Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-pendidikan-teknik-otomotif

Daftar isi

    Apakah kamu tertarik dengan dunia otomotif dan senang dengan dunia pendidikan? Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif mungkin akan sangat cocok untuk kamu. Jurusan ini menggabungkan disiplin Teknik Otomotif dengan berbasis pendidikan. Sehingga ini akan memungkinkan kamu untuk belajar tidak hanya dunia otomotif saja, tetapi juga bagaimana membagikan ilmunya di dalam kelas.

    Penasaran seperti apa jurusan Pendidikan Teknik Otomotif ini? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif?

    Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif adalah bidang ilmu yang otomotif terkait segala cara maupun proses dalam pengoperasian dan pembuatan kendaraan yang beroperasi di darat seperti mobil, truk, motor, kereta, serta bus.

    Jurusan pendidikan teknik otomotif menyelenggarakan pendidikan bidang Teknik Otomotif untuk mengakomodasi kebutuhan guru teknik otomotif untuk Sekolah Menengah Kejuruan maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) dan Entrepreneur.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif?

    Jurusan pendidikan teknik otomotif akan membekali kamu dengan cakupan kompetensi lulusan yaitu pengetahuan teknik otomotif yang dapat menguasai sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif dan gambaran umum dunia otomotif, perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chassis, bodi, dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan entrepreneur (menguasai dasar-dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi entrepreneur dalam bidang otomotif).

    Dalam pembelajarannya, jurusan pendidikan teknik otomotif dibagi menjadi perancangan, pengembangan, produksi, dan perawatan otomotif. Jurusan pendidikan teknik otomotif akan memberikan kamu potensi untuk dapat mengembangakan dan memadukan kegiatan/ praktek dengan teori keteknikan. Selain itu, pada jurusan pendidikan teknik otomotif juga akan rutin mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan IPTEK melalui pelaksanaan pendidikan dan pengajaran serta penelitian bidang pendidikan/ketrampilan teknik bagi kepentingan pembangunan.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui pada jurusan pendidikan teknik otomotif antara lain Fisika, Statistika Struktur, Elemen Mesin, Teknik Tenaga Listrik, Perencanaan Mesin Otomotif, Mekanika Bahan, hingga Keselamatan & Kesehatan Kerja, dan masih banyak lagi.

    Selain materi seputar keahlian otomotif, di jurusan ini kamu juga akan mendapatkan materi pedagogik serta manajemen kela, sebagai bekal kamu untuk menjadi guru.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif?

    1. Mengembangkan Skil Otomotif

    Untuk kamu yang senang berkutat dengan dunia otomotif, jurusan ini sangat cocok. Berada di jurusan pendidikan teknik otomotif akan mempertemukan kamu dengan teman-teman dengan hobi yang sama sehingga skill dan pengetahuan akan otomotif pun akan bertambah. Misalnya dalam hal pemeliharaan mesin kendaraan.

    2. Proses Pembelajaran yang Menyenangkan dan Menantang

    Sebagian besar pembelajaran dilakukan melalui praktik langsung, sehingga kamu tidak hanya belajar teori saja. Misalnya pada jurusan pendidikan teknik otomotif praktik dilakukan di bengkel, sehingga kamu akan mengenal langsung bagian bagian mesin kendaraan dan menerapkan teori yang telah dipelajari di kelas.

    3. Belajar Banyak Hal

    Jurusan pendidikan teknik otomotif tidak hanya berfokus untuk mengajarkan kamu bidang otomotif dan mesin saja. Namun kamu juga akan diajari tentang desain, K3, hingga manajemen industri. Bahkan kamu akan diajarkan bagaimana menjadi pengajar teknik otomotif.

    4. Peluang Karir yang Tinggi

    Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah kendaraan terbanyak. Hal ini membuat kebutuhan tenaga ahli di bidang otomotif juga tinggi. Ada banyak sekali peluang pekerjaan mulai dari industri manufaktur, hingga tenaga mekanik di bengkel. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan menganggur selepas lulus dari jurusan pendidikan teknik otomotif karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang ahli otomotif untuk kelancaran operasional mereka.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif

    1. Guru atau Tenaga Pendidik

    Prospek karir yang pertama untuk lulusan jurusan Pendidikan Teknik Otomotif adalah sebagai pengajar atau guru SMK jurusan otomotif. Jurusan pendidikan teknik otomotif sangat erat kaitannya dengan jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK, sehingga kamu bisa memanfaatkan ilmu yang Kamu dapat untuk menjadi pengajar.

    2. Teknisi

    Sebagai lulusan dari jurusan pendidikan teknik otomotif, kamu tentu memahami hal-hal yang berkaitan dengan teknisi dan mesin. Makan profesi ini sangat cocok. Tugas seorang teknisi yaitu menangani hal-hal teknis yang berkaitan dengan mesin. Tidak hanya bekerja di bengkel atau service center, kamu juga memiliki kesempatan untuk bergabung di perusahaan otomotif ternama.

    3. Perancang dan Pengembangan Mesin

    Menjadi bagian perencanaan dan pengembangan berarti kamu akan mengambil peran dalam menghasilkan ide dalam pembuatan mobil baru yang akan dijual. Biasanya, bagian perencanaan menggagas ide produk baru dengan terlebih dulu melihat beberapa faktor. Seperti data penjualan mobil sebelumnya, tren, suara konsumen, dan kekhasan produk pesaing.

    4. Operator Pabrik

    Operator pabrik merupakan seseorang yang punya peran sentral dalam aktivitas produksi di suatu pabrik. Mulai dari mendesain pabrik hingga mengontrol operasi pabrik. Sebagai operator pabrik, kamu akan bertugas melakukan kajian terhadap rancangan pabrik dan mempelajari pabrik untuk masa yang akan datang.

    5. Jurnalis Otomotif

    Untuk kamu yang punya passion dalam menulis, kamu bisa menjadi seorang jurnalis majalah otomotif. Berbekal pengetahuan yang kamu miliki di bidang otomotif, kamu akan lebih mudah menulis berita atau jenis tulisan lainnya di bidang ini.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Terbaik

    1. Universitas Negeri Semarang

    Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif adalah salah satu prodi di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang telah terakreditasi B. Jurusan ini memiliki visi menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang pendidikan dan teknologi otomotif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi serta mampu bersaing secara global.

    Dalam penyelenggara pendidikannya, jurusan pendidikan teknik otomotif bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan guru teknik otomotif untuk SMK maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) dan Entrepreneur.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    2. Institut Teknologi Indonesia

    Jurusan Teknik Mesin Otomotif Institut Teknologi Indonesia (ITI) adalah salah satu program studi di ITI yang mempunyai tujuan menghasilkan sarjana dan tenaga ahli di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik mesin otomotif yang mendapat pengakuan nasional dan internasional, dapat memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di industri dan membangun bangsa menjadi bangsa yang mandiri di bidang teknologi.

    Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, dalam pelaksanaan pengajarannya Prodi Teknik Mesin Otomotif dilengkapi dengan kurikulum berbasis KKNI yang mendukung program MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM).

    Informasi selengkapnya, klik di sini

    Baca juga: Alasan Terbaru Kuliah di Institut Teknologi Indonesia (ITI) 2022

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dengan Danacita

    Itu dia penjelasan lengkap tentang jurusan Pendidikan teknik Otomotif beserta prospek kerjanya dan juga rekomendasi kampusnya. Kabar gembira untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di salah satu kampus tersebut. Sekarang kamu bisa mewujudkan mimpimu untuk berkuliah dengan Danacita.

    Danacita merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Danacita menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan dengan persyaratan yang sangat mudah. Persyaratannya yaitu KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap.

    Selain dengan ITI dan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Apalagi Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001. Jadi sudah pasti aman.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!