merupakan perusahaan teknologi finansial yang sudah bekerjasama dengan UNNES dalam memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau untuk mahasiswa. Dengan mengajukan pembiayaan ke UNNES, kamu bisa bayar kuliah secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama dengan 130 institusi pendidikan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Proses pengajuan ke Danacita mudah dan secara online dengan maksimal 2 hari kerja.

    Kamu tidak perlu dibebani DP, uang jaminan atau biaya lainnya sehingga tidak membebani kamu untuk bisa melanjutkan mimpi dengan berkuliah di jurusan pendidikan seni tari. Selain itu, Danacita juga sudah berizin dan diawasi OJK sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan pendidikan seni tari jurusan pendidikan seni tari unnes UNNES
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri