Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Perhotelan: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-03

jurusan-perhotelan

Daftar isi

    Pariwisata di Indonesia dari zaman dulu hingga masa kini menjadi salah satu sektor yang terus diupayakan untuk bisa berkembang oleh pemerintah. Salah satu hal yang juga memiliki kaitan erat dengan bidang pariwisata adalah perhotelan. Yang perlu kamu ketahui, bidang ini juga memiliki fokus studinya sendiri yaitu jurusan perhotelan.

    Secara umum, jurusan perhotelan di Indonesia tersebar di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SMK, Diploma, hingga Sarjana. Apakah jika kamu ingin berkuliah di jurusan perhotelan harus berasal dari SMK perhotelah juga? tidak juga lho! Jurusan ini terbuka bagi siapapun yang memang memiliki minat atau keinginan untuk mempelajarinya.

    Masih terdengar asing di telinga? Tenang saja, karena di dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai jurusan perhotelan, mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampus yang bisa kamu pilih menjadi tujuan studimu. Untuk itu, kamu bisa simak dengan baik penjelasan berikut!

    Apa Itu Jurusan Perhotelan?

    Jurusan Perhotelan adalah jurusan yang mempelajari bidang ilmu tentang pengelolaan hotel serta berbagai cara dalam menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis, khususnya perhotelan untuk mendatangkan profit yang lebih besar.

    Lebih lanjut, jurusan perhotelan adalah jurusan yang bertanggung jawab atas kepuasan para pelanggan, melindungi budaya lokal, memberikan manfaat yang diberikan untuk masyarakat sekitar, serta manfaat bagi para karyawannya.

    Seiring banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, maka kamu juga akan dibekali kemampuan bahasa asing untuk menunjang pekerjaan dalam menghadapi wisatawan asing. Hal ini juga tak kalah penting jika kamu bertekad untuk masuk ke jurusan perhotelan.

    Matkul dan perkuliahan jurusan perhotelan

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jurusan perhotelan adalah jurusan yang berfokus pada manajemen bisnis, pengelolaan hotel, serta penunjang tempat wisata sebagai salah satu sektor yang mendatangkan profit cukup besar.

    Selama menjalani perkuliahan di jurusan perhotelan sudah pasti kamu akan mempelajari banyak hal terkait perhotelan. Mulai dari operasional, seperti produksi makanan dan minuman, pengelolaan kantor depan, resepsionis, manajemen tata graha, keuangan, hingga pemasaran.

    Beberapa mata kuliah pendukung jurusan perhotelan seperti service management, resource management, marketing management, strategy management, restaurant management, facility management, dan masih banyak lainnya.

    Alasan Memilih Jurusan Perhotelan

    Masih ada perasaan ragu untuk memilih jurusan perhotelan? Tidak perlu khawatir, karena di bagian ini akan dipaparkan beberapa alasan mengapa kamu harus memilih jurusan ini sebagai tujuan studi kamu. Seperti yang sudah dibahas di awal, jurusan perhotelan adalah jurusan yang bergantung atau berkaitan erat dengan tempat wisata atau bidang pariwisata. Saat ini, tempat wisata semakin berkembang pesat. Hal ini tentunya juga memberikan pengaruh positif terhadap sektor perhotelan, sehingga peluang kerjanya menjadi lebih besar.

    Selain itu, jurusan perhotelan adalah jurusan yang memiliki berbagai variasi bidang pekerjaan yang bisa dipilih. Kamu bisa bekerja sebagai pegawai kantor, resepsionis, juru masak, bartender, dan masih banyak lainnya sesuai dengan minat yang kamu miliki. Selanjutnya, berbekal dari kemampuan yang sudah kamu pelajari semasa kuliah, kamu pun bisa mendirikan usaha kuliner, penginapan atau perhotelan, serta sektor bisnis lainnya.

    Prospek Kerja Jurusan Perhotelan

    Sebelumnya, sudah disinggung bahwa prospek kerja jurusan perhotelan dinilai makin menjanjikan. Hal itu tidak lain karena peluang kerjanya yang terbuka lebar dan gaji yang ditawarkan pun juga tidak kalah kompetitif. Beberapa prospek kerja yang bisa kamu ambil sebagai lulusan jurusan perhotelan antara lain seperti, Pegawai Hotel, Event Organizer, Wedding Organizer, Staf Maskapai Penerbangan, Chef, Patissier, Wirausahawan, dan masih banyak lainnya. Gimana? Mulai tertarik untuk mengambil jurusan ini?

    Kampus Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik

    Setelah membahas secara lengkap jurusan perhotelan, mungkin kamu mulai bingung menentukan kampus tujuan yang memiliki jurusan ini. Tidak perlu khawatir, berikut sudah dirangkum rekomendasi jurusan perhotelan terbaik yang ada di Indonesia:

    Universitas Nusa Mandiri

    Universitas Nusa Mandiri merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki beberapa cabang yang tersebar di Jabodetabek. Nusa Mandiri juga menyelenggarakan program studi D3 Perhotelan dengan visi menjadi Program Studi yang berkualitas dan berinovasi dalam pengembangan keilmuan di Bidang Room Division, Food and Beverage dan Hotel Administrasi Berbasis Teknologi Informasi. Dalam sepak terjangnya, Nusa Mandiri memiliki akreditasi Jurusan Perhotelan adalah C sesuai dengan SK penyelenggaraan No.82/E/O/2021 tanggal 05 April 2021 oleh BAN-PT.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di UNM

    Universitas Bina Sarana Informatika

    Sebagian dari kamu mungkin mengira Universitas Bina Sarana Informatika atau UBSI adalah kampus IT. Namun, siapa sangka? UBSI ternyata juga menyelenggarakan program studi Perhotelan lho. Kampus yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia ini memiliki jurusan Perhotelan dengan predikat A yang diakreditasi oleh BAN-PT. Jurusan Perhotelan di UBSI yang bisa kamu ikuti berlokasi di kampus cabang Kaliabang, Bekasi Utara dan Yogyakarta.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Akreditasi UBSI dan Berbagai Program Lainnya

    Berkuliah di jurusan perhotelan dengan Danacita

    Itu dia informasi seputar jurusan perhotelan yang tak kalah menarik dengan jurusan-jurusan lainnya. Mulai tertarik untuk menjadi mahasiswa jurusan perhotelan tapi kamu merasa bingung untuk urusan biaya kuliahnya? Tidak perlu khawatir! Kamu bisa langsung daftar ke kampus rekomendasi yang sudah disebutkan sebelumnya dan memanfaatkan pembiayaan pendidikan dari Danacita. Hal ini dikarenakan Danacita sudah bekerjasama dengan UNM dan UBSI serta lebih dari 130 institusi pendidikan lainnya di seluruh Indonesia.

    Danacita sudah mendapatkan izin dan resmi diawasi oleh OJK sehingga sudah terjamin keamanannya. Jika kamu mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, maka biaya kuliahmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Prosesnya pun cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja, jadi kamu bisa mengajukan dimanapun dan kapanpun. Kamu pun juga tidak dibebani DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    unm jurusan perhotelan UBSI jurusan perhotelan unm jurusan perhotelan ubsi
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri