Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-24

Daftar isi

    Kamu lulusan jurusan IPA saat sekolah menengah dan masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah? Merasa tertarik dengan desain struktur, arsitektur, dan lain sebagainya? Mungkin kamu bisa memilih jurusan pendidikan teknik bangunan sebagai pilihan pendidikan tinggimu.

    Mungkin bagi beberapa diantara kamu jurusan pendidikan teknik bangunan masih terdengar asing. Jika kamu merasa demikian, berikut akan dibahas lebih mendalam mengenai jurusan pendidikan teknik bangunan. Mulai dari pengertian, mata kuliah, dan prospek kerja lengkap.

    Apa Itu Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan?

    Jurusan pendidikan teknik bangunan merupakan sebuah program pendidikan yang mempelajari tentang ilmu teknik bangunan, mulai dari dasar-dasar teori, konsep, metode, teknik dan aplikasi dalam bidang konstruksi bangunan.

    Program ini mencakup beberapa topik. Pelajar jurusan pendidikan teknik bangunan akan dilatih untuk dapat membuat gambar teknik, menganalisa struktur bangunan, dan membuat rencana pembangunan banguunan yang sesuai dengan standar teknik dan lingkungan.

    Jadi, jika kamu ingin melanjutkan ke jenjang studi jurusan pendidikan teknik bangunan tetapi belum bisa menggambar, tenang saja, karena kamu akan diberikan pelajaran menggambar dan akan menguasai banyak ilmu.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan

    Setelah membaca penjelasan tentang jurusan pendidikan teknik bangunan di atas, tentu kamu ingin tahu lebih dalam mengenai mata kuliah dan perkuliahannya bukan?

    Mata kuliah jurusan pendidikan teknik bangunan cukup beragam dan kamu akan mempelajari banyak hal di dalamnya.

    Nah berikut ini mata kuliah yang akan kamu pelajari jika melanjutkan studi di jurusan pendidikan teknik bangunan.

    1. Desain Struktur Bangunan, pada mata kuliah ini kamu akan mempelajari pemahaman tentang definisi struktur dan konstruksi, beban dan statika, serta pengenalan dan pemahan dasar dari jenis-jenis struktur (garis, bidang datar, bidang lengkung, bidang lipat) dalam hubungannya dengan rancangan arsitektur)
    2. Material Bangunan, mata kuliah ini mempelajari berbagai macam bahan bangunan seperti, batu, kayu, besi, beton, dan bahan lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari sifat-sifat dari setiap bahan bangunan, teknik penggunaannya dalam struktur bangunan, dan cara pemilihannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan bangunan
    3. Perencanaan dan Pengelolaan Proyek Bangunan, pada mata kuliah ini kamu harus memperhatikan dalam perencanaan dan pengelolaan proyek bangunan, seperti:
    • Identifikasi kebutuhan dan tujuan proyek, serta rencana dan anggaran biaya yang sesuai
    • Penentuan lokasi proyek, serta evaluasi dan pemilihan lokasi yang tepat
    • Pemilihan dan pengelolaan tim proyek, termasuk pembagian tugas
    • Pemantauan risiko proyek, ketersediaan sumber daya, waktu dan biaya proyek
    • Pemeliharaan pasca konstruksi dan evaluasi hasil proyek

    Mata kuliah di atas bertujuan untuk menyiapkan lulusan jurusan pendidikan teknik bangunan agar memiliki pengetahuan dan keterampilam yang dibutuhkan untuk bekerja dalam bidang tersebut.

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan

    Jika kamu masih ragu untuk melanjutkan studi di jurusan pendidikan teknik bangunan, di bagian ini akan membahas alasan yang tepat kenapa kamu harus memilih jurusan ini untuk melanjutkan studi.

    Selain prospek kerjanya yang cukup luas dan menjanjikan, berikut alasan-alasan yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

    1. Mempunyai kesempatan untuk belajar tentang teknik dan ilmu yang berkaitan dengan bangunan, seperti desain, struktur, dan material bangunan
    2. Memiliki peluang untuk bekerja di bidang konstruksi dan bangunan, baik sebagai ahli teknik, inspektur, atau konsultan bangunan
    3. Dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan teknikal dalam merancang dan membangun berbagai jenis bangunan
    4. Memiliki kesempatan untuk memperoleh sertifikasi profesional dan meningkatkan karier di bidang bangunan
    5. Dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas bangunan yang berkualitas dan aman

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan

    Di era yang semakin modern ini, kebutuhan akan pembangunan infrastruktur dan bangunan-bangunan baru semakin tinggi. Selain itu, adanya perkembangan teknologi yang terus berkembang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang teknik bangunan untuk mengikuti perkembangan tersebut.

    Lulusan dari jurusan pendidikan teknik bangunan juga dibutuhkan dalam berbagai proyek konstruksi, seperti pembangunan rumah, gedung-gedung komersial, hingga infrastruktur jalan dan jembatan. Hal ini menjadikan lulusan dari jurusan pendidikan teknik bangunan memiliki peluang kerja yang baik di sektor maupun pemerintahan.

    Berikut beberapa pekerjaan yang bisa didapat dari lulusan jurusan pendidikan teknik bangunan.

    1. Arsitek, bertugas untuk merancang dan mengatur desain bangunan. Harus memiliki keahlian dalam desain, matematika, dan teknik untuk membuat bangunan yang fungsional dan aman sesuai dengan kebutuhan klien
    2. Insinyur struktur, bertanggung jawab untuk merancang, menganalisis, dan memastikan bahwa struktur bangunan memenuhi standar keamanan dan kinerja yang diperlukan
    3. Insinyur konstruksi, seorang profesional yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa struktur tersebut kokoh, aman, dan sesuai dengan standar teknis dan regulasi yang berlaku. Insinyur konstruksi bekerja sama dengan tim lainnya, seperti arsitek, ahli struktur, dan kontraktor

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Terbaik

    Saat ini, kampus yang menawarkan jurusan pendidikan teknik bangunan tergolong cukup banyak. Salah satu kampus dengan jurusan pendidikan teknik bangunan terbaik adalah UNNES.

    Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) berdiri sejak tahun 1982. Dari tahun 1982 – 1999 Program Studi PTB berada di bawah Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) IKIP Semarang. Setelah IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada tahun 1999, Program Studi PTB menjadi program studi berada di bawah Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

    Jurusan pendidikan teknik bangunan memiliki visi sebagai wadah pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang teknologi yang berorientasi pada penyediaan tenaga akademik profesional di bidang teknik bangunan dengan mengedepankan kemandirian dan profesionalisme dalam berbagai usaha untuk memenuhi tuntutan pembangunan nasional, memiliki wawasan dan kualitas yang bertaraf internasional serta memiliki ciri konservasi.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    Pembayaran Kuliah di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai jurusan pendidikan teknik bangunan mulai dari pengertian sampai rekomendasi kampus yang bisa kamu tuju. Ingin berkuliah di jurusan pendidikan teknik bangunan UNNES? Sekarang kamu bisa loh memanfaatkan alternatif pembayaran kuliah dengan Danacita.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memberikan solusi bayar kuliah secara bulanan mulai dari 6 hingga 24 bulan. UNNES dan Danacita sudah bekerjasama untuk membantu para mahasiswa dalam menggapai mimpi mereka.

    Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia baik itu formal maupun non formal. Proses pengajuannya yang cepat dan mudah secara online juga menjadi kelebihan Danacita. Kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya dan pengajuanmu akan diproses maksimal 2 hari kerja.

    Yang terpenting, Danacita juga sudah resmi berizin dan diawasi OJK dan bersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data. Jadi Danacita sudah pasti aman dan terjamin.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!