Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Seni Rupa: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-24

Daftar isi

    Kamu masih galau dan bingung untuk menentukan mau masuk jurusan apa untuk kuliah nanti? Apakah kamu menganggap dirimu sebagai anak yang nyeni? Kalau kamu termasuk ke dalam golongan dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, mungkin kamu bisa melirik jurusan seni rupa sebagai pilihan kuliahmu nanti.

    Penasaran bagaimana jurusan seni rupa? Simak pembahasan mengenai jurusan seni rupa mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya berikut ini!

    Apa Itu Jurusan Seni Rupa?

    Jurusan seni rupa merupakan salah satu program studi yang mengkaji tentang seni rupa, termasuk teknik, teori, dan sejarah seni rupa serta berbagai bentuk karya seni rupa seperti lukisan, patung, tari, dan lain-lain.

    Program studi ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, kemampuan teknis, dan kemampuan kritis mahasiswa dalam menciptakan dan mengekspresikan karya seni rupa.

    Di jurusan seni rupa, mahasiswa juga akan belajar bagaimana cara mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki dalam pembuatan karya seni yang orisinil dan menarik.

    Di akhir program studi biasanya mahasiswa akan diharapkan untuk bisa berkarya secara profesional di bidang seni visual dan memasuki dunia kerja sebagai seorang seniman atau desainer.

    Jurusan Seni Rupa merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang seni visual sepert lukis, patung, dan arsitektur. Jurusan ini mencakup berbagai macam teknik dan teori seni yang dapat membantu kamu dalam memahami dan mengembangkan kreativitas.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Seni Rupa

    Dalam perkuliahan di jurusan seni rupa, kamu akan mempelajari banyak mata kuliah dan mendapatkan ilmu yang sangat berguna dari masa sekarang hingga kapan pun.

    Apa saja sih mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan seni rupa? Berikut list mata kuliah yang akan kamu pelajari jika ingin melanjutkan studinya.

    1. Pendidikan seni rupa, mata kuliah yang membahas cara mengajarkan seni rupa kepada siswa. Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon guru seni rupa agar mereka dapat mengajarkan seni rupa secara efektif.
    2. Teori dan sejarah seni rupa, kumpulan pemikiran dan komsep yang menjelaskan tentang seni rupa, termasuk prinsip-prinsip, tujuan , fungsi, dan cara pembuatan seni rupa.
    3. Desain grafis, pelajaran dapat berupa gambar, ilustrasi, diagram, atau visualisai lainnya yang berguna untuk membantu mahasiswa memahami konsep dan materi pelajaran.
    4. Desain komunikasi visual, yang mempelajari teknik dan strategi dalam menyampaikan pesan melalui visual, seperti ilustrasi, typografi, dan desain grafis.
    5. Desain interior, mempelajari teori dan praktik dalam mengembangkan konsep desain interior yang estetis dan fungsional.

    Alasan Memilih Jurusan Seni Rupa

    Setelah membaca artikel mengenai jurusan seni rupa di atas, ada hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu alasan untuk melanjutkan studi pada jurusan ini.

    Jika kamu masih ragu, di bawah ini ada beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan studi di jurusan seni rupa.

    1. Peluang karier yang lebih luas, seperti menjadi seniman, desainer, kurator atau pelaku seni lainnya
    2. Mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berbagai bidang seni, seperti lukis, patung, dan fotografi
    3. Memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan seniman dan pelaku seni lainnya, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan di bidang seni rupa
    4. Membantu kamu yang ingin mengembangkan potensinya terhadap seni rupa
    5. Memiliki kesempatan magang dan kerja sama dengan berbagai lembaga seni, seperti museum, galeri, dan studi seni

    Itulah beberapa alasan yang dapat kamu pertimbangkan, banyak kan keuntungan yang didapat jika melanjutkan studi ke jurusan seni rupa.

    Prospek Kerja Jurusan Seni Rupa

    Lulusan dari jurusan seni rupa tidak perlu mengkhawatirkan prospek kerja, karena prospek kerja yang sangat luas. Beberapa contoh pekerjaan yang dapat diambil oleh lulusan jurusan seni rupa diantaranya:

    1. Seniman visual, mengembangkan karya-karya seni visual melalui media.
    2. Desainer grafis, menciptakan desain-desain grafis untuk berbagai keperluan seperti logo, poster, buku, dan lainnya.
    3. Ilustrator, menggambar ilustrasi untuk berbagai keperluan seperti buku anak, majalah, dan lainnya.
    4. Animator, menciptakan animasi untuk film, video game, dan media lainnya.
    5. Fotografer, menangkap momen-momen indah melalui foto.

    Tugas-tugas yang harus dilakukan oleh lulusan seni rupa tergantung pada pekerjaan yang diambil. Misalnya, seorang seniman visual harus menciptakan karya-karya seni yang menarik, sedangkan seorang desainer grafis harus menciptakan desain-desain yang menarik sesuai dengan kebutuhan klien.

    Kampus dengan Jurusan Seni Rupa Terbaik

    Setelah membaca artikel di atas, kamu jadi makin tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan Seni Rupa tapi bingung ingin melanjutkan di kampus mana? Kamu bisa langsung mendaftar ke UNNES, karena di sini menyelenggarakan program jurusan seni rupa terbaik.

    Jurusan seni rupa UNNES sudah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT No. 0299/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016. Mahasiswa yang menjadi lulusan jurusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Seni (S.Sn.)

    Berbagai lab dan studio praktikum seni rupa dan desain, juga kemudahan mengakses sumber belajar membuat mahasiswa jurusan seni rupa mampu mengembangkan bakat dan potensi. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam bidang seni rupa, baik dalam bidang teori maupun praktik.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    Pembayaran Kuliah Jurusan Seni Rupa di UNNES dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai jurusan seni rupa, mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampus terbaik. Jika kamu berminat untuk melanjutkan studi di jurusan seni rupa di UNNES tapi terhalang masalah biaya, tidak perlu khawatir lagi karena Danacita siap membantu kamu.

    UNNES dan Danacita telah bekerjasama untuk memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau kepada mahasiswa untuk bisa melanjutkan studinya. Dengan mengajukan ke Danacita, kamu bisa membayar kuliah secara bulanan mulai 6 hingga 24 bulan.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan para pelajar di seluruh Indonesia. Proses pengajuan di Danacita mudah dan cepat secara online dan dengan maksimal 2 hari kerja.

    Kamu tidak perlu khawatir kalau mengajukan ke Danacita, karena tidak dibebani dengan DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain itu, Danacita juga sudah berizin resmi dan diawasi OJK sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Kini, perjalananmu dalam menggapai mimpi di melalui jurusan seni rupa sudah semakin mudah untuk digapai.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    jurusan seni rupa UNNES jurusan seni rupa unnes
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri