Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Jurusan DKV adalah: Info dan Prospek Kerjanya Terlengkap

2022-01-26

BlogBanner_DKV.png

Daftar isi

    Buat kamu yang memiliki tingkat kreativitas tinggi serta suka hal-hal yang berbau seni, kayaknya kamu harus masuk Jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual.

    Di jurusan DKV, kamu bisa mengembangkan ide-idemu menjadi karya-karya yang bisa dinikmati secara visual baik itu karya 2D atau 3D dengan output digital. Seiring berkembangnya era digital, jurusan DKV memiliki prospek kerja yang sangat bagus karena kebutuhan digital menjadi salah satu aspek penting bagi sebuah perusahaan.

    Nah, kalau kamu tertarik dengan jurusan DKV, kita akan ulas secara lebih dalam ya, yuk di simak!

    Jurusan DKV adalah

    Untuk mengenal jurusan DKV, tentunya kamu harus paham betul apa itu jurusan ini. Jurusan DKV adalah sebuah Program Studi yang merupakan cabang ilmu seni. Perbedaannya adalah kamu akan lebih banyak mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa.

    Nantinya, di jurusan dkv kamu harus mengolah pesan tersebut secara informatif, komunikatif, efektif dan sekreatif mungkin agar pesan yang disampaikan bisa dimengerti banyak orang dengan memperhatikan unsur-unsur visual seperti bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf dan segala hal yang berkaitan dengan visual (penglihatan).

    Awalnya, jurusan DKV lebih dikenal dengan sebutan Desain Grafis, namun seiring perkembangan, istilah Desain Grafis berubah menjadi DKV. Perbedaan paling mendasar terletak pada medianya, Desain Grafis mengacu pada ruang lingkup grafis 2D (gambar) di media cetak, sedangkan DKV berkembang dan ruang lingkupnya lebih luas lagi dalam bentuk grafis 3D serta grafis bergerak lainnya di media-media digital yang lebih interaktif.

    Materi Kuliah Jurusan DKV

    Seperti yang dijelaskan di atas, kamu akan mempelajari dan mendalami materi seperti Rupa Dasar 2D, Pengantar Rekayasa dan Desain, DKV Aplikatif, Tipografi Aplikatif, Metode Produksi, Komunikasi Visual, Narasi Visual, Motion Graphic, Grafis Portofolio, Komunikasi Visual Periklanan, Media Interaktif, Fotografi, Ilustrasi Dasar, Animasi, Visual Branding, Videografi, dan mata kuliah lainnya sesuai dengan kurikulum dari universitas atau perguruan tinggi yang nantinya bakal kamu pilih sebagai tempat kamu melanjutkan pendidikan. Namun secara umum, kamu akan mendapatkan materi kuliah seperti yang sudah disebutkan.

    Selama 4 tahun kuliah atau 8 semester masa perkuliahan, kamu akan terbiasa menggunakan beberapa software yang berhubungan dengan desain grafis seperti, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premier, CorelDraw, SketchUp, dll. Oleh karena itu, kamu juga akan banyak mendapatkan materi dari setiap software yang mendukung atau menunjang untuk membuat karya secara digital.

    Kompetensi Mahasiswa Jurusan DKV

    Berikut adalah beberapa kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa jurusan DKV:

    • Kemampuan untuk memahami dasar-dasar visual publikasi
    • Kemampuan komunikasi dan unsur estetika
    • Kemampuan untuk menyusun strategi visual
    • Kemampuan untuk memahami unsur visual

    Perjalanan Kuliah dan Gelar Jurusan DKV

    Jika kamu menjadi mahasiswa jurusan DKV, pada umumnya kamu akan menjalani perkuliahan selama 3.5 hingga 4 tahun. Setelah berhasil menempuh pendidikan di jurusan DKV, nantinya kamu akan mendapatkan gelar S. Ds. (Sarjana Desain Grafis) loh.

    Prospek Kerja Jurusan DKV

    prospek-kerja-jurusan-dkv.jpg

    Sebagai seorang lulusan jurusan DKV, kamu akan memiliki peluang kerja yang sangat luas, terutama di industri kreatif. Prospek kerjanya antara lain agensi periklanan, konsultan branding, perusahaan penerbitan, pengembang web, humas di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan.

    Tak hanya itu secara spesifik kamu bisa menempati beberapa posisi pekerjaan seperti, Desainer, Art Director, Creative Director, Graphic Designer, Multimedia Designer, Commercial Artist, Akademisi atau Dosen, Video Editor, Illustrator dan posisi lainnya yang bersinggungan dengan jurusan DKV.

    Yang lebih menarik kamu juga bisa memanfaatkan keahlian kamu dengan bekerja sebagai freelance atau pekerja lepas sebagai product designer, animator video atau pekerjaan lainnya yang memiliki kebutuhan Desain Komunikasi Visual.

    Alasan Harus Masuk Jurusan DKV

    alasan-masuk-jurusan-dkv.jpg

    Kalau kamu memiliki jiwa seni atau ide-ide yang kreatif serta kemampuan dalam dunia desain secara lebih dalam jurusan DKV bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu pilih.

    Karena memasuki era digital seperti yang sekarang kita jalani, kebutuhan untuk desain-desain di seluruh perusahaan akan sangat besar dan terbuka lebar. Tentu ini menjadi peluang yang bagus jika kamu ingin mengeksplor dan mengasah bakat kamu. Selain itu, kemampuan yang kamu miliki, bisa dimanfaatkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat freelance (pekerja lepas). Jadi fleksibilitas di dunia ini menjadi nilai tambah buat kamu yang mampu memanage waktu pekerjaan dengan baik.

    Lebih dari itu, kamu bisa menikmati pekerjaan kamu dengan passion yang dimiliki karena jurusan DKV memang terbilang paling oke untuk kamu yang suka dan memiliki bakat tersendiri dalam dunia desain. Itung-itung bekerja sekaligus menyalurkan passionnya pasti akan terasa lebih menyenangkan!

    Nah itu dia ulasan seputar jurusan DKV, buat kamu yang tertarik, jangan ragu lagi buat milih jurusan DKV, karena secara prospek kerja juga jelas dan jenjang karir yang cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang!

    Rekomendasi Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik

    Menjadi seseorang yang jago desain tentu impian semua orang. namun terkadang masih banyak yang belum tahu dimana kita harus menimba ilmu. Nah, kali ini Danacita punya beberapa rekomendasi universitas dengan Jurusan DKV terbaik untuk kamu.

    International Design School

    Univiersitas dengan jurusan DKV terbaik yang pertama yaitu International Design School. Kampus satu ini adalah kampus panutan para desainer ternama. Salah satu program studi unggulan di IDS adalah jurusan DKV. Disini kamu akan belajar dasar ilmu desain, seperti tipografi, fotografi, menggambar ilustrasi, sejarah dari desain, dan lain sebagainya. Lalu, kamu juga akan mendapatkan pelajaran dari ilmu selain desain, yaitu ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan banyak lagi. Kamu juga nggak perlu khawatir dengan prospek karir, karena jenjang karir lulusan dkv International Design School sudah terjamin, kamu bisa jadi Graphic Design, Socmed Specialist, bahkan kamu bisa menjadi seorang freelance lho!


    Baca juga: Biaya Kuliah International Design School Dengan Danacita 2022


    Universitas Tarumanagara

    Rekomendasi kampus dengan jurusan DKV terbaik selanjutnya yaitu Universitas Tarumanagara. Siapa sih yang tidak kenal Universitas Tarumanagara? Ya, UNTAR adalah salah satu kampus rekomendasi kalau kamu ingin berkuliah di jurusan DKV terbaik. Disini kamu akan dilatih untuk memiliki kemampuan merancang media komunikasi visual terkini.

    Jadi, ketika kamu lulus nanti akan bisa masuk ke berbagai bidang yang tersedia. Bidang seperti Periklanan, aplikasi dan game, konsultasi, hingga perhotelan dan farmasi. Selain itu UNTAR juga melahirkan alumni yang keren-keren lho, seperti Taufik Hidayat, Billy Davidson dan juga, Dhini Amiranti


    Baca juga: Informasi PMB UNTAR 2022/2023


    President University

    President University bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk jurusan DKV lho. Di sini, kamu akan belajar dengan mahasiswa dari manca negara, seperti korea, vietnam, china, hingga amerika serikat. Selain kamu belajar bahasa mereka, disini kamu bisa mendapatkan berbagai insight dan gambaran tentang trend design dari negara mereka lho. Selain itu mereka juga memiliki tenaga pengajar yang OK, dan fasilitas yang sangat mendukung proses belajarmu.


    Baca juga: Informasi PMB President University 2022/2023


    Itulah penjelasan lengkap mengenai jurusan DKV mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampus dengan jurusan DKV terbaik. Jika kamu tertarik untuk masuk ke jurusan DKV tapi bingung karena hal biaya, kamu tak perlu khawatir lagi karena Danacita siap membantu. Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, maka biaya kuliahmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online tanpa harus membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya. Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di Indonesia baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Jika kamu tertarik untuk mengajukan langsung klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo