Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Teknik Pertambangan: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-03

jurusan-teknik-pertambangan

Daftar isi

    Setelah lulus dari sekolah menengah atas masih banyak para pelajar yang bingung dalam memilih kampus maupun jurusan untuk berkuliah. Hal ini dikarenakan banyak yang harus dipertimbangkan, seperti minat dan bakat, jumlah pesaing, hingga prospek di masa depannya.

    Jika kamu dari jurusan IPA dan tertarik untuk masuk ke fakultas teknik, salah satu jurusan yang bisa menjadi pertimbangan adalah jurusan teknik pertambangan. Jurusan ini dinilai menjadi jurusan yang memiliki prospek di masa depan yang cerah dengan gaji yang menggiurkan. Selain itu, lulusan jurusan yang satu ini juga memiliki prospek kerja yang cukup luas. Hal ini dikarenakan masih belum banyak tenaga ahli pertambangan yang ada di Indonesia.

    Mulai tertarik dengan jurusan teknik pertambangan? Kalau iya, tentunya kamu perlu paham betul seluk beluk jurusan ini. Maka dari itu artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai jurusan teknik pertambangan, mulai dari pengertian, mata kuliah dan masih banyak lainnya. Simak artikel di bawah ini kalau kamu penasaran!

    Apa itu jurusan teknik pertambangan?

    Jurusan teknik pertambangan adalah jurusan yang mempelajari proses pertambangan mineral dan batubara. Tenaga ahli pertambangan memiliki tanggung jawab dalam mengeksplorasi, mengeksploitasi, serta pemrosesan pertambangan yang ada di Indonesia.

    Sebagai mahasiswa lulusan jurusan teknik pertambangan adalah akan lebih banyak mengenal dan mempelajari mineral. Hal-hal yang berhubungan mulai dari sifat-sifat mineral, cara menambangnya, hingga kegunaannya dalam kehidupan manusia. Selain itu, kamu juga akan melakukan perhitungan apakah mineral yang ditambang akan menghasilkan kerugian atau keuntungan.

    Matkul dan perkuliahan jurusan teknik pertambangan

    Jurusan teknik pertambangan adalah jurusan yang paling populer mengingat prospek kerjanya yang luas serta gaji yang ditawarkan tergolong besar. Lebih lanjut, mahasiswa jurusan teknik pertambangan diharuskan menguasai beberapa mata kuliah untuk mendukung pekerjaan di pertambangan. Beberapa di antaranya seperti, manajemen eksplorasi, ekonomi mineral, penanganan material, geologi fisik, peralatan tambang dan penanganan material, serta masih banyak lainnya.

    Alasan memilih jurusan teknik pertambangan

    Setelah kamu paham dengan jurusan teknik pertambangan, hal lain yang tidak boleh terlewatkan jika kamu masih sedikit ragu untuk masuk jurusan ini adalah apa saja alasan memilih jurusan ini sebagai pilihan studi kuliah. Ternyata, jurusan teknik pertambangan adalah salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya. Ada beberapa alasan yang menjadikan jurusan yang satu ini menjadi jurusan favorit, diantaranya seperti:

    1. Peluang karier yang luas, sudah pasti menjadi alasan utama mengapa kamu harus pilih jurusan teknik pertambangan. Selain itu, gaji yang ditawarkan menjadikan jurusan ini sebagai jurusan dengan gaji paling tinggi.
    2. Banyaknya tambang mineral dan batubara yang ada di Indonesia menjadikan lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan.
    3. Perusahaan penyedia lapangan kerja dari lulusan jurusan teknik pertambangan rata-rata merupakan perusahaan besar yang memberikan peluang karier cemerlang bagi para tenaga ahli pertambangan.

    Prospek kerja jurusan teknik pertambangan

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, prospek kerja jurusan teknik pertambangan ternyata cukup luas lho. Bahkan tidak sedikit yang berdecak kagum saat mengetahui bahwa kamu adalah mahasiswa jurusan teknik pertambangan. Beberapa prospek pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah menjadi lulusan jurusan teknik pertambangan adalah sebagai berikut:

    • Teknisi Tambang Minyak dan Mineral
    • Teknisi Konservasi Lingkungan
    • Jurnalis
    • Arsiparis
    • Dosen
    • Serta Pegawai Negeri Sipil

    Kampus dengan jurusan teknik pertambangan terbaik

    Jurusan teknik pertambangan adalah jurusan yang masih sulit untuk ditemukan di kampus-kampus Indonesia. Hal ini dikarenakan engingat keterbatasan fasilitas yang hanya bisa dimiliki oleh beberapa kampus saja. Jika kamu benar-benar berminat untuk masuk jurusan ini, berikut rekomendasi kampus dengan jurusan teknik pertambangan terbaik yang bisa kamu pilih:

    Universitas Islam Bandung

    Universitas Islam Bandung atau UNISBA merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana kuliah di kota Bandung.

    Jurusan teknik pertambangan adalah salah satu jurusan yang paling populer di UNISBA. Lebi lanjut, jurusan teknik pertambangan UNISBA juga berhasil meraih predikat B secara berturut-turut mulai tahun 2007 sampai 2013 sesuai dengan SK BAN-PT No. 031/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2007 dan No.186/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di UNISBA

    Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

    Institut Teknologi Nasional Yogyakarta atau yang dikenal dengan ITNY merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di kota Yogyakarta. Sebagai kampus teknologi, ITNY juga menyelenggarakan jurusan teknik pertambangan dan telah menghasilkan lulusan yang bekerja di perusahaan tambang di seluruh Indonesia. Predikat akreditasi jurusan teknik pertambangan ITNY adalah B sesuai dengan SK BAN PT Nomor 1099/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2021 tahun 2021.

    Info selengkapnya di sini.

    Baca juga: Gabung ke UKM ini Jika Kamu ingin Jadi Mahasiswa Aktif di ITNY

    Berkuliah di jurusan teknik pertambangan dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai jurusan teknik pertambangan, mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampus terbaiknya. Jika kamu benar-benar berniat untuk masuk jurusan ini tapi terhalang karena masalah biaya, kini kamu sudah tidak perlu khawatir lagi karena Danacita hadir untuk membantu kamu menggapai impian. Danacita dan dua kampus rekomendasi yang sudah disebutkan sebelumnya sudah bekerjasama resmi dalam memberikan pembiayaan pendidikan terjangkau.

    Selain dengan kampus UNISBA dan ITNY, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan baik itu formal maupun non formal yang tersebar di seluruh Indonesia. Danacita merupaka platform pembiayaan pendidikan yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan seluas-luasnya untuk para pelajar di seluruh Indonesia.

    Hadirnya Danacita menjadi solusi bagi para pelajar yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan. Hal ini dikarenakan Danacita menawarkan cicilan pendidikan yang bisa dibayar mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Lebih lanjut, Danacita juga sudah resmi berizin dan diawasi OJK, sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Jika kamu mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, kamu tidak dibebani DP atau uang jaminan dan akan diproses dengan maksimal 2 hari kerja tergantung dengan kelengkapan pengajuanmu. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online, sehingga kamu bisa mengajukan kapanpun dimanapun tanpa hambatan.

    Gimana? Tertarik untuk mengajukan ke Danacita? Kalau iya, kamu bisa cek info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!