Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Hindari 4 Kesalahan Berikut Sebelum Mengajukan Cicilan Pendidikan

2022-09-22

Daftar isi

    Seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem pembayaran juga semakin canggih. Hal ini membuat manusia lebih mudah dalam melakukan transaksi atau pembayaran. Mulai untuk kebutuhan sehari-hari sampai kebutuhan lainnya seperti membayar biaya pendidikan. Kini, untuk bisa memenuhi biaya pendidikan sudah ada beberapa cara yang bisa dijadikan strategi, salah satunya dengan mengajukan cicilan pendidikan.

    Pada dasarnya, cicilan pendidikan muncul memang untuk memberi kemudahan dan membantu mengurangi beban para orang tua ataupun mahasiswa. Meskipun begitu, karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat akan cicilan pendidikan, menyebabkan banyak orang yang salah pilih. Kemudian hal ini berujung pada kegagalan atau kerugian. Untuk itu, bagi kamu yang berencana untuk mengajukan, berikut kesalahan cicilan pendidikan yang harus dihindari.

    Baca juga: Tips Atur Keuangan Untuk Mahasiswa dan Orang Tua yang Mengajukan Cicilan Kuliah

    Tidak memikirkan kemampuan keuangan

    Kesalahan cicilan pendidikan yang umum terjadi yaitu tidak memikirkan kemampuan keuangan yang dimiliki. Dalam mengajukan cicilan pendidikan, tentunya kamu harus memikirkan kemampuan keuangan terlebih dahulu. Penting untuk melakukan hal ini karena jika tidak, bisa saja kamu menjadi salah perhitungan atau yang paling buruk sampai kesulitan untuk melunasinya.

    Tidak semua lembaga penyedia cicilan pendidikan memiliki bunga yang rendah. Maka dari itu, pikirkan kemampuan keuangan dulu untuk menghindari kesalahan cicilan pendidikan dan tidak berakhir pada gagal bayar atau utang yang membesar karena bunga yang diberikan terlalu tinggi.

    Mengira bahwa semua lembaga punya persyaratan yang sama

    Masih banyak orang yang mengira bahwa semua lembaga memiliki persyaratan yang sama karena sama-sama memberi layanan cicilan pendidikan. Hal ini menjadi kesalahan cicilan pendidikan yang sering terjadi di masyarakat. Pada kenyataannya, layanan pengajuan cicilan pendidikan yang diberikan oleh berbagai lembaga sudah pasti memiliki persyaratan yang berbeda. Semua ini tergantung pada kebijakan lembaga masing-masing. Sehingga penting untuk mempelajari dengan baik persyaratan yang diberikan untuk kelancaran pengajuanmu.

    Selain itu, dalam mengajukan cicilan pendidikan, kamu wajib untuk memberikan informasi atau data diri selengkapnya dan sebenar-benarnya. Hindari untuk berbohong atau memanipulasi data yang akan diberikan pada lembaga penyedia cicilan. Hal ini bisa menimbulkan permasalahan baru. Lebih lanjut, lengkapi juga persyaratan yang diminta oleh lembaga cicilan pendidikan agar proses pengajuan bisa menjadi lebih cepat.

    Tidak cermat memilih lembaga penyedia cicilan pendidikan

    Kesalahan cicilan pendidikan yang harus dihindari selanjutnya yaitu tidak cermat dalam memilih lembaga penyedia cicilan pendidikan. Sejak menjamurnya pinjaman-pinjaman online di masyarakat, banyak orang yang langsung memutuskan dengan cepat. Nyatanya, dari sekian banyaknya lembaga penyedia cicilan pendidikan, hanya beberapa saja yang memang sudah terbukti aman dan terpercaya. Perlu diketahui bahwa dalam memilih lembaga yang tepat, pastikan bahwa lembaga tersebut sudah terdaftar di OJK dan bersertifikasi AFPI karena sudah pasti aman.

    Dalam memilih, kamu juga harus benar-benar mencari tahu segala informasi yang berkaitan dengan lembaga tersebut. Bila perlu kamu pun bisa juga coba cari tahu testimoni-testimoni dari beberapa orang yang sudah pernah menggunakan layanannya. Dengan begitu, kemungkinan dalam mengalami kesalahan cicilan pendidikan juga akan semakin minim.

    Baca juga: Bagaimana Tahapan Mahasiswa Mengusulkan Pada Orang Tua Tentang Pengajuan Cicilan Kuliah

    Asal dan mudah tertarik tawaran dari fintech ilegal

    Source: Pixabay.com/Hamedmehrnik

    Kesalahan cicilan pendidikan yang juga harus dihindari yaitu mudah tertarik tawaran fintech ilegal. Saat melakukan riset, ada kemungkinan kamu akan menemui lembaga fintech ilegal yang mengklaim bahwa mereka memberi layanan cicilan pendidikan dengan berbagai keuntungan. Biasanya hal ini dilakukan hanya sebagai bentuk iming-iming saja. Jika kamu membutuhkan dana bantuan pendidikan dengan waktu yang cukup mepet, tetap harus sisihkan waktu dalam memilah lembaga fintech yang sudah pasti dan bukan yang ilegal.

    Pada nyatanya, lembaga fintech yang legal dan ilegal memiliki perbedaan yang nyata. Pastikan untuk tidak terjebak dan mudah tertarik berbagai tawaran yang diberikan fintech ilegal. Karena dari kesalahan ini bisa saja kamu nantinya malah menjadi korban.

    Itulah penjelasan mengenai apa saja kesalahan cicilan pendidikan yang harus dihindari sebelum mengajukan.

    Mengajukan Pembiayaan Pendidikan yang Aman dengan Danacita

    Dalam pengajuan cicilan atau pembiayaan pendidikan memang harus dipikirkan dengan matang. Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengajukan pembiayaan pendidikan di salah satu platform, yaitu Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Pembiayaan Pendidikan kesalahan cicilan pendidikan cicilan pendidikan
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri