Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Statistika: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-02

jurusan-statistika

Daftar isi

    Pernahkah terlintas dibenakmu bagaimana data yang begitu banyak bisa disajikan dengan sederhana dan mudah dipahami? Itulah tugas seorang ahli statistik. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang ini, ada lho jurusan yang spesifik mempelajarinya, yaitu jurusan statistika.

    Kamu tahu kan kalau di zaman sekarang salah satu pekerjaan yang sedang naik daun dan masa depan cemerlang adalah data science? Untuk bisa berkarier di bidang itu, salah satu cara yang bisa diambil yaitu dengan masuk ke jurusan statistika.

    Gimana? sudah mulai tertarik untuk belajar statistika? Jurusan Statistika adalah pilihan tepat setelah lulus dari sekolah menengah atas untuk kamu kuliah nanti. Di dalam artikel ini akan dijelaskan lengkap mulai dari Apa itu Jurusan Statistika? Kenapa harus Jurusan Statistika? Apa saja prospek kerjanya? Hingga rekomendasi kampus dengan jurusan statistika terbaik. Ini dia penjelasannya.

    Apa itu jurusan statistika?

    Jurusan Statistika adalah turunan dari ilmu matematika yang begitu komplek. Statistika lebih menekankan perhitungan pada data yang nantinya dikelola dan disajikan menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami.

    Biasanya, bidang ilmu statistika digunakan untuk memperoleh fakta maupun informasi yang kompleks guna menjadi bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Adapun data statistika digunakan sebagai sumber acuan suatu argumen.

    Dalam dunia pekerjaan khususnya marketing, statistika digunakan untuk memperoleh data-data valid yang nantinya akan digunakan perusahaan dalam mengambil keputusan operasional.

    Matkul dan perkuliahan jurusan statistika

    Jurusan Statistika adalah jurusan berkutat dengan data dan angka. Lebih lanjut, mata kuliah yang dipelajari tidak jauh dari mata kuliah hitung-hitungan. Sangat cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran menghitung ataupun dengan hal-hal yang berhubungan dengan logika.

    Selama menjalani perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti, Kalkulus, Metode Numerik, Metode Survei Sampel, Analisis Regresi, Komputasi Statistika, Proses Stokastik, Statistika Nonparametrik, Statistika Multivariat, Analisis Data Kategori, Analisis Runtun Waktu, serta Teknik Simulasi.

    Alasan memilih jurusan statistika

    Jurusan Statistika adalah jurusan yang keberadaannya makin dibutuhkan seiring pemanfaatan big data dalam perusahaan maupun instansi pemerintahan. Alasan pertama yaitu terkait pengelolaan data. Statistika merupakan cabang ilmu yang mampu mengelola banyak data sehingga banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

    Alasan kedua yaitu saat ini penggunaan data dalam sistem informasi digital sering digunakan. Sehingga, dibutuhkan seorang tenaga ahli statistika untuk memproses data-data tersebut. Alasan selanjutnya kamu harus memilih jurusan Statistika yaitu karena jurusan ini adalah jurusan yang memiliki peluang sangat menjanjikan untuk menjadi aktuaris di perusahaan asuransi, dana pensiun, konsultan aktuaria, investasi, dan manajemen risiko.

    Alasan yang tidak kalah penting yaitu instansi pemerintah maupun perusahaan di bidang industri apapun membutuhkan tenaga ahli statistika untuk melakukan survei dan mengelola data.

    Prospek kerja Jurusan Statistika

    Jurusan Statistika adalah jurusan yang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan instansi pemerintah dari berbagai sektor. Kebutuhan yang begitu banyak tidak sebanding dengan tenaga ahli yang tersedia. Itulah mengapa prospek kerja jurusan Statistika adalah yang paling menjanjikan.

    Beberapa prospek kerja sebagai lulusan jurusan Statistika adalah sebagai berikut:

    • Aktuaris
    • Sistem analis
    • Ahli statistik
    • Data scientist
    • Market Research
    • Dosen hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS)

    Kampus dengan jurusan statistika terbaik

    Jurusan Statistika adalah salah satu jurusan yang banyak tersedia di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tetapi penting bagi kamu untuk memilih perguruan tinggi yang berkualitas.

    Kualitas perguruan tinggi bisa kamu lihat dari segi fasilitas yang tersedia, kurikulum yang digunakan, serta tenaga pendidiknya. Berikut ini sudah penulis rangkum kampus rekomendasi terbaik:

    Universitas Islam Bandung

    Universitas Islam Bandung atau UNISBA merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Sebagai lembaga pendidikan yang telah berdiri sejak 1958, UNISBA telah mencetak banyak lulusan yang tersebar dari seluruh Indonesia. Jurusan Statistika adalah salah satu jurusan yang diselenggarakan oleh UNISBA dan memiliki predikat B sesuai dengan BAN-PT No.383/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Kisah UNISBA: Dari Organisasi Kemahasiswaan Hingga Kegiatan Serunya!

    Universitas Negeri Semarang

    Universitas Negeri Semarang atau UNNES adalah perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia dan telah puluhan tahun ikut mencerdaskan bangsa. Kampus yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah ini juga menyelenggarakan program studi Statistika yang telah terakreditasi A berdasarkan surat keputusan nomor 3174/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari BAN PT.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    Berkuliah di jurusan Statistika dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mulai dari informasi, alasan mengapa kamu harus kuliah Jurusan Statistika, serta beberapa kampus yang menjadi rekomendasi. Prospek kerja yang menjanjikan membuat jurusan yang satu ini memiliki banyak peminat. Bila kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini tapi terkendala karena masalah biaya kuliah, kamu tidak perlu khawatir, karena Danacita telah bekerja sama dengan kampus rekomendasi sebagai bantuan pendanaan.

    Danacita adalah platform pembiayaan pendidikan online yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan kepada pelajar di seluruh Indonesia. Danacita menawarkan solusi berupa cicilan pendidikan dengan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita, yang pertama yaitu Danacita sudah resmi berizin dan diawasi OJK, jadi sudah pasti aman dan terjamin. Selanjutnya, Danacita juga tidak membebani DP atau uang jaminan kepada para pelajar dengan maksimal 2 hari kerja. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online di manapun dan kapanpun.

    Itu dia manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Danacita. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!