Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah: Info, Mata Kuliah dan Prospek Kerja Lengkap

2022-12-26

Daftar isi

    Untuk urusan memilih jurusan kuliah memang masih menjadi masalah bagi sebagian besar calon mahasiswa baru. Hal ini dikarenakan dalam memilih jurusan, harus dipikirkan secara matang karena ini akan berdampak pada masa depan.

    Apa kamu termasuk dalam kelompok orang yang bingung dalam memilih jurusan? Jika iya, salah satu jurusan yang bisa menjadi salah satu alternatif pilihan adalah jurusan survey dan pemetaan wilayah.

    Penasaran seperti apa jurusan ini? Untuk itu, simak penjelasan jurusan survey dan pemetaan wilayah mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya berikut!

    Apa Itu Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah

    Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah adalah salah satu jurusan yang terdapat dalam bidang ilmu teknik sipil. Untuk lebih lengkapnya, jurusan survey dan pemetaan wilayah mempelajari tentang pengukuran dan pemetaan wilayah yang diukur dari segi fisik, sosial, dan ekonomi.

    Jurusan ini memfokuskan pada teknik dan metode pengukuran yang tepat dan mengidentifikasi suatu wilayah atau daerah, termasuk memetakan dan menganalisis data yang diperoleh. Hal-hal yang dipelajari di jurusan survey dan pemetaan wilayah yaitu seperti pemanfaatan peta-peta dan data spasial untuk kepentingan perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan wilayah.

    Mahasiswa yang mengambil jurusan survey dan pemetaan wilayah akan diajarkan tentang teknik pengukuran dan pemetaan wilayah secara menyeluruh, mulai dari pengukuran bumi, pengukuran kualitas air, hingga pemetaan wilayah dengan menggunakan teknologi informasi geografis. Selain itu, kamu juga akan diajari tentang konservasi sumber daya alam.

    Lulusan dari jurusan survey dan pemetaan wilayah diharapkan mampu menjadi ahli dalam bidang pengukuran, pemetaan, dan pemanfaatan data spasial untuk kepentingan pembangunan wilayah.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah

    Mata kuliah jurusan survey dan pemetaan wilayah pada umumnya mengajarkan tentang teknik dan metode survey dan pemetaan wilayah. Mata kuliah ini membahas tentang pengukuran dan pemetaan bidang tanah, pengukuran dan pemetaan topografi, serta pengukuran dan pemetaan geomorfologi.

    Selain itu, program ini juga mengajarkan tentang pembuatan peta tematik, peta topografi, peta geomorfologi, serta peta cadastral. Hal-hal yang dibahas yaitu seputar penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan dalam survey dan pemetaan wilayah, seperti theodolite, total station, GPS, dan software survey dan pemetaan.

    Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah jurusan survey dan pemetaan wilayah diharapkan mampu memahami teknik dan metode survey dan pemetaan wilayah, serta dapat menggunakan peralatan dan teknologi yang tepat untuk menyelesaikan masalah survey dan pemetaan wilayah. Hal-hal tersebut biasanya diminta di suatu perusahaan survey, dinas pemerintah atau perusahaan konsultan.

    Alasan Memilih Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah

    Masih ragu atau bimbang untuk mengambil jurusan survey dan pemetaan wilayah? Ada beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan agar kamu semakin yakin dalam memilih jurusan ini. Pertama, lulusan jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah memiliki banyak peluang kerja di berbagai bidang. Jurusan ini tidak hanya dibutuhkan di dunia pertambangan pertanian, atau kehutanan saja, tetapi juga di bidang real estate, perencanaan wilayah, dan bahkan teknologi informasi.

    Alasan selanjutnya untuk kamu memilih jurusan survey dan pemetaan wilayah yaitu karena jurusan ini menawarkan kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang teknologi terbaru, seperti pengolahan data geospasial dan sistem informasi geografis. Hal ini akan menjadi bekal yang sangat berguna untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang terus berkembang.

    Dengan memilih jurusan survey dan pemetaan wilayah, kamu dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berkarir di bidang yang sangat dinamis dan menjanjikan.

    Prospek Kerja Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah

    Setelah lulus dan mempelajari ilmu mata kuliah Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah yang sudah dibahas sebelumnya, kamu bisa berkesempatan untuk bekerja di beberapa bidang, seperti:

    1. Pekerjaan surveyor wilayah: melakukan pengukuran dan pemetaan wilayah untuk keperluan perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan wilayah. tugasnya meliputi pengukuran topografi, foto udara, dan pemetaan digital.
    2. Pekerjaan konsultan survei dan pemetaan: memberikan layanan konsultasi dan asistensi kepada klien dalam bidang survei dan pemetaan. meliputi perencanaan survei, pengukuran, analisis data, dan pembuatan laporan.
    3. Pekerjaan peneliti wilayah: melakukan penelitian dan studi terkait dengan pengembangan dan pemanfaatan wilayah. Meliputi pengumpulan data, analisis, dan penulisan laporan hasil penelitian.

    Kampus dengan Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah Terbaik

    Untuk kamu yang ingin berkuliah di jurusan survey dan pemetaan wilayah, rekomendasi kampus terbaik yang menyelenggarakan program ini adalah UNNES.

    Jurusan survey dan pemetaan wilayah merupakan program studi terbaru di Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Program Studi ini sudah mulai berdiri pada tahun 2003 berdasarkan surat izin 401/D/T/2003, Tanggal 1 Maret 2007. Untuk saat ini, jurusan survey dan pemetaan wilayah telah terakreditasi C.

    Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari cara menggunakan alat-alat dan teknik-teknik modern untuk mengukur dan memetakan wilayah serta mengelola data geografis.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Simak Alasan Rahasia Kenapa Harus Kuliah Di UNNES

    Pembayaran Kuliah Jurusan Survey dan Pemetaan Wilayah di UNNES dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai jurusan survey dan pemetaan wilayah yang bisa kamu pahami sebelum menentukan jurusan kuliah. Sekarang, jika kamu ingin masuk ke jurusan survey dan pemetaan wilayah UNNES, biayanya bisa dibayar menggunakan Danacita.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang sudah bekerjasama resmi dengan UNNES untuk memberikan pembiayaan kepada mahasiswa agar bisa membayar kuliah secara bulanan mulai 6 hingga 24 bulan.

    Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan lainnya. Danacita pun sudah resmi berizin OJK dan bersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data privasi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi karena Danacita sudah pasti aman dan terjamin.

    Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja. Kamu tidak perlu dibebani DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Dengan mengajukan pembiayaan ke Danacita, kamu bisa berkuliah di jurusan survey dan pemetaan wilayah dengan nyaman.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!